• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, October 12, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    13 Pelabuhan Teratas, Indonesia Tak Masuk

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Jalur Sutra Baru Tiongkok, Apa Untungnya Indonesia?

oceanweek by oceanweek
August 12, 2018
in Berita Lain
361
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Proyek raksasa Tiongkok membangun jalur satu sabuk satu jalur atau dikenal juga dengan One Belt One Road (OBOR) atau jalur Sutra Baru, diproyeksikan bakal memberi peluang besar perkembangan investasi bagi Indonesia.

OBOR merupakan rencana Tiongkok yang akan membentuk jalur sutra baru, salah satunya dengan melewati wilayah Indonesia. Proyek ambisius Tiongkok ini dimaksudkan untuk membangun konektivitas baru dengan seluruh wilayah yang prospektif bagi perdagangan internasional Tiongkok.

“Asia Tenggara menjadi salah satu target utamanya, termasuk Indonesia. Pertanyaanya, apakah keuntungan bagi kita?,” kata Wahyu Widodo, Ekonom Universitas Dipengoro (Undip) Semarang, dalam keterangan tertulisnya yang diterima Ocean Week, Minggu malam.

Menurut Wahyu, dampak jangka pendek bagi Indonesia adalah terbangunnya infrastruktur perdagangan, seperti pelabuhan dan infrastruktur pendukung dari industri menuju pelabuhan. China telah membangun beberapa pelabuhan seperti di Sri Lanka dan Pakistan.

Benefit bagi Indonesia sangat tergantung dari perdagangan antara Indonesia-China. Tahun 2017 neraca perdagangan Indonesia untuk produk non-migas defisit sebesar 14,20 miliar dolar. Artinya, ada masalah daya saing produk Indonesia di pasar China. Di sisi lain dengan adanya ASEAN-Cina Free Trade Area juga menunjukkan bahwa China sangat superior di ASEAN.

“Produk mereka membanjiri negara-negara anggota ASEAN. Jadi OBOR akan menjadi tantangan yang berat bagi Indonesia karena konektivitas tersebut akan semakin mempermudah aliran produk China. Sisi positif yang masih ada adalah persaingan akan mendorong inovasi untuk meningkatkan daya saing, tetapi ini dalam jangka panjang,” kata Wahyu.

Konsul Jenderal Tiongkok di Surabaya, Gu Jingqi mengatakan, Tiongkok dan Indonesia adalah negara berkembang dan badan ekonomi penting, keduanya juga adalah praktisi dan pembela sistem perdagangan multilateral global.

“Membela sistem perdagangan multilateral dan prinsip perdagangan bebas adalah tantangan bersama yang dihadapi oleh Tiongkok dan Indonesia, yang juga sejalan dengan kepentingan bersama kedua negara,” ungkap Gu Jinggi.

Gu Jingqi berharap Tiongkok dan Indonesia dapat memperkuat kerjasama dan pertukaran dalam pembangunan sistem perdagangan multilateral, bersama-sama mengatasi tantangan global, dan dengan tegas mendukung WTO memainkan peran yang lebih besar dalam mengelola ekonomi global.

Tiongkok akan mendorong reformasi dan keterbukaan dengan level yang lebih tinggi, bergandengan tangan dengan negara-negara mitra dagang termasuk Indonesia dalam mempromosikan pembangunan “Satu Sabuk Satu Jalan” sebagai kapal besar yang berlayar menuju masa depan cerah yang penuh perdamaian dan kemakmuran.

Bergabungnya Tiongkok dengan WTO tidak hanya mengembangkan Tiongkok sendiri, namun juga membawa manfaat bagi dunia.

Sejak bergabung dengan WTO hingga membangun bersama gagasan Satu Sabuk Satu Jalan, Tiongkok pun berpikiran terbuka dan merangkul dunia, berkontribusi signifikan demi mempromosikan pembangunan ekonomi dan perdagangan dunia serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di seluruh dunia.

Sejak 2002, rata-rata tingkat kontribusi Tiongkok terhadap pertumbuhan ekonomi dunia telah mendekati 30%, dan telah menjadi “mesin” penting bagi pemulihan dan pertumbuhan ekonomi dunia.

Sejak 2001 sampai 2017, impor barang dan jasa Tiongkok secara kumulatif telah mencapai USD 23,7 triliun. Investasi langsung luar negeri melebihi USD 1,1 triliun dan menyerap modal investasi asing langsung sebanyak lebih dari USD 1,6 triliun.

Tiongkok mengajukan gagasan OBOR dan mengumumkan penyelenggaraan China International Import Expo serta proaktif membuka pasar ke dunia demi membangun platform baru bagi berbagai negara untuk membagi dividen pembangunan Tiongkok.

Pada Boao Forum for Asia tahun ini, Presiden Tiongkok Xi Jinping menekankan bahwa pintu keterbukaan Tiongkok tidak akan ditutup, dan hanya akan tumbuh lebih luas. Terbukanya Tiongkok ke dunia luar tidak akan menghentikan komitmennya untuk bergabung dengan WTO.

“Pemerintah Tiongkok akan menggunakan keterbukaan ke dunia luar dengan kekuatan yang lebih besar dan level lebih tinggi untuk mempromosikan pembangunan bersama global dan menciptakan lebih banyak peluang bagi negara-negara untuk mengambil bagian dari dividen Tiongkok,” katanya.

Tiongkok bersedia bekerja dengan mitra dagang global dalam mempromosikan globalisasi ekonomi agar menuju ke arah yang lebih terbuka, inklusif, merata, seimbang, dan saling menguntungkan, membangun Komunitas Senasib yang sangat terintegrasi dan saling bergantung satu sama lain.

Kantor Informasi Dewan Negara Tiongkok mengeluarkan Buku Putih berjudul “Tiongkok dan Organisasi Perdagangan Dunia” pada 28 Juni 2018.

Secara komprehensif, buku itu memperkenalkan praktik pemenuhan komitmen 17 tahun bergabungnya Tiongkok dengan Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), menginterpretasikan secara sistematis prinsip dan kebijakan Tiongkok untuk membangun sistem perdagangan multilateral serta menjelaskan visi dan aksi Tiongkok dalam mendorong keterbukaan ke dunia luar dengan level yang lebih tinggi. (tbnjg/ow/***)

 

 

 

 

 

Previous Post

INSA & IKT Berikan Bantuan Korban Gempa Lombok

Next Post

Kemenhub Kembali Berikan Pelatihan Keselamatan Pelayaran di Selayar

Next Post
Kemenhub Kembali Berikan Pelatihan Keselamatan Pelayaran di Selayar

Kemenhub Kembali Berikan Pelatihan Keselamatan Pelayaran di Selayar

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6155 shares
    Share 2462 Tweet 1539
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5375 shares
    Share 2150 Tweet 1344
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4489 shares
    Share 1796 Tweet 1122
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3776 shares
    Share 1510 Tweet 944
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3756 shares
    Share 1502 Tweet 939

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Wan Hai Mulai Masuk Teluk Lamong, Buka Layanan ke Hongkong

Wan Hai Mulai Masuk Teluk Lamong, Buka Layanan ke Hongkong

October 12, 2025
2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

2025, IPC TPK Layani 6 Service Baru

October 10, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In