• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, June 15, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Alat Berat

KSOP Tanjung Emas Akan Panggil Unsur Terkait Soal Biaya LCL

oceanweek by oceanweek
December 12, 2019
in Alat Berat, Berita Lain, Uncategorized
KSOP Tanjung Emas Akan Panggil Unsur Terkait Soal Biaya LCL
404
SHARES
2.4k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kepala KSOP Tanjung Emas Semarang akan memanggil dan berkoordinasi dengan semua asosiasi terkait kepelabuhanan, atas keluhan GINSI Jawa Tengah (Jateng) mengenai tarif LCL di pelabuhan Tanjung Emas.

“Biasanya kalau ada keluhan, langsung WhatsApp ke saya dan langsung kita fasilitasi, koordinasi dengan semua asosiasi terkait. Tapi saya belum pernah ada info, apalagi terima surat dari GINSI Jateng, dan sampai hari ini saya belum terima surat dimaksud,” kata Wahid, KSOP Tanjung Emas Semarang, kepada Ocean Week, Kamis pagi ini (12/12).

Bahkan Wahid mengaku, sewaktu bertemu dengan ketua GINSI Jateng (Budiatmoko-red) pada acara Logistic Nite Asosiasi Logistik se-Jateng baru-baru ini, menurut Wahid, Budiatmoko juga tidak bercerita apa-apa kepada Wahid.

Makanya, Wahid merasa prihatin dengan adanya berita dari GINSI yang cukup memojokkannya tersebut, karena terkesan bahwa KSOP tak merespon keluhan GINSI. Padahal yang terjadi sebenarnya, Wahid menyatakan benar-benar belum pernah ada informasi soal keluhan GINSI itu. “Makanya saya kaget, sebab biasanya Pak Koko (panggilan Budiatmoko) kalau ada masalah langsung WA atau ketemu saya, tapi sampai hari ini tidak pernah ada informasi ke saya, sampai ada berita dari Ocean Week ini,” ungkap Wahid.

Ketua GINSI Jateng Buditmoko mengungkapkan akan berkoordinasi dan konsultasi atau melaporkan kepaa KSOP untuk follow up masalah tarif LCL tersebut. “Saya sudah komunikasi dengan KSOP (KSOP Tanjung Emas) dan Pak Wahid (Kepala KSOP) akan memfasilitasi hal itu,” ungkap Budiatmoko.

Sebelumnya diberitakan di Ocean Week bahwa Para importir di Jawa Tengah (Jateng) menyesalkan terhadap sikap KSOP Tanjung Emas Semarang maupun ALFI Jateng & Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY), karena tidak melakukan tindakan atas kesewenang-wenangan oknum Forwarder yang mengenakan biaya tinggi untuk jasa pengiriman cargo LCL.

Melalui suratnya tertanggal 29 November 2019 lalu, Budiatmoko (Ketua GINSI Jateng) dan Wahyudi Panca R (Sekretaris), meminta supaya keduanya (Kepala KSOP Tanjung Emas dan Ketua ALFI Jateng) dapat memberi solusi sekaligus menertibkan biaya hadling impor khusus shipment cargo LCL.

“Kami minta supaya kedepannya tak ada lagi biaya local chargers yang sangat tinggi dan tidak masuk akal, sehingga menghindari biaya logistik mahal sebagaimana keinginan pemerintah maupun semuanya,” katanya kepada Ocean Week, di Jakarta, usai pengukuhan pengurus BPP GINSI, Rabu siang (11/12).

Budiatmoko juga memberikan contoh, anggotanya terpaksa membayar total Rp 28,6 juta hanya untuk satu kontainer LCL, dengan rincian tagihan CFS Chargers Rp 6,2 juta, DO Fee Rp 456 ribu, Doc fee Rp 456 ribu, pecah pos Rp 456 ribu, agency fee Rp 608 ribu, handling fee Rp 76 ribu, THC Rp 6,8 juta, Surveyor Rp 380 ribu, dan mechanic dan stripping Rp 13,1 juta.

“Jadi sekali lagi kami minta supaya pemerintah atau yang berwenang dapat menertibkan hal-hal tersebut terhadap oknum-oknum forwarder, agar high cost logistik tak terjadi lagi, terutama di Jawa Tengah,” ungkap Budiatmoko.

Sementara itu di Jakarta, prilaku serupa juga kerap dialami importir. Bahkan Ketua Umum GINSI Capt. Subandi pernah juga menceritakan kepada Ocean Week mengenai hal seperti itu. “Pokoknya tarif yang dikenakan oleh oknum forwarder untuk biaya LCL aneh-aneh. Padahal terkadang tidak ada layanan namun ditarik juga. Kan mestinya no service no pay,” katanya menjawab Ocean Week.

Capt. Subandi pun ingin supaya pemerintah menertibkan prilaku oknum-oknum yang memanfaatkan hal ini, supaya biaya logistik nasional tidak mahal.

Ketua ALFI DKI Jakarta Adil Karim yang dimintai komentar mengenai mahalnya tarif LCL itu, juga menginginkan supaya pemerintah (OP Tanjung Priok) segera menertibkan hal ini. “Kami yang jadi ‘kambing hitam’ terus, kesan di masyakarat ALFI mendukung ini, padahal tidak sama sekali, kamipun ingin oknum-oknum forwarder itu ditindak,” tegas Adil Karim.

Salah satu pelaku forwarder yang dihubungi Ocean Week mengenai tingginya biaya untuk LCL ini menyatakan akan mensurvey ke Semarang, apakah benar informasi yang dia terima tersebut. “Saya akan survey ke Semarang, nanti saya kabar balik ya,” kata Santo, owner PT Gatway menjawab Ocean Week. (***)

 

 

Previous Post

GINSI Jateng Minta Pemerintah Tertibkan Mahalnya Biaya LCL

Next Post

RI-Singapura Ketemuan Bahas SDM Kemaritiman

Next Post
RI-Singapura Ketemuan Bahas SDM Kemaritiman

RI-Singapura Ketemuan Bahas SDM Kemaritiman

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5225 shares
    Share 2090 Tweet 1306
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4399 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2685 shares
    Share 1074 Tweet 671
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2523 shares
    Share 1009 Tweet 631
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2081 shares
    Share 832 Tweet 520

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

UPP Korido & Pemkab Supriori Wujudkan Layanan Angkutan Laut Kapal Penumpang

UPP Korido & Pemkab Supriori Wujudkan Layanan Angkutan Laut Kapal Penumpang

June 15, 2025
Pelindo-Pertamina EP Teken Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara

Pelindo-Pertamina EP Teken Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara

June 14, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In