• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, December 6, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

VIETNAM BERENCANA BUKA PELABUHAN BARU

ocean_M.admin by ocean_M.admin
May 7, 2018
in Berita Lain
VIETNAM BERENCANA BUKA PELABUHAN BARU
362
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kota pesisir Vietnam, Haiphong akan membuka pelabuhan air dalam bulan ini. Dengan demikian, kota ini mengambil langkah untuk menjadi penghubung maritim utama di utara dan meningkatkan posisi negara dalam rantai pasokan global.

Dalam publish yang ditulis Nikkei Asian Review, Sabtu (5/5), Haiphong sudah dikenal sebagai pelabuhan yang aktif. Namun pelabuhan ini terletak di Sungai Cam, di mana air mengalir paling dalam tujuh meter, yang berarti terminal tidak dapat mengambil kapal kontainer besar.

Sementara, Lach Huyen International Gateway Port yang baru, menghadap ke laut, dengan kedalaman air hingga 14 meter. Dermaga juga menggandakan Pelabuhan Haiphong sepanjang 750 meter. Fasilitas ini juga akan memiliki dua crane kontainer.

Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, yang bertujuan untuk mengindustrialisasikan negara itu pada 2020, mengatakan pelabuhan Lach Huyen memegang kunci bagi strategi maritim Vietnam.

Vietnam Utara terus menjadi pusat produksi untuk sektor mesin elektronik, otomotif dan presisi. Samsung Electronics Korea Selatan, misalnya, telah mendirikan pabrik ponsel di wilayah itu. Zona industri Deep C dekat Lach Huyen telah menarik sekitar 80 perusahaan baik dari dalam maupun luar negeri.

Konstruksi dimulai di Pelabuhan Lach Huyen pada tahun 2013, dengan perkiraan biaya mencapai US$ 1 miliar. Ketika tahap pertama selesai pada 13 Mei, port akan menangani sekitar 300.000 unit TEUS. Angka itu akan meningkat menjadi antara 2 juta TEUS dan 3 juta TEUS pada tahun 2019 seiring berkembangnya kapasitas.

Dikombinasikan dengan beban pelabuhan yang ada, Haiphong akan mampu memproses sekitar 5 juta TEUS. Angka tersebut akan menempatkannya setara dengan pelabuhan Ho Chi Minh City di selatan, yang menangani 5,94 juta TEUS tahun lalu. Kapasitas pengiriman Haiphong masih sedikit jika dibandingkan dengan Pelabuhan Singapura, yang terbesar di Asia Tenggara dengan kapasitas 33,66 juta TEUS. Namun, di masa mendatang pelabuhan ini akan mampu mendekati kapasitas pelabuhan Laem Chabang Thailand, yang mengelola 7,78 juta TEUS.

Proyek infrastruktur lainnya juga melengkapi proyek pelabuhan Haiphong, yakni sebuah jalan tol baru yang menghubungkan kota pelabuhan dengan ibukota Hanoi memotong waktu perjalanan menjadi setengah hingga sekitar 90 menit. Jalan raya lain ke provinsi Quang Ninh di timur laut Vietnam, rumah bagi pabrik-pabrik milik perusahaan Jepang, akan dibuka tahun ini.

Di tempat lain di utara, kilang minyak kedua Vietnam akan mulai beroperasi pada 13 Mei, tanggal mulai yang sama dengan Lach Huyen. Pemegang saham di kompleks Nghi Son di Provinsi Thanh Hoa meliputi Idemitsu Kosan dan Mitsui Chemicals dari Jepang, serta Kuwait Petroleum International. Dengan output harian dipatok pada 200.000 barel, kilang akan membuat Vietnam mampu memasok 70% dari kebutuhan bahan bakarnya, naik dari posisi sebelumnya 30%.

Banyak ekspor Vietnam utara yang berakhir di Amerika Utara dan Eropa saat ini melewati Singapura atau Hong Kong. Tapi Mitsui berencana untuk membuka jalur pelayaran langsung dari Lach Huyen ke Amerika Utara. Transporter laut Jepang mengharapkan bisnis ekspor tumbuh di bawah Kemitraan Trans-Pasifik dan perjanjian perdagangan bebas lainnya.

Banyak perusahaan yang menemukan fasilitas di sekitar pelabuhan Lach Huyen. Vingroup, konglomerat real estat terbesar Vietnam, sedang membangun pabrik otomotif di zona ekonomi terdekat. Grup ini berencana untuk menjual 100.000 hingga 200.000 kendaraan tahun depan, dan ekspor ke negara-negara Asia Tenggara lainnya juga ada di meja.

Munculnya kota-kota pelabuhan besar di Vietnam utara dan selatan kemungkinan akan mempengaruhi industri logistik di seluruh daratan Asia Tenggara. Koridor Ekonomi Timur-Barat, yang didasarkan pada sambungan jalan sepanjang 1.500 km di Vietnam, Laos, Thailand, dan Myanmar, sekarang beroperasi untuk menyelamatkan sebagian wilayah Myanmar.

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) telah menghapus hampir semua tarif di antara anggota dan masyarakat ekonomi mencari cara untuk meningkatkan kepabeanan. Koridor Ekonomi Timur-Barat dapat memberikan jalan bagi Vietnam untuk mengekspor barang ke Laos, Thailand timur dan tempat-tempat lain.

Tetapi Vietnam menghadapi beberapa tantangan untuk sepenuhnya memanfaatkan infrastruktur pelabuhannya. Sementara Singapura dan negara-negara ASEAN lainnya menyederhanakan dokumen, sebagian besar rezim birokrasi Vietnam tetap terkenal tidak efisien. Kebijakan-kebijakan tertentu yang diterapkan oleh negara satu pihak Vietnam, seperti hambatan nontarif terhadap impor kendaraan, juga menjadi perhatian. (ktn/**)

Previous Post

PELINDO IV DUKUNG DIRECT CALL DI PELABUHAN KTI

Next Post

DARI KONFERENSI IMPA, SENEGAL TERTARIK KERJASAMA DENGAN RI

Next Post
DARI KONFERENSI IMPA, SENEGAL TERTARIK KERJASAMA DENGAN RI

DARI KONFERENSI IMPA, SENEGAL TERTARIK KERJASAMA DENGAN RI

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3372 shares
    Share 1349 Tweet 843
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2441 shares
    Share 976 Tweet 610
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1639 shares
    Share 656 Tweet 410
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1494 shares
    Share 598 Tweet 374
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1480 shares
    Share 592 Tweet 370

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TKBM Tak Boleh Monopoli Lagi, Para PBM Resah

TKBM Tak Boleh Monopoli Lagi, Para PBM Resah

December 5, 2023
Untuk Nataru, Ada 1.354 Kapal Disiapkan

Untuk Nataru, Ada 1.354 Kapal Disiapkan

December 5, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In