• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, September 29, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Saatnya Pelayaran Nasional Kuasai 30%

ocean_M.admin by ocean_M.admin
July 8, 2017
in Berita Lain, Uncategorized
338
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto mengakui jika angkutan eksor impor Indonesia masih didominasi oleh kapal pelayaran asing.

“Asing sebenarnya tinggal menguasai 10 persen angkutan laut dalam negeri, terutama untuk keperluan kegiatan tambang di lepas pantai. Karena kapalnya mahal. Investasinya besar. Sementara proyeknya jarang. Jadi, untuk pengusaha domestik, berat membeli kapal semahal itu. Kita berharap proyeknya bisa dijadikan satu paket,” katanya.

Menurut Meme (panggilan familiarnya), untuk sektor kapal kontainer, Indonesia sudah jauh ketinggalan sehingga sulit bersaing dengan asing.

Bahkan, perusahaan kapal kontainer di luar negeri sendiri juga sudah mulai kesulitan karena volume barang cenderung  belum meningkat atau stagnan. Sehingga, perusahaan-perusahaan asing mulai melakukan merger.

Di sektor kontainer, pelayaran domestik yang cukup eksis antara lain, Samudera Indonesia, Tanto Line, Tempuran Emas, SPIL, dan Meratus, ada juga IFL.

Sekarang, seharusnya perusahaan pelayaran domestik setidaknya bisa mulai ditarget bisa meningkat perannya dari hanya 10 % menjadi 30 persen, terutama pada ekspor batubara dan minyak sawit.

Ilustrasi kapal kontainer di pelabuhan. (ist)
Ilustrasi kapal kontainer di pelabuhan. (ist)

Dalam catatan, Ocean Week di sepanjang 2016 lalu, meski industri pelayaran nasional menghadapi tantangan berat. Namun, beberapa pelayaran yang terdaftar di bursa efek jakarta (BEJ), tiga diantaranya berhasil mencatatkan pertumbuhannya.

Ketiganya adalah PT Humpuss Intermoda Transportasi Tbk (HITS), mencatatkan laba bersih hingga 64% US$ 5,38 juta sejalan dengan kenaikan pendapatan usaha 15,8% menjadi US$ 60,37 juta. Menyusul PT Sillo Maritime Tbk (SHIP) dengan laba bersih 13,5% seiring kenaikan pendapatan sebesar 145.

Ketiga PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) menorehkan laba bersih US$ 12,2 juta atau turun 9,9% menjadi US$ 406 juta.

Sementara itu, sejumlah perusahaan pelayaran yang mengalami penurunan laba bersih di tahun lalu yakni PT Trans Power Marine Tbk, PT SOCI Tbk, PT Temas Line Tbk, dan PT Pelayaran Nelly Dwi Putri Tbk.

Meraka yang mencatatkan rugi yakni PT Logindo Samudramakmur Tbk, PT Berlian Laju Tanker Tbk, PT Rig Tenders Indonesia Tbk, PT Arpeni Pratama Ocean Line Tbk, PT Trada Maritime Tbk dan PT Wintermar Offshore Marine Tbk.

Di tahun 2017 ini, beberapa perusahaan pelayaran mengaku optimis bertumbuh. Misalnya Humpuss Intermoda yang mentargetkan tumbuh 20%. “Bisnis offshore akan membaik karena harga minyak mulai mengalami peningkatan dan full capacity dalam tug boat karena harga komoditi membaik.” kata Direktur Utama Humpuss Intermoda Theo Lekatompesy.

Sementara itu, Direktur Pelayaran Trans Power Marine (TPMA) Rudy Sutiono mentargetkan dapat mencetak pertumbuhan 10-20% pada tahun 2017 ini.

Harus Diwaspadai

Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo mengungkapkan, sampai saat ini dominasi asing pada angkutan laut perdagangan internasional di Indonesia masih tinggi. Hal ini berpengaruh pada kontribusi terjadinya defisit transaksi berjalan dari tahun ke tahun.

“Secara umum, defisit transaksi berjalan dalam kondisi sehat. Namun, bagaimana pun itu tetaplah defisit sehingga harus diwaspadai,” ungkap Agus dalam rapat kerja pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Perubahan 2017 di Badan Anggaran DPR, Jakarta.

Data BI mencatat, defisit transaksi berjalan pada Triwulan I-2017 mencapai 2,4 miliar dollar AS atau 1 pesen terhadap produk domestik bruto (PDB). Lebih kecil dibandingkan defisit periode sama tahun 2016, yakni 4,7 miliar dollar AS atau 2,1 persen terhadap PDB.

Transaksi berjalan adalah neraca perdagangan internasional Indonesia dalam arti luas yang mencakup neraca ekspor dan impor barang dan jasa, pendapatan, primer, dan pendapatan sekunder.

Kata Agus, selama ini, neraca barang dan pendapatan sekunder surplus. Namun, pendapatan primer dan neraca jasa selalu defisit dengan nilai yang jauh lebih besar sehingga transaksi berjalan defisit. Defisit pendapatan primer pada 2016, misalnya, mencapai 29,69 miliar dollar AS. Defisit neraca jasa adalah 7,04 miliar dollar AS. Sementara surplus ekspor dan impor barang dan pendapatan sekunder, masing-masing adalah 15,44 miliar dollar AS dan 4,39 miliar dollar AS sehingga transaksi berjalan 2016 defisit 16,91 miliar dollar AS.

Pendapatan primer meliputi transaksi penerimaan dan pembayaran kompensasi tenaga kerja, pembayaran investasi dari investasi langsung, investasi portofolio, dan investasi lainnya. Transaksi pendapatan sekunder mencakup penerimaan dan pembayaran transfer berjalan oleh pemerintah dan sektor lainnya.

Agus juga menyatakan, defisit transaksi berjalan, terutama disebabkan oleh defisit pendapatan primer yang terjadi setiap tahun. Namun, defisit neraca jasa yang juga terjadi setiap tahun tidak kalah penting sebab persoalannya bersifat struktural.

Defisit neraca jasa, 80 persen berasal dari jasa transportasi, khususnya jasa pelayaran. Selama ini, jasa pelayaran kegiatan ekonomi Indonesia dikuasai asing. Masih menurut Agus, 95 persen kegiatan ekspor dan impor Indonesia menggunakan jasa pelayaran asing. Untuk angkutan laut dalam negeri, jasa pelayaran asing masih menguasai 40 persen.

“Bentuknya adalah sewa guna kapal asing, sewa guna kontainer, gaji awak kapal asing, sewa guna crane, perawatan dan suku cadang, serta asuransi asing,” kata Agus. (***)

 

Previous Post

Sekitar 2,8 Juta Penumpang Lebaran Gunakan Kapal

Next Post

Airlangga Tawari Jepang Investasi di Kawasan Industri

Next Post

Airlangga Tawari Jepang Investasi di Kawasan Industri

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3351 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1473 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

BICT

September 29, 2023

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

September 29, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In