PT Pelabuhan Indonesia II mentarget arus peti kemas pada 2017 mencapai 6,8 juta TEUs dengan pendapatan Rp10,5 triliun.
“Target-target kinerja IPC tahun 2017 tidak semakin ringan dan bahkan terus ditingkatkan. Target ini tidak terbatas pada arus peti kemas 6,8 juta TEUs,” kata Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya kepada pers di Bandung.
Selain itu Elvyn juga memaparkan target pendapatan perusahaan sebesar Rp10,5 triliun dengan modal belanja atau “capital expenditure” Rp4,6 triliun (tanpa partisipasi ekuitas).
Kata Elvyn, tahun 2016 perseroan menangani 6,08 juta TEUs peti kemas, naik dibandingkan tahun 2015 yang tercatat 5,9 juta TEUs dan mendudukkan 246 SOP di berbagai bidang dan direktorat.
Mantan Dirut BPJS itu juga mengungkapkan bahwa pada 2017 ini, Pelindo II dapat memulai proyek-proyek strategis termasuk kelanjutan dari proyek Terminal Kalibaru, Pelabuhan Kijing, Cikarang Bekasi Laut (CBL), Pelabuhan Sorong, dan Proyek Pelabuhan Patimban.
Pembangunan Terminal peti kemas Pelabuhan Tanjung Priok atau “New Priok Container Terminal One” (NPCT1) berkapasitas 1,5 juta TEUs sudah diresmikan pada 13 September 2016 dan sedang dalam proses pengembangan untuk terminal-terminal selanjutnya.
“Untuk pembangunan Pelabuhan Kijing di Kalimantan Barat, proyeksinya akan menampung kapasitas hampir 1 juta TEUs,” ungkapnya.
Ada pun Pembangunan Pelabuhan Sorong di Papua Barat direncanakan menjadi pelabuhan hub di Indonesia Timur sehingga arus tol laut yang ditargetkan hingga ke timur Indonesia dapat berjalan sesuai rencana. Selain itu, IPC juga menyiapkan dana kelola sesuai dengan aturan sekitar Rp2 Triliun dengan total kepemilikan saham 51 persen.
“Saat ini, IPC mempersiapkan rencana pelaksanaan penawaran saham perdana atau “initial public offering” (IPO) terhadap tiga anak perusahaan, yakni PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP), PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) dan PT Jasa Armada Indonesia (JAI). Setidaknya 30 persen dari jumlah keseluruhan saham yang disetor, dicatat untuk diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia,” kata Elvyn. (ant/ow)