• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, October 3, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Re-Aktifasi KA ke Pelabuhan Panjang

ocean_M.admin by ocean_M.admin
July 11, 2017
in Berita Lain, Uncategorized
352
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Batubara termasuk salah satu komoditi primadona yang mampu memberi kontribusi positif terhadap PT Pelindo II Cabang Panjang. Kapal-kapal yang masuk dan mengangkut batubara dari pelabuhan di wilayah propinsi Lampung ini berkapasitas besar, sekali muat sekitar 50 ribu ton.

Batubara-batubara milik PT PGU itu diambil dari Muara Enim menggunakan truk menuju pelabuhan Panjang, untuk kemudian diekspor ke India menggunakan kapal besar.

“Sejak Februari 2017, batubara PGU hingga sekarang sudah mengkontribusi sebesar 300 ribu ton. Makanya kami mulai berpikir untuk menyiapkan stock file, karena selama ini dari tempat asal batubara ke pelabuhan diangkut menggunakan truk-truk besar. Kami mendapat info, kedepan pemerintah propinsi akan melarang truk besar melewati jalan raya. Karena itu, kami mesti melakukan antisipasi dari awal akan hal itu,” kata GM Pelindo Panjang, Mulyadi kepada Ocean Week, di Panjang, sembari berkeliling melihat situasi dan kondisi pelabuhan.

Makanya, muncullah ide untuk menghidupkan kembali angkutan barang meggunakan Kereta Api (KA) ke pelabuhan Panjang. “Nantinya barang yang diangkut bisa batubara, semen, hasil pertanian, dan sebagainya. Apalagi rel KA yang sampai di pelabuhan Panjang masih ada,” ujar Mulyadi sambil memperlihatkan jalur rel KA yang ke pelabuhan.

Dermaga Petikemas Panjang. (ow)
Dermaga Petikemas Panjang. (ow)

Khusus untuk komoditi batubara, Mulyadi menyatakan akan menyiapkan lahan seluas 3,5 hektar untuk stock file batubara yang letaknya bersebelahan dengan rel kereta api.

Bahkan, pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan PT KA dan PGU untuk membahas masalah ini. “Kami sudah rapat dengan mereka (PT KA & PGU-red) beberapa kali. Rapat hari ini (Senin/10/7), malah Pak Dirop Pelindo II (Prasetyadi-red) yang pimpin,” ucapnya.

Sebenarnya, re-aktifasi angkutan menggunakan KA ke pelabuhan Panjang bukanlah sesuatu yang baru, karena rel kereta ini sudah dibangun dari jaman Belanda dulu. “Kalau rencana ini jadi (angkutan batubara dengan KA), maka nantinya bukan hanya PGU saja yang dilayani, namun ada juga pemain serupa yang sudah ingin masuk,” ungkap Mulyadi.

Tampak Kapal RoRo rute Panjang-Priok di dermaga B. (ow)
Tampak Kapal RoRo rute Panjang-Priok di dermaga B. (ow)

Dengan menggunakan kereta api, Mulyadi yakin dapat menekan cost logistik. Tetapi, dia mengaku tetap menunggu kesiapan antara PT KA dengan PGU untuk merealisasikan rencana ini.

Menurut mantan GM Teluk Bayur tersebut, pihak PT KA akan menghitung besaran infestasinya, juga adanya kepastian dari pemilik batubara, seberapa lama kesiapan penggunaan dengan kereta ke pelabuhan. “Kalau kami hanya menunggu mereka, karena kami hanya siapkan fasilitas saja,” ujarnya lagi.

Sementara itu, Direktur Operasi PT Pelindo II, Prasetyadi kepada Ocean Week menegaskan bahwa perseroan akan mensupport terhadap rencana yang digagas oleh Pelindo Panjang ini, mengingat ide menghidupkan kembali moda angkutan kereta api ke pelabuhan cukup fisible.

“Dan ini pasti mampu menekan biaya logistik, karena dengan menggunakan kereta api, sekali angkut bisa mencapai ribuan ton. Lagi pula bisa mengurangi kepadatan di jalan raya dan mengurangi kerusakan jalan raya,” kata Prasetadi.

