• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, May 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

SPPI & SP Pertamina Bertemu Bahas Danantara, Ada Apa..

oceanweek by oceanweek
May 8, 2025
in Berita Lain
SPPI & SP Pertamina Bertemu Bahas Danantara, Ada Apa..
628
SHARES
3.7k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Serikat Pekerja Pelabuhan Indonesia Bersatu (SPPI Bersatu) dan Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mengadakan silaturahmi penting sebagai langkah untuk membangun kerangka kerjasama yang solid antar organisasi pekerja di lingkungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Silaturahmi yang dilaksanakan pada Kamis (8/5) ini secara khusus membahas langkah untuk memantapkan pola komunikasi dalam forum komunikasi bersama untuk mengupas isu-isu strategis seperti Pensiun usia 58, Danantara dan tata kelola sinergi BUMN di sektor ketenagakerjaan.

Kedua belah pihak memahami Badan Pengelola Investasi Daya Anagata Nusantara (Danantara), merupakan sebuah topik yang dinilai krusial bagi kepentingan pekerja di kedua sektor dan kedaulatan negara secara umum.

Inisiatif ini menunjukkan komitmen kedua serikat pekerja untuk secara kolektif mengidentifikasi potensi dampak dan merumuskan langkah-langkah strategis terkait isu-isu yang mempengaruhi kesejahteraan anggota mereka dan stabilitas sektor BUMN.

Pertemuan ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum SPPI Bersatu Dodi Nurdiana, didampingi Sekretaris Jendral Kamal Akhyar, Ketua Harian Djusman Hi Umar dan para Pengurus Presidium serta Ketua Bidang di lingkungan SPPI Bersatu. Mereka diterima oleh Presiden FSPPB Arie Gumilar, Sekretaris Jendral Sutrisno, Bendahara Umum serta Pengurus Harian DPP FSPPB.

“Pertemuan antara SPPI Bersatu dan FSPPB ini mengindikasikan adanya kecenderungan yang semakin kuat di antara serikat pekerja BUMN untuk menjalin kolaborasi dalam menghadapi berbagai isu yang memiliki dampak luas. SPPI Bersatu yang merupakan hasil penggabungan Serikat Pekerja Pelabuhan dari Sabang-Merauke di ex Pelindo I,II,III dn IV aktif berkolaborasi dalam upaya untuk membangun jaringan komunikasi dan kerjasama antar serikat pekerja di berbagai sektor BUMN,” terang Ketum SPPI Bersatu, Dodi Nurdiana.

Demikian pula, FSPPB tercatat aktif menjadi tuan rumah dalam pertemuan Forum Komunikasi Serikat Pekerja di lingkungan BUMN, yang semakin memperkuat sinyal bahwa serikat pekerja BUMN menyadari pentingnya bersatu untuk membahas kepentingan bersama.

Pemilihan isu Pensiun usia 58 dan Danantara sebagai topik utama dalam pertemuan antara SPPI Bersatu dan FSPPB juga bukan tanpa alasan.

Keterlibatan Pelindo, yang menaungi pekerja pelabuhan di bawah SPPI Bersatu, dan Pertamina, yang merupakan fokus FSPPB, dalam struktur Danantara menjadikan isu ini relevan dan penting bagi kedua organisasi.

Pembahasan bersama ini mencerminkan pemahaman bahwa pembentukan dan operasional Danantara berpotensi membawa konsekuensi signifikan bagi para pekerja di sektor pelabuhan dan energi.

Fokus Bahas Danantara

Danantara merupakan superholding investasi negara yang dibentuk dengan tujuan untuk mengelola aset-aset negara dalam jumlah yang signifikan.

Pembentukan Danantara bertujuan untuk mengkonsolidasikan pengelolaan BUMN serta mengoptimalkan dividen dan investasi.

Beberapa BUMN besar, termasuk Pelindo dan Pertamina, termasuk dalam daftar perusahaan yang berada di bawah naungan Danantara.

Pembentukan superholding ini merupakan tindak lanjut dari persetujuan atas Undang-Undang BUMN yang telah diamendemen.

Meskipun pembentukan Danantara diharapkan dapat memperkuat ketahanan energi nasional melalui sinergi dengan BUMN strategis seperti Pertamina, namun keberadaan lembaga ini juga menuai berbagai tanggapan dan kekhawatiran.

