PT Indonesia Kendaraan Terminal (IKT) terpilih menjadi 10 Perusahaan Terbaik Tahun 2017 kategori Indonesia Sales & Marketing Award (ISMA) yang diselenggarakan oleh Majalah Economic Review, Binus Business School, Indonesia-Asia Institute, Frontliner Services serta Ideku Group, untuk kategori BUMN. Selain itu Dirut PT IKT Chiefy Adi K juga menyabet penghargaan The Ist Best Sales & Marketing Diretor – Indonesian Sales & Marketing Award 2017.
Penghargaan berupa piala dan piagam yang diterima IKT tersebut diserahkan oleh Prof. Roy Sembel, PhD mewakili Menko Perekonomian Darmin Nasution, pada hari Jumat (16/6), bertempat di Ball Room Balai Kartini, Jakarta.
Para perusahaan yang juga memperoleh penghargaan yakni PT. Shanghilang Perkasa–Kalbe Farma (swasta-non Tbk), PT. Sentul City Tbk (swasta Tbk), PT. Indomobil Finance Indonesia ( swasta-Non Tbk), PT. Indosurya Inti Finance (swasta-non Tbk), PT. Pegadaian (Persero) Tbk (BUMN non Tbk), PT. Timah (Persero) Tbk (BUMN Tbk), PT. Asuransi Jasa Indonesia (BUMN-non Tbk), PT. KAI Commuter Jabodetabek (Anak Perusahaan KAI), Bank BPR (Bank Sleman – BUMD).
Pada kesempatan itu Chiefy Adi K, Dirut PT IKT menyampaikan bahwa intisari strategi pemasaran agresif yang dilakukan oleh PT IKT adalah Hear You, Understand You, Grow Together.
“Bagaimana PT IKT sebagai operator terminal kendaraan serta penyedia fasilitas dan peralatan harus benar-benar mendengar, memahami kebutuhan para pelanggannya sehingga dapat membantu pertumbuhan bisnis pelanggan yang pada akhirnya dapat tumbuh bersama-sama. Happy employee, happy customer and happy country,” katanya.
Untuk bisa mendengar dan memahami kebutuhan pelanggan, PT IKT melakukannya melalui Forum Group Discusion dan personal approach kepada para pelanggan (spend a day in life our customer).
Selanjutnya dari hasil tersebut dilakukan langkah-langkah cepat dan agresif melalui, Managing stakeholder, yakni komunikasi formal dan non formal, penyelesaian perselisihan kerjasama dengan mitra. Kemudia menyediakan fasilitas yang nyaman bagi stakeholder (creating an exciting enterprise for our people).
Lalu Optimalisasi produktifitas, level of service, SDM, dermaga, lapangan penumpukan, fasilitas, peralatan, IT, SOP, Job description. Membangun corporate image & character untuk meraih great brand reputation. Melakukan corporate culture transformation berpondasikan Good Corporate Governance “Trust take years to build and seconds to break, and forever to repair”. Menyiapkan investasi sesuai kebutuhan pelanggan (Prepare our future although our revenue and profit are increasing), serta membangun competitiveness perusahaan melalui penciptaan nilai jangka panjang perusahaan untuk meningkatkan volume, pendapatan dan laba.
Terakhir melakukan strategy partnership alignment dengan mitra dan pelanggan untuk tumbuh bersama “We will shine with you”.
Hasil strategi tersebut, ungkap Chiefy, bisa dilihat dari peningkatan cargo yang dilayani PT IKT pada akhir bulan Mei 2017 meningkat 133% dibanding realisasi bulan Mei 2016.
Chiefy Adi K memprediksi dengan optimis diakhir tahun 2017 akan meningkat > 150% dibanding realisasi 2016, karena disamping peningkatan level of service, perluasan lapangan penumpukan, penambahan aplikasi dan IT serta struktur organisasi yang jelas dimana sub divisi komersial dan pengembangan bisnis bertanggungjawab untuk menggaet pasar “attract”, sedangkan subdivisi key account management bertanggung jawab menjaga loyalitas pelanggan (satisfy and retain). (***)