• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, January 22, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tol Laut Perlu Libatkan Pelayaran Swasta

ocean_M.admin by ocean_M.admin
August 25, 2016
in Berita Lain
335
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pemerintah akan sia-sia mengevaluasi program tol laut yang dinilai sebagaian rutenya belum berjalan optimal, tanpa melibatkan pelayaran swasta nasional. Jadi, kapal angkut dalam rute tol laut yang selama ini oleh PELNI, sebaiknya juga dibagikan pada kapal-kapal swasta.
“Namun subsidi yang diberikan ke PELNI untuk rute tol laut itu juga mesti dilimpahkan pula ke kapal swasta untuk program tol laut itu. Kalau ini dijamin bisa jalan,” kata Anwar Satta, Komisaris PT Pelayaran Celebes Line kepada Ocean Week di Jakarta (25/8).
Anwar bilang selama ini rute untuk Indonesia Timur tak menarik pelayaran swasta karena komoditi angkutnya minim, sehingga cost operasional yang dikeluarkan pelayaran dan pendapatan tak seimbang. “50% cost operasional itu habis untuk BBM, belum kru kapal, dan lain-lain,” tuturnya.
Tapi, ujar Anwar, jika pemerintah menjamin subsidi kepada pelayaran yang melayari rute-rute yang diprogram pemerontah, dipastikan dapat berlangsung. Makanya, tambah dia, untuk dapat mengatasi problem yang sampai sekarang belum juga teratasi, pemerintah juga harus memikirkan untuk membangun industry di daerah-daerah yang menjadi rute tol laut tersebut.
Sehingga nantinya tak lagi ada disparitas harga, antara beras di Jawa, dan beras di Papua, harganya sama. “Semen di Irian dan di Jawa harganya juga beda dikit,” ungkapnya.
Ketika ditanya tentang dualisme INSA, Anwar yang juga salah satu Komite Tetap bidang Perdagangan Kadin Indonesia meminta supaya semua cooling down. “Lebih baik energinya untuk memikirkan bagaimana pelayaran nasional maju kedepan dari pada terus emosional untuk berseteru. Lepaskan ego kepentingan kelompok, bersatulah untuk kepentingan pelayaran nasional, serta bangsa Negara. Apalagi situasi pelayaran dan kondisinya saat ini sedang melemah,” tegasnya.
Seperti diketahui bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, mengatakan Kementerian Perhubungan (Kemhub) akan mengevaluasi pelaksanaan program tol laut. Pasalnya, selama ini pelaksanaan program ini dinilai belum efisien.
“Ada beberapa rute tol laut yang disubsidi pemerintah tetapi implementasinya tidak berjalan efisien. Salah satunya rute Jakarta – Ujungpandang/Makassar – Papua. Harga beras di Jakarta dengan Ujungpandang kan sama, kenapa haru diambil dari Jakarta? Ambil saja dari Ujungpandang, lalu dibawa ke Papua,” ujarnya, Rabu (24/8) kemarin.
Rute lain yang juga dinilai tidak efisien adalah rute kapal ternak pengangkut sapi dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke Jakarta. Menurut Budi, rute ini menjadi tak efisien lantaran setelah kapal pengirim ternak membongkar muatannya di Jakarta, kapal tersebut tak membawa muatan lagi saat kembali ke NTT.
Karenanya, Budi bilang Kemhub mengambil beberapa kebijakan terkait rute tol laut. Untuk rute Jakarta – Ujungpandang/Makassar- Papua, rencananya pemerintah akan menghapus subsidinya. Subsidi ini akan dialihkan untuk rute Makassar- Papua.
Selanjutnya, rute tol laut untuk Jakarta – Makassar/Ujungpandang akan diserahkan ke swasta. “Biarkan swasta yang bekerja di situ, kami mengambil yang dari Makassar ke Papua saja,” kata Budi.
Evaluasi program Tol laut ini dinilai bagus oleh penasihat DPP INSA Lukman Ladjoni. “Bagus itu, mestinya subsidi yang selama ini diberikan kapal-kapal PELNI, kasikan saja kepada swasta untuk terlibat dalam rute-rute TOL Laut, sehingga pelayaran swasta akan siap masuk ke program itu. Tapi kalau tidak diberi subsidi dipastikam tidak ada yang sanggup,” kata Lukman.
Beberapa waktu lalau ada beberapa pelayaran swasta nasional yang dilibatkan dalam rute tol laut, namun tidak lama terhenti, karena tidak kuat. Biaya operasional sangat tinggi.
Sementara itu, untuk masalah pengangkutan ternak, kata Budi, Kemhub akan memanfaatkan kapal yang pulang dari Papua untuk mengangkut sapi ke Jakarta. Menurut Budi, evaluasi dan langkah konkret yang akan diambil pemerintah untuk memperbaiki program tol laut akan diselesaikan dalam dua pekan ini. “Termasuk kebutuhan anggarannya untuk 2017 nanti,” ungkapnya. (ow)

Previous Post

Program Tol Laut Dievaluasi

Next Post

TPKS Menuju 1 Juta TEUs

Next Post

TPKS Menuju 1 Juta TEUs

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    January 22, 2021
    Patroli PLP Evakuasi Kapal Great Marine

    Patroli PLP Evakuasi Kapal Great Marine

    January 22, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In