Salah satu kekhawatiran utama datang dari serikat pekerja, termasuk FSPPB, yang berpendapat bahwa BUMN seperti Pertamina, PLN, dan Bulog memiliki peran krusial dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan seharusnya berada di bawah kendali langsung negara, bukan disatukan dalam entitas bisnis yang berorientasi pada korporasi murni.

FSPPB bahkan mempertanyakan motif di balik pembentukan Danantara, dengan kekhawatiran bahwa lembaga ini mungkin hanya menjadi alat untuk melunasi utang negara.

Adanya harapan akan sinergi sekaligus kekhawatiran mengenai potensi penggunaan Danantara untuk pembayaran utang negara menunjukkan adanya tujuan yang kompleks dan mungkin saling bertentangan terkait dengan pembentukan superholding ini.

Sementara beberapa pihak berharap Danantara akan meningkatkan efisiensi dan daya saing BUMN, serikat pekerja khawatir tentang potensi risiko finansial dan implikasi strategis dari penggabungan BUMN vital ke dalam satu entitas.

Fakta bahwa serikat pekerja dari sektor pelabuhan dan energi sama-sama menyampaikan kekhawatiran mengenai Danantara menunjukkan bahwa potensi dampak dari superholding ini dapat melintasi berbagai sektor dan mempengaruhi sebagian besar pekerja di lingkungan BUMN.

Kesamaan pandangan dari serikat pekerja yang mewakili infrastruktur penting ini mengindikasikan bahwa isu Danantara memiliki relevansi yang luas dan potensi konsekuensi bagi keseluruhan lanskap BUMN.

Usia Pensiun

Peraturan mengenai usia pensiun di Indonesia, termasuk untuk pekerja BUMN, mengalami perubahan seiring waktu. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Program Jaminan Pensiun, usia pensiun di Indonesia secara bertahap meningkat.

Awalnya ditetapkan pada usia 56 tahun, kemudian meningkat menjadi 57 tahun pada 1 Januari 2019, dan akan terus bertambah 1 tahun setiap 3 tahun hingga mencapai 65 tahun.

Pada tahun 2025, usia pensiun bagi pekerja yang terdaftar dalam program pensiun BPJS Ketenagakerjaan adalah 59 tahun.

Pemerintah memberlakukan peningkatan usia pensiun ini sebagai upaya untuk menyesuaikan dengan perkembangan demografi dan ekonomi, serta untuk memperkuat keberlanjutan dana pensiun.

Meskipun demikian, beberapa perusahaan, termasuk BUMN, mungkin memiliki kebijakan usia pensiun yang berbeda, namun secara umum mengikuti ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pekerja yang telah mencapai usia pensiun namun memilih untuk terus bekerja memiliki opsi untuk menerima manfaat pensiun segera atau menundanya hingga tiga tahun setelah mencapai usia pensiun.

“Pertemuan antara SPPI Bersatu dan FSPPB secara khusus bertujuan untuk membangun kerangka kerjasama antar kedua organisasi untuk kepentingan pekerja di berbagai sektor. Inisiatif untuk membangun kerangka kerjasama ini menunjukkan langkah strategis dari kedua serikat pekerja untuk meningkatkan kekuatan kolektif dan pengaruh mereka terhadap kebijakan-kebijakan terkait BUMN,” ungkap Kamal Akhyar selaku Sekjend SPPI Bersatu.

Dengan menyadari potensi dampak luas dari isu-isu seperti Danantara, pensiun 58, memungkinkan serikat pekerja untuk menggabungkan sumber daya, berbagi keahlian, dan menyampaikan pandangan yang lebih terpadu ketika berinteraksi dengan pemerintah dan manajemen BUMN.

Kerjasama ini juga berpotensi menjadi model bagi kolaborasi di antara serikat pekerja BUMN lainnya yang menghadapi tantangan dan kekhawatiran serupa.

Jika SPPI Bersatu dan FSPPB berhasil membangun kemitraan yang produktif, hal ini dapat menginspirasi serikat pekerja di sektor lain untuk menjajaki kerjasama serupa, yang pada akhirnya dapat menghasilkan gerakan pekerja BUMN yang lebih kohesif, komprehensif dan berdampak secara nasional untuk kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (***)

Previous Post

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

Next Post

Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

Next Post
Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5187 shares
    Share 2075 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2516 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

May 23, 2025

TPK SEMARANG

May 23, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In