• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, May 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tak Hanya Patimban, SI Tetap Fokus di Transportasi, Kenapa?

oceanweek by oceanweek
June 26, 2019
in Berita Lain, Uncategorized
Tak Hanya Patimban, SI Tetap Fokus di Transportasi, Kenapa?
381
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Industri pelayaran dan logistik global secara umum sedang mengalami turbulensi. Ketidakpastian dan perang dagang antar dua negara super power (China dan Amerika Serikat) menyebabkan kontraksi ekonomi dan perlambatan pertumbuhan volume perdagangan dunia.

Situasi dan kondisi tersebut bukan berarti akan menyurutkan PT Samudera Indonesia (SI) melangkah kedepan. Namun, justru banyak strategi yang direncanakan, baik di sektor shipping, logistik, maupun pelabuhan. Misalnya untuk usaha shipping, perseroan akan berfokus pada domestik, karena potensinya besar.

“Kita bukan hanya berkonsentrasi untuk sektor tanker, kontainer, bulk, tapi tidak tertutup kemungkinan masuk juga pada cruise, apalagi dunia wisata sedang semarak,” ungkap Masli Mulia, Direktur Utama PT Samudera Indonesia, saat jumpa pers, usai RUPS, di Jakarta, Rabu (26/6).

Mantan Ketua Umum Gafeksi (kini namanya ALFI) yakin dan optimis kalau dunia shipping akan terus hidup. “Kami akan tetap fokus di transportation industry, kita yakin bisa terus,” katanya beralasan sepanjang ada orang dan barang, pasti membutuhkan transportasi.

Keempat Direksi PT Samudera Indonesia berfoto bersama, sebelum jumpa pers. (ow)

Pendapat serupa pun mengemuka dari Bani Maulana Mulia (Direktur Pengelola Samudera Indonesia). Kata Bani, untuk shipping, perseroan lebih fokus pada sektor tanker. “Peluang tanker kontribusinya lebih bagus. Apalagi pemerintah sekarang telah mengembangkan dan membuka peluang baru yakni bio diesel. Ini pasti perlu kapal angkut,” ujarnya.

Meski begitu, lanjut Bani, pihaknya tetap menggarap sektor petikemas, meski disini terjadi banyak persaingan dan rebutan dengan pemain pelayaran petikemas lainnya. “Dry bulk kami juga kembangkan. Pastinya Samudera Indonesia tetap fokus menggarap port, shipping, dan logistik,” kata Bani bersemangat.

Ditanya mengenai pengembangan TPK Palaran, Bani menyatakan bahwa untuk sementara pengembangan TPK Palaran yang dikelola PT Pelabuhan Samudera Palaran (grup Samudera Indonesia) ditunda dulu. “Saat ini kami melakukan optimalisasi TPK Palaran, dari sisi kinerja, meningkatkan produktivitas bongkar muat, dan ternyata lebih efektif dan efisien,” ungkapnya.

Incar Patimban

PT Samudera Indonesia yang tahun ini membagikan deviden sebesar Rp 52,4 miliar atas pencapaian kinerja tahun 2018 membukukan laba mencapai US$ 7,3 juta, juga mengincar bisa sebagai pengelola pelabuhan Patimban, di Subang, Jawa Barat.

“Sudah lama kami mempersiapkan untuk ikut tender Patimban. Bukan itu saja, Samudera Indonesia juga mengincar tender-tender proyek-proyek penting lainnya. Kita sudah bicara dengan bank-bank internasional untuk mendanai proyek-proyek yang digarap kami. Kenapa bank luar negeri, karena mereka bisa kasih bunga lebih murah dibanding bank dalam negeri,” kata Bani Mulia.

Pengusaha muda ini pun mengaku bahwa pihaknya menyambut baik rencana pemerintah untuk memberikan peluang kepada swasta dalam pengelolaan pelabuhan Patimban. Dengan pengalaman panjang yang dimiliki dalam pengelolaan pelabuhan peti kemas di Tanjung Priok dan Samarinda (TPK Palaran), Samudera Indonesia yakin memiliki kemampuan yang baik dalam pengelolaan Pelabuhan Patimban nantinya.

