Galangan kapal Tiongkok, Hudong-Zhonghua Shipbuilding menjadi tuan rumah upacara pengiriman kapal kontainer ultra-besar berkapasitas 24.116 TEU, MSC Claude Girardet yang ditugaskan oleh China Ship Leasing dan perusahaan pelayaran kontainer besar Mediterania Shipping Company (MSC) dari Swiss.
Ini adalah kapal raksasa berkapasitas 24.000TEU keempat yang dikirimkan oleh Hudong-Zhonghua ke MSC.
Kapal kontainer ultra-besar, dirancang sendiri dengan hak kekayaan intelektual lengkap, terdaftar di bawah lembaga klasifikasi DNV.
Kapal ini memiliki panjang 399,99 meter – lebih panjang 60 meter dari kapal induk terbesar di dunia. Dengan lebar 61,5 meter, luas deknya setara dengan kurang lebih empat lapangan sepak bola standar. Kedalaman kapal mencapai 33,2 meter.
Kapasitas angkut maksimum kapal adalah 24.346 TEU dan mampu memuat hingga 25 baris peti kemas setara dengan ketinggian 22 lantai.
Hudong-Zhonghua mengatakan kapal tersebut menggabungkan berbagai solusi dan teknologi yang menjadikan kapal ramah lingkungan, sangat hemat energi dan bahan bakar.
Beberapa fiturnya termasuk pelumasan udara lambung yang mengurangi hambatan gesekan antara air dan permukaan lambung, mengurangi konsumsi bahan bakar dan emisi terkait.
Selain pelumasan udara, kapal ini menggunakan berbagai fitur hemat energi termasuk haluan bulat, mesin utama ramah lingkungan, baling-baling berdiameter besar, dan saluran hemat energi. Itu juga dilengkapi dengan scrubber.
Pertanyaannya kapan Indonesia bisa memiliki kapal raksasa seperti itu. (**/scn)