Penataan

GM Pelindo Panjang Mulyadi juga mengungkapkan, bahwa tahun 2017 ini berupaya merealisasikan rencana pengembangan angkutan kereta api ke pelabuhan, lalu membangun fasilitas penunjang kegiatan kapal RoRo seperti melengkapi ruang tunggu penumpang, dan menyediakan parkir truk.

Akses jalan di dalam pelabuhan Panjang rusak. (ow)
Akses jalan di dalam pelabuhan Panjang rusak. (ow)

“Kemudian memperbaiki jalan-jalan yang rusak di dalam pelabuhan, menyiapkan juga sistem NPK-TOS, dan memperbaiki fasilitas lainnya,” katanya.

Pada Senin (10/7) siang, Ocean Week yang diajak oleh Amanda Maulina, asisten DGM Komersial Pelindo Panjang untuk melihat kegiatan di sejumlah dermaga  pelabuhan menyempatkan mampir di dermaga B yang digunakan untuk kapal RoRo rute Panjang-Tanjung Priok.

Waktu itu, puluhan truk sedang mengantre untuk dimuat ke kapal. “Dermaga B ini menjadi salah satu dermaga primadona, saat ini hanya digunakan untuk kegiatan kapal RoRo, karena setiap hari ada tiga kapal,” ujar Amanda.

Dari dermaga B, menuju ke dermaga C. Untuk menuju ke dermaga ini, jalannya cukup rusak. Disini, kegiatannya sangat padat, kapal-kapal multipurpose domestik sedang bongkar muat. Ada yang memuat hasil pertanian (kopi, pisang), dan ada pula komoditi lain. Menurut Amanda, kapal-kapal itu rutin masuk ke panjang dari Pontianak, Semarang, maupun wilayah lain.

Tak jauh dari sini, tampak dermaga A yang nampak kosong tak ada aktifitas. Sebab, ungkap Amanda, dermaga ini masih dalam pembangunan. Kemudian, Amanda mengajak ke dermaga D yang dipergunakan untuk kegiatan curah kering (batubara, pupuk, dan bungkil. Disini sedang ada kapal Kapuas 313 dan kapal Super Eastern yang bongkar muatan.

Bersebalahan dengan dermaga ini, adalah dermaga E, khusus untuk kegiatan kapal-kapal kontainer. Sayangnya, siang itu tak ada kapal sandar. Namun, sejumlah truk muatan petikemas terlihat lalu lalang menurunkan muatannya di lapangan penumpukan.

“Itu petikemas yang akan diekspor, biasanya kapal sandar pada hari Rabu, Kamis dan Jumat, jadi hari ini persiapan,” ujarnya.

Meningkat

Mulyadi menyatakan, pada semester I tahun 2017, arus barang di pelabuhan Pajang mencapai 4.948.487 ton, meningkat 48,38 % dibandingkan tahun sebelumnya yang mencatatkan 3.334.682 ton.

Kata Mulyadi, peningkatan itu karena adanya kontribusi komoditi batubara. “Karena itu, kami menerapkan strategi menambah alat bongkar muat, perbaikan fasilitas, penataan pelabuhan dan pembangunan lapangan penumpkan,” ungkapnya.

Pada semester II 2017, pihaknya berencana menambah satu unit Quay Container Crane (QCC), juga perbaikan gudang CFS 001 dan 007.

Mulyadi berharap dengan rencana tersebut, pihaknya dapat melakukan efisiensi layanan, sehingga kegiatan bongkar muat dapat berjalan lancar. (***)

 

 

Previous Post

Pelindo Panjang lakukan penataan pelabuhan

Next Post

Layanan Pandu di Priok Belum Prima

Next Post

Layanan Pandu di Priok Belum Prima

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5360 shares
    Share 2144 Tweet 1340
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4479 shares
    Share 1792 Tweet 1120
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3739 shares
    Share 1496 Tweet 935
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3676 shares
    Share 1470 Tweet 919
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2768 shares
    Share 1107 Tweet 692

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

October 3, 2025

TPK SEMARANG

October 3, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In