“Kami juga siap berkolaborasi dengan mitra nasional dan mitra Jepang dalam proyek ini,” ucap Bani Mulia diamini Masli Mulia dan direksi lainnya.

Bani juga bercerita jika di tahun 2019, Samudera Indonesia berencana melakukan investasi sebesar USD 180 juta yang dialokasikan untuk sektor pelabuhan sebesar 44 persen, pelayaran 42 persen, logistik 11 persen, dan properti 3 persen.

Selain ikut tender pengelolaan Pelabuhan Patimban, Bani menyampaikan, Samudera Indonesia dan MMC Corporation Berhad selaku operator pelabuhan terbesar Malaysia dan pengendali salah satu pelabuhan transhipment terbesar di Asia, sepakat untuk menjajaki rencana kolaborasi strategis antara kedua pihak.

“Dalam pengembangan kapasitas usaha pelayaran, Samudera Indonesia tetap optimis dan selektif menggarap peluang di Indonesia dan Asia. Salah satu prioritas saat ini adalah memaksimalkan segmen tanker yang lebih menjanjikan,” terangnya.

Untuk itu, Samudera akan melakukan peremajaan kapal tanker untuk melayani setidaknya tiga target market yaitu kargo Crude Palm Oil (CPO), produk kimia, dan biodiesel. “Kami sudah bangun baru kapal tanker di Jepang, kemungkinan tahun 2020 di delivery kesini,” ujarnya lagi.

Menindaki situasi dan kondisi perekonomian sekarang ini, PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) membuat divisi khusus riset bernama Samudera Indonesia Research Initiatives (SIRI) yang telah dibentuk pada November 2018.

Direktur Pengelola SDMR, Bani Maulana Mulia menuturkan, SIRI memiliki visi untuk membantu perusahaan mencapai kinerja yang optimal, didukung kajian dan analisa dengan basis data dan metodologi yang akurat untuk meningkatkan daya saing perusahaan dan mencapai efisiensi alokasi sumber daya.

“Divisi ini bertindak menjadi think tank yang membantu memberikan masukan kepada manajemen baik insights yang berkaitan dengan aspek makro ekonomi maupun industri,” tuturnya.

Secara tugas, SIRI memiliki beberapa misi seperti memberikan masukan kepada perusahaan tentang segala aspek makro dan mikro yang bisa mempengaruhi kinerja perseroan ke depan.

Selain itu, juga bantu para pengambil keputusan untuk bisa lebih memahami tren dan siklus bisnis dalam industri pelayaran dan logistik. Hal ini berkaitan dengan pergerakan perekonomian dunia, harga komoditas serta variabel-variabel makro ekonomi, fiskal dan moneter.

“SIRI juga membantu perusahaan untuk melihat dampak dari emerging technologies di masa mendatang terhadap sektor logistik dan transportasi,” sambung Bani.

Dalam pembahasan divisi, ia menyebutkan, perang dagang China-AS memiliki dampak terhadap perekonomian global. Sehingga volume perdagangan ekspor-impor di sektor pelayaran juga terpengaruh terhadap adanya perang dagang ini. “Jadi kita hati-hati, konservatif terhadap jalannya industri kita. Ekspansi harus dilaksanakan dengan selektif, dan dilihat case by case,” kata Bani Mulia. (ow/***)

Previous Post

Menjelang Marpolex, Kemenhub Gelar Table Top

Next Post

ALFI-Organda MoU Bangun Sistem Angkutan Multimoda Berbasis Digital

Next Post
ALFI-Organda MoU Bangun Sistem Angkutan Multimoda Berbasis Digital

ALFI-Organda MoU Bangun Sistem Angkutan Multimoda Berbasis Digital

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5187 shares
    Share 2075 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2516 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TPK KOJA

May 23, 2025

TPS SURABAYA

May 23, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In