• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, May 20, 2022
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Kapal Sanus 98 Resmi Beroperasi ke Karas

    Kapal Sanus 98 Resmi Beroperasi ke Karas

    Kapal Meratus Sorong Awali Direct Priok-China

    Kapal Meratus Sorong Awali Direct Priok-China

    Banyak Operator Kapal Dunia Hentikan Layanan ke Rusia

    Banyak Operator Kapal Dunia Hentikan Layanan ke Rusia

  • Port
    Sudah 7 Tahun Pemerintah Laksanakan Angkutan Khusus Ternak

    Beberapa Pelabuhan Tolak Disandari Kapal Angkut Sapi, Kenapa..

    Tanjung Emas Bakal Jadi Pelabuhan Holtikultura..

    Tanjung Emas Bakal Jadi Pelabuhan Holtikultura..

    Kuartal I, Throughput Pelabuhan Antwerp Turun 1,5%

    Kuartal I, Throughput Pelabuhan Antwerp Turun 1,5%

    Throughput Pelabuhan Montreal Naik, Los Angeles Turun 5,8%

    Throughput Pelabuhan Montreal Naik, Los Angeles Turun 5,8%

    Jepang Sepakati Pinjaman Tambahan Kelanjutan Pembangunan Patimban

    Jepang Sepakati Pinjaman Tambahan Kelanjutan Pembangunan Patimban

    Swasta Didorong Tingkatkan Pelayanan Kepelabuhanan Melalui Skema Konsesi

    Swasta Didorong Tingkatkan Pelayanan Kepelabuhanan Melalui Skema Konsesi

    DP World Dubai Tangani 19,3 Juta TEU

    DP World Dubai Tangani 19,3 Juta TEU

    Rehabilitasi & Rekonstruksi Pelabuhan Wani Dimulai

    Rehabilitasi & Rekonstruksi Pelabuhan Wani Dimulai

    Kuartal 1, Shenzhen Tangani Sekitar 60 Juta Ton

    Kuartal 1, Shenzhen Tangani Sekitar 60 Juta Ton

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPS SURABAYA

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    Kuartal 1, Cosco Bukukan Laba US$74,9 Juta

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    ONE Tambah Layanan, Laba US$ 16,8 Miliar

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Kapal Kontainer 17.000 TEU Masuk Pelabuhan Hamad, Jakarta Kok..

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Tahun 2021, Cosco Raih Laba Bersih US$ 354,7 Juta

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Andi Hartono : Tak Sedikit Pemilik Abaikan Keselamatan Kapal

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Hyundai Tangguhkan Pengiriman Timur Jauh, Kenapa ?

    Kapal Sanus 98 Resmi Beroperasi ke Karas

    Kapal Sanus 98 Resmi Beroperasi ke Karas

    Kapal Meratus Sorong Awali Direct Priok-China

    Kapal Meratus Sorong Awali Direct Priok-China

    Banyak Operator Kapal Dunia Hentikan Layanan ke Rusia

    Banyak Operator Kapal Dunia Hentikan Layanan ke Rusia

  • Port
    Sudah 7 Tahun Pemerintah Laksanakan Angkutan Khusus Ternak

    Beberapa Pelabuhan Tolak Disandari Kapal Angkut Sapi, Kenapa..

    Tanjung Emas Bakal Jadi Pelabuhan Holtikultura..

    Tanjung Emas Bakal Jadi Pelabuhan Holtikultura..

    Kuartal I, Throughput Pelabuhan Antwerp Turun 1,5%

    Kuartal I, Throughput Pelabuhan Antwerp Turun 1,5%

    Throughput Pelabuhan Montreal Naik, Los Angeles Turun 5,8%

    Throughput Pelabuhan Montreal Naik, Los Angeles Turun 5,8%

    Jepang Sepakati Pinjaman Tambahan Kelanjutan Pembangunan Patimban

    Jepang Sepakati Pinjaman Tambahan Kelanjutan Pembangunan Patimban

    Swasta Didorong Tingkatkan Pelayanan Kepelabuhanan Melalui Skema Konsesi

    Swasta Didorong Tingkatkan Pelayanan Kepelabuhanan Melalui Skema Konsesi

    DP World Dubai Tangani 19,3 Juta TEU

    DP World Dubai Tangani 19,3 Juta TEU

    Rehabilitasi & Rekonstruksi Pelabuhan Wani Dimulai

    Rehabilitasi & Rekonstruksi Pelabuhan Wani Dimulai

    Kuartal 1, Shenzhen Tangani Sekitar 60 Juta Ton

    Kuartal 1, Shenzhen Tangani Sekitar 60 Juta Ton

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    BKI Apresiasi Kinerja ASSI, Kenapa?

