Mulai tanggal 4 Februari 2019, PT Pelindo II Cabang Tanjung Priok resmi memberlakukan kartu bayar elektronik (Electronic Card) atau Gate Pass System (GPS) di seluruh loket masuk pos 1, pos 8, dan pos 9 pelabuhan Tanjung Priok.
“Dengan pemberlakuan itu, nantinya tidak ada lagi pembayaran tunai di loket pada saat truk atau mobil pribadi masuk ke pelabuhan. Jadi pengguna jasa pelabuhan Priok yang masuk di loket pos-pos tadi bisa menggunakan electronis card BNI, Mandiri, BCA yang bisa juga digunakan di tol,” kata Prasetyadi, Direktur Operasi PT Pelindo II, saat ditanya Ocean Week, sehubungan dengan pemberlakuan full GPS, Rabu (6/2), di Kantornya.
Menurut Prasetyadi, dengan GPS diharapkan dapat mengurangi kepadatan kendaraan yang masuk keluar di pelabuhan Tanjung Priok.
Seperti diketahui, bahwa uji coba penggunaan elektronic card sudah dilakukan Pelindo Cabang Tanjung Priok dari akhir tahun 2018 lalu. Penggunaan kartu elektronik tersebut hanya untuk di pos 1 dan pos 9, baik untuk truk, mobil, maupun sepeda motor. Namun untuk pos 8 hanya digunakan pintu keluar saja, tidak bisa masuk dari sini. Sementara pos 1 dan pos 9 bisa masuk keluar.
Ketika ditanya upaya yang dilakukan Pelindo terkait seringnya terjadi kemacetan truk saat akan masuk di pelabuhan 3, Prasetyadi menuturkan, pihaknya akan menambah pintu masuk ke terminal tersebut.

Hal itu juga dibenarkan Heru Satrio, DIrektur Operasi IPC TPK. “Kami sudah akan menambah satu pintu masuk untuk terminal/pelabuhan 3,” kata Heru kepada Ocean Week, di kantornya, Rabu (6/2).
Heru juga menyatakan bahwa aktivitas petikemas di terminal 3 yang semakin meningkat memang perlu segera diantisipasi. Namun, karena keterbatasan fasilitas, tidak bisa juga pintu masuk diperbanyak, karena justru akan menciptakan masalah baru di dalam terminal.
“Sekarang pintu masuk ada satu, paling akan menambah satu lagi, dan sebentar lagi sudah terealisasi,” ungkapnya.
Menurut Heru, IPC TPK yang sekarang ini diamanahi mengelola 5 terminal petikemas, yakni di Priok, Panjang, Palembang, Jambi, dan Teluk Bayur Padang, terus berupaya memberikan layan terbaik kepada pengguna jasanya. “Kami akan memberikan layanan terbaik kepada semua pengguna jasa IPC TPK,” kata Heru. (***)