• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, September 27, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Uang Ditarik Untuk Jamin Kerusakan Kontainer

ocean_M.admin by ocean_M.admin
May 27, 2017
in Berita Lain
367
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INSA mengapresiasi surat edaran Dirjen Perhubungan Laut A. Tonny Budiono no. UM.003/40/11/DJPL-17 tentang Penetapan Jaminan Petikemas. Namun, terhadap jaminan petikemas tersebut apakah pelayaran menarik deposit atau tidak, sangat tergantung kepada performa customer.
Dalam pertemuan 23 pelayaran anggota INSA Jaya, Jumat (26/5) kemarin, menyimpulkan jika uang jaminan (deposit) tetap ditarik oleh pelayaran itu karena customernya dinilainya kurang bonafit, sehingga pelayaran mengenakan jaminan untuk deposit kontainer yang dipinjamnya.
Sebaliknya pelayaran juga memberlakukan surat pernyataan terhadap customer yang dipercayainya. Bahkan terhadap customer (importir produsen), pelayaran tidak menarik jaminan apapun.
Deputy General Manager MSC (Mediterranean Shipping Company) Suwarna mencontohkan, dari 1000 customernya, kalau pihaknya hanya menilai ada 100 customer yang dinilainya masuk kualifikasi untuk tidak ditarik uang jaminan, yang 900 terserah MSC, karena MSC menilai yang 900 itu belum layak untuk dibebaskan dari jaminan.

Rapat Pelayaran bahas edaran dirjen laut mengenai uang jaminan kontainer. (ow)
Rapat Pelayaran bahas edaran dirjen laut mengenai uang jaminan kontainer. (ow)

Begitu pula yang disampaikan oleh perwakilan dari CMA-CGM. “Jika customer bagus kita pun meminta untuk menggunakan surat pernyataan (LoI). Tetapi kalau nggak bagus kita tolak dari awal,” ungkapnya.
Sementara itu, Capt. Supriyanto, Sekretaris DPC INSA Jaya yang sekaligus dari pelayaran Samudera Indonesia mengungkapkan, shipping line berhak mengevaluasi apakah customer itu kredible atau tidak. “Kalau nggak kredible kita berikan catatan, karena pengelaman customer di Samudera Indonesia, banyak yang merugikan perseroan. Tapi yang penting kita tau apakah customer layak atau tidak untuk diberikan pembebasan uang jaminan,” katanya.
Menurut Supriyanto, dalam hal ini, shipper, consignee, dan pihak ketiga (forwarder/lofistik) harusnya menjadi satu kesatuan. “Pelayaran harus kompak untuk saling memberi informasi, jika ada consignee yang tak bagus record-nya mesti saling diinformasikan, sehingga tidak merugikan pihak pelayaran,” ungkapnya.
Pihak Evergreen menambahkan, beberapa pelayaran memang sudah tidak mengenakan uang jaminan, namun uang itu ditagihnya ke depo kontainer. “Tapi jika deponya kolaps, siapa yang tanggung kerugiannya,” ujarnya.
Dalam pratiknya, tidak semua pemilik barang (consignee) mengurus dokumennya, melainkan diserahkan kepada pihak lain. Makanya jika harus membuat pernyataan, dan jika terjadi kerusakan siapa yang bertanggung jawab. “Sebab kami sering komunikasi dengan consignee, mereka bilang itu bukan urusan kami, karena kami sudah menyerahkannya kepada forwarder,” katanya.
Pada diskusi di INSA Jaya, Pelayaran mengaku aneh kepada ALFI yang ngotot untuk menghilangkan uang jaminan ini, mengingat consigee sebenarnya tidak keberatan dengan uang jaminan ini. “Ini aneh, minjam barang orang (kontainer) kok nggak pakai jaminan, kalau terjadi kerusakan atau hilang siapa yang tanggung,” kata wakil dari pelayaran KMTC.
Meski demikian, Capt. Supriyanto maupun Ketua DPC INSA Jaya, Capt. Alimudin menyarankan supaya pelayaran melaksanakan dulu surat edaran Dirjen Laut Tonny Budiono. Tetapi, kalau dalam perjalanannya pelayaran merasa berat, barulah pelayaran membuat keberatan, dan protes kepada pemerintah.
“Masalah uang janinan ini kok sampai ke KPK maupun Presiden. padahal ini kan urusan B2B. Tapi ya itu tadi, ALFI sangat ngotot dengan penghapusan uang jaminan ini, ada apa sebenarnya,” tanya keduanya.
Beberapa pelayaran seperti Maersk Line, NYK memang sudah tidak mengenakan uang jaminan, namun mereka tentunya memiliki penilaian tersendiri terhadap customernya.
Sebenarnya, ungkap Capt. Supriyanto, pelayaran masih berhak menarik uang jaminan sebagaimana disebutkan dalam edaran Dirjen Laut pada no. 2 c yakni perusahaan pelayaran berhak menentukan untuk menggunakan pernyataan atau uang jaminan, setelah perusahaan pelayaran/general agent melakukan evaluasi terhadap penerima barang (consignee) atau kuasanya yang baru menggunakan jasa perusahaan pelayaran yang berpotensi dapat merusak petikemas. Maka berdasarkan hasil evaluasi pelayaran berhak menggunakan uang jaminan.
“Sekali lagi kami apresiasi edaran dirjen laut itu, dan kami akan melaksanaka sesuai edaran tersebut, tapi dengan catatan. Sebab, selama ini kami sebenarnya sudah melakukan apa yang tertuang dalam surat edaran itu,” tutur Supriyanto.
Dalam pertemuan pelayaran yang membahas edaran dirjen laut ini, hadir antara lain Tresnamuda Sejati, CK Line, KMTC, Ben Line, GSL/Layar Sentosa, K Line, Yang Ming, Evergreen, MSC, Cosco, dan CMA-CGM. (***)

Previous Post

INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

Next Post

JICT

Next Post

JICT

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3350 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1472 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

September 27, 2023

BICT

September 27, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In