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Airlangga Tinjau KRI Teluk Palu, DRU Sudah Bangun 400 Kapal

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Galangan Kapal ‘Ambruk’ 25 Ribu Orang Kehilangan Pekerjaan

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPS SURABAYA

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Syahbandar harus Miliki Kemampuan Penanganan Barang Berbahaya

oceanweek by oceanweek
August 14, 2018
in Berita Lain
Syahbandar harus Miliki Kemampuan Penanganan Barang Berbahaya
405
SHARES
2.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kemampuan dan pengetahuan petugas Syahbandar dan pihak terkait dalam penanganan barang berbahaya sesuai ketentuan-ketentuan yang dipersyaratkan International Maritime Dangerous Goods (IMDG) Code harus terus ditingkatkan.

Oleh karena itu, Direktorat Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menggelar Bimbingan Teknis Tata Cara Pengawasan dan Penanganan Muatan Barang Berbahaya pada tanggal 14 s.d. 16 Agustus 2018 di Hotel Aston Braga Bandung.

“Kegiatan Bimtek ini tak lain bertujuan untuk memperbaharui dan meningkatkan kemampuan serta pedoman bagi para Syahbandar dalam pengawasan dan penanganan muatan barang berbahaya sesuai dengan ketentuan nasional maupun internasional yang berlaku,” ujar Kasubdit Tertib Berlayar Capt. Purgana saat mewakili Direktur KPLP pada Pembukaan Bimbingan Teknis Tata Cara Pengawasan dan Penanganan Muatan Barang Berbahaya, Selasa (14/8).

Menurut Capt. Purgana, secara teknis penanganan dan pengangkutan muatan barang berbahaya di Indonesia harus terus ditingkatkan, terutama dari segi peningkatan kapasitas para petugas pengawas barang berbahaya di pelabuhan.

“Saat ini masih banyak petugas di lapangan yang kurang menguasai tata cara pengawasan dan penanganan muatan barang berbahaya, umumnya yang berkaitan dengan persyaratan pengemasan (packaging), penandaan (marking), pelabelan (labelling) dan juga penempatannya (stowage) barang berbahaya, sehingga penanganan barang berbahaya di pelabuhan Indonesia dianggap kurang memenuhi standar yang dipersyaratkan IMDG-Code,” jelas Capt. Purgana.

Selain faktor kurangnya pengetahuan petugas, lanjut Capt. Purgana, saat ini pedoman bagi para Syahbandar dalam penanganan barang berbahaya di pelabuhan belum cukup memadai.

“Saya minta agar Direktorat KPLP selaku Direktorat yang mempunyai tugas dan tanggungjawab di bidang penanganan barang berbahaya dapat memanfaatkan pengetahuan yang didapat untuk memperbaharui pedoman-pedoman penanganan barang berbahaya yang sudah ada dengan ketentuan-ketentuan baru yang dipersyaratkan dalam IMDG-Code,” imbuhnya.

Pihaknya berharap para petugas Syahbandar yang mengikuti Bimbingan Teknis ini dapat menerapkan dan membagikan pengetahuan kepada petugas pengawas lainnya di lapangan dalam melaksanakan pengawasan barang berbahaya di pelabuhan.

Sebagai informasi, kegiatan Bimbingan Teknis Tata Cara Pengawasan dan Penanganan Muatan Barang Berbahaya dilaksanakan selama 3 (tiga) hari tanggal 14 s.d. 16 Agustus 2018. Kegiatan ini diikuti oleh para petugas Syahbandar perwakilan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Ditjen Perhubungan Laut yang akan mendapatkan materi secara komprehensif dari para tenaga ahli senior di bidang penanganan barang berbahaya. (hub/**)

Previous Post

Posko Bantuan Gempa Lombok di Perak

Next Post

Pelindo I Segera Miliki Gedung Kembar

Next Post
Pelindo I Segera Miliki Gedung Kembar

Pelindo I Segera Miliki Gedung Kembar

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3408 shares
    Share 1363 Tweet 852
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1952 shares
    Share 781 Tweet 488
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1665 shares
    Share 666 Tweet 416
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1563 shares
    Share 625 Tweet 391
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1264 shares
    Share 506 Tweet 316

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPS SURABAYA

May 20, 2022

BICT

May 20, 2022

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In