• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, January 18, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

SOLAS VGM Siap Dilaksanakan

ocean_M.admin by ocean_M.admin
June 24, 2016
in Berita Lain
362
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pemerintah telah benar-benar siap melaksanakan SOLAS VGM (Verified Gross Mass of Container)  yang mulai diberlakukan per 1 Juli 2016 di semua pelabuhan di Indonesia yang berkegiatan ekspor impor.

Kesiapan pemerintah tersebut diwujudkan antara lain dengan membentuk tim pemeriksa dalam rangka pelaksanaan SOLAS VGM. “Kami telah membentuk Marine Inspectore yang bertugas menerbitkan sertivikat keselamatan pelayaran sesuai Undang-undang,” kata Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan Tanjung Priok, Sahattua P Simatupang kepada Ocean Week, usai acara buka puasa bersama PPOP Tanjung Priok, Jumat (24/6) di Jakarta Utara.

Seluruh Marine Inspectore tadi telah pula mendapat training dan masing-masing personil sudah memperoleh sertifikat untuk itu.

Pemberlakuan kewajiban Verified Gross Mass (VGM) di pelabuhan Indonesia sangat penting karena hal itu menyangkut keselamatan barang, orang, dan kapal sendiri.

Mayoritas pelabuhan di Indonesia yang berkegiatan ekspor impor dipastikan memberