PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) melalui salah satu unit bisnis strategisnya, PELNI Agency kembali memperoleh kepercayaan dari operator kapal pesiar terkemuka asal Prancis, Ponant, untuk mendukung operasional kapal cruise MV Paul Gauguin di perairan Indonesia.
Penunjukan ini merupakan bukti nyata dari komitmen PELNI Agency dalam memberikan layanan berkualitas bagi kapal-kapal yang berlayar di Indonesia.
Vice President Shipping Agency PELNI Muhammad Ardiansyah menyatakan, kepercayaan yang diberikan oleh Ponant kepada PELNI merupakan bukti nyata dari komitmen perseroan dalam menyediakan layanan terbaik bagi kapal-kapal internasional.
Pelayanan dari PELNI Agency diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan keamanan kapal pesiar yang beroperasi di Indonesia, serta memperkuat posisi PELNI sebagai mitra terpercaya di industri pelayaran global.
“Kami senantiasa berupaya meningkatkan standar layanan dan memastikan bahwa mereka mendapatkan layanan yang memadai dan sesuai dengan standar internasional di Indonesia,” ujar Ardiansyah.
MV Paul Gauguin dijadwalkan untuk berlayar menjelajahi sejumlah destinasi wisata di Indonesia, termasuk Labuan Bajo.
Kapal pesiar ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 332 orang dan didukung oleh 215 kru kapal.
PELNI Agency bertanggung jawab atas berbagai aspek layanan, seperti pengurusan izin sandar, penanganan kru, penyediaan bahan bakar (bunker), serta layanan maritim lainnya untuk memastikan kelancaran operasional kapal selama berada di Indonesia.
Ardiansyah menambahkan bahwa PELNI Agency telah menjalin kontrak kerja sama jangka panjang dengan Ponant untuk menangani kebutuhan operasional kapal yang berlayar di wilayah perairan Indonesia.
“Ponant hanya mempercayakan layanan kapalnya kepada tiga perusahaan shipping agency di Indonesia, salah satunya adalah PELNI Agency. Kepercayaan ini menjadi wujud pengakuan atas dedikasi dan profesionalisme PELNI Agency dalam industri maritime,” ungkap Ardiansyah.
Sementara itu, Kepala Cabang PELNI Labuan Bajo, Benny M Sinaga, menegaskan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan secara menyeluruh untuk memastikan seluruh aspek operasional berjalan dengan lancar, guna memberikan pengalaman terbaik bagi pihak terkait.
“Kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik, serta memastikan bahwa setiap kebutuhan operasional kapal dapat dipenuhi dengan tepat waktu. Semua persiapan telah dilakukan secara matang untuk mendukung kelancaran perjalanan MV Paul Gauguin di perairan Indonesia,” kata Benny.
Untuk diketahui bahwa Pelni Agency merupakan unit bisnis PELNI di bidang keagenan kapal yang melayani seluruh wilayah Indonesia. Didukung jangkauan operasional PELNI di 43 kantor cabang, PELNI Agency menawarkan jasa memenuhi kebutuhan kapal asing maupun domestik selama berada di perairan Indonesia, seperti dokumen kepelabuhan dan pelayaran hingga BBM dan akomodasi maupun transportasi.(***)