Dalam rangka mengukur tingkat kepuasan dan loyitas pelanggan atas pelayanan jasa kepelabuhanan tahun 2017, PT Pelabuhan Indonesia II kembali mengadakan Survei Pelanggan yang merupakan agenda rutin tahunan di seluruh cabang perusahaan.
Cabang Pelabuhan Tanjung Priok sebagai Cabang Utama IPC mendapatkan jadwal pertama dari tgl 13-15 Nov 2017.
Dalam hal ini, survei pelanggan atas pelayanan jasa petikemas dan non petikemas dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok.
Dalam rilis yang diterima Ocean Week,, Jumat malam (17/11), menyebutkan Survei dilakukan dalam dua sesi, yaitu sesi survei untuk pelanggan pengguna jasa peti kemas yang diadakan pada tanggal 14 November 2017.
Sementara sesi kedua dilakukan pada hari berikutnya yaitu tanggal 15 November 2017, dimana survey diperuntukan bagi pelanggan pengguna jasa non peti kemas.
Responden utk survei ini diambil dari pengguna jasa kelompok Shipping Line, Ekspedisi Muatan Kapal dan Logistik, Freight Forwarder serta Cargo Owner, total tidak kurang dari 100-an pelanggan berpartisipasi dalam survei ini.
Survei Pelanggan ini dimulai dengan penayangan Safety Induction oleh petugas divisi Safety, Security and Environment (SSE), diikuti dengan fun games sebagai ice breaking.
Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PTP, Ari Henryanto, menyatakan bahwa perusahaan tahun ini memiliki target indeks kepuasan 4.15, sementara tahun 2016 dari target indeks kepuasan 4.00 perusahaan dapat memenuhi target indeks dengan nilai 4.01.
Kegiatan ini diadakan sebagai salah satu upaya perusahaan untuk mengidentifikasikan area pelayanan yang masih perlu perbaikan sebagai bahan penyusunan rencana kerja perusahaan dalam perbaikan kinerja pelayanan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan kedepan.
Ari Henryanto mengatakan bahwa acara ini merupakan cara PTP dalam mengukur kinerja pelayananya.
“Survey ini kami lakukan untuk meningkatkan tingkat kepuasan dan loyalitas pelanggan serta menilai persepsi pelanggan secara objektif terhadap kinerja PTP dalam melayani pelanggan”, tutur Ari. (ptp/**)