• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, November 15, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    CMA CGM Resmikan 10 Kapal Raksasa, Akan Diawaki Pelaut Perancis

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

  • Port
    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Terminal Petikemas Kijing Masih Terkendala Infrastruktur Pendukung, Kenapa..

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Pelabuhan Baai Sudah Kembali Normal, Alur Masih Terus Dikeruk

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    Jika Tanjung Carat Jadi, Boom Baru Ditutup

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    DP World Tambah Investasi US$ 5 Miliar di India

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Transportasi Unsur Penting Dalam Pembangunan Nasional

ocean_M.admin by ocean_M.admin
February 9, 2017
in Berita Lain
338
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto menuturkan sektor transportasi merupakan salah satu unsur penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Berdasarkan data dari Kementerian Perhubungan, sektor transportasi menyumbang 5,18% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2016.

Adapun, target pertumbuhan ekonomi pada APBN 2017 sebesar 5,1% dinilai realitis kendati masih cukup berat karena masih dibayangi oleh beberapa tantangan domestik dan luar negeri. Dalam Commodity Markets Outlook yang dikeluarkan Bank Dunia diperkirakan, harga komoditas energi dan logam akan meningkat signifikan pada 2017.

“Harga energi dan logam masing-masing sebesar 26% yoy dan 11% yoy pada 2017, sedangkan harga minyak mentah diperkirakan meningkat 29% yoy dari USD42,8 per barrel menjadi USD 55 per barel pada 2017. Peningkatan tersebut disebabkan menurunnya pasokan dan meningkatnya permintaan akan energi dan logam,” kata Carmelita Hartoto yang juga menyatakan bahwa INSA mengapresiasi setinggi-tingginya kepada para insan pers pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang diperingati pada 9 Februari setiap tahunnya.

Untuk harga logam mulia diperkirakan turun sebesar 7% yoy pada 2017 karena kenaikan suku bunga acuan. The Federal Reserve  (The Fed) berencana menaikkan suku bunga sebanyak tiga kali pada 2017. Sementara itu, anggota Opec dan Non Opec juga telah membatasi pasokan minyak, mengingat produksi yang sudah lama tidak terkendali.

Atas dasar itu, ungkap Carmelita dalam keterangan tertulisnya yang diterima Ocean Week menyatakan, INSA mempredikisi akan mulai terjadi peningkatan harga komoditi logam dan energi pada 2017 yang juga akan meningkatkan pergerakan atau permintaan akan komoditas tersebut pada tahun-tahun berikutnya

Di dalam negeri, realisasi investasi pada 2017 diperkirakan akan tumbuh 6,80%. Pada tahun lalu, kinerja investasi pada tahun lalu telah melampaui target yang sebesar IDR594,8 triliun.

Carmelita mengharapkan, kinerja investasi yang positif tersebut akan berdampak pada peningkatan lapangan pekerjaan, sekaligus mendorong pergerakan komoditas dalam negeri, sehingga diharapkan juga meningkatkan kinerja dunia usaha pelayaran.

Carmelita mengatakan, kendati perkembangan pembangunan infrastruktur belum memenuhi target, akan tetapi telah menunjukkan tren perkembangan yang positif. Tentunya ini akan sedikit membantu pertumbuhan komoditas yang menggairahkan arus barang.

Kondisi sektor transportasi laut sendiri saat ini tengah menghadapi banyak tantangan. Namun demikian, beberapa jenis pelayaran diperkirakan mulai menunjukkan tren positif.

ilustrasi kapal kontainer sedang membongkar muatannya. (ist)
ilustrasi kapal kontainer sedang membongkar muatannya. (ist)

Sektor pelayaran kontainer, misalnya, yang dinilai akan mulai kembali menggeliat seiring dengan kebijakan pemerintah mengikutsertakan swasta dalam tender angkutan tol laut dan    dibangunnya rute-rute baru yang lebih baik serta dibangunnya short sea shipping dengan kapal Ro-Ro, guna memindahkan arus barang melalui darat ke transportasi laut.

“Dengan demikian pertumbuhan arus barang petikemas diperkirakan rata-rata naik 5% dibanding tahun 2016 pada beberapa pelabuhan utama di Indonesia,” katanya dalam keterangan resminya

Carmelita juga menyoroti kebijakan satu harga untuk komoditas semen dan bahan bakar minyak di wilayah timur Indonesia. Menurutnya, hal ini meningkatkan pembangunan wilayah timur Indonesia, sehingga akan berdampak pada penurunan biaya logistik karena terjadinya efisiensi pada transportasi komoditi, dengan adanya muatan-muatan balik dari sentra-sentra industri wilayah timur.

“Walaupun itu tidak serta merta terjadi pada tahun 2017 dan mungkin baru pada dua atau tiga tahun mendatang.”

Namun tidak demikian halnya dengan sektor komoditi lainnya. Carmelita memperkirakan muatan curah masih belum terbangun dari tidur panjangnya. Hilirisasi mineral Indonesia mengalami keterlambatan. Sehingga ekspor mineral mengalami keterhambatan sampai 5 tahun mendatang.

Di sektor batubara, pergerakan batubara internasional masih menunggu kestabilan harga. Produsen batubara nasional masih berkonsentrasi pada kebutuhan nasional saja.

“Sehingga armada tug & barge yang menunjang muatan ekspor untuk transshipment batubara maupun mineral lainnya seperti iron ore dan nickle ore masih harus berpuasa panjang.”

Hal yang serupa juga terjadi pada sektor offshore. Carmelita mengatakan, walaupun harga minyak bumi diperkirakan akan membaik seiring dengan penurunan produksi negara-negara anggota Opec maupun Non-Opec, namun tidak serta merta akan menggairahkan lagi eksplorasi minyak bumi yang akan menyibukkan kembali industri supporting offshore.

“Memang akan ada sedikit pergerakkan dalam menunjang peningkatan produksi gas alam, yang sudah dalam rencana ekspansi sebelumnya.”

Pada sisi lain, kata Carmelita, komoditas ekspor dan impor non migas kendati tercatat dalam 5 tahun terakhir tren ekspor tumbuh 12% dan nilai impor turun rata-rata 4%, namun hal ini tidak berdampak terhadap industri pelayaran nasional.

Kondisi itu disebabkan kebijakan moneter dan fiskal yang masih belum meningkatkan daya saing pelayaran nasional terhadap pelayaran internasional. “Serta kebijakan beyond cabotage (transformasi term of trade dari FOB menjadi CIF untuk ekspor dan CIF ke FOB untuk impor) belum dijalankan. Sehingga 95% transportasi ekspor dan impor masih tetap  dikuasai kapal asing. (fjr/ow)

Previous Post

TPS SURABAYA

Next Post

INSA apresiasi ajakan ilcs

Next Post

INSA apresiasi ajakan ilcs

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6224 shares
    Share 2490 Tweet 1556
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5399 shares
    Share 2160 Tweet 1350
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4499 shares
    Share 1800 Tweet 1125
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3980 shares
    Share 1592 Tweet 995
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3826 shares
    Share 1530 Tweet 957

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Sebanyak 25 Auditor ISPS-Code Dikukuhkan, Perkuat Keamanan Maritim Nasional

Sebanyak 25 Auditor ISPS-Code Dikukuhkan, Perkuat Keamanan Maritim Nasional

November 15, 2025
Batubara Dominasi di Pelabuhan Cirebon,Throughput Tumbuh

Batubara Dominasi di Pelabuhan Cirebon,Throughput Tumbuh

November 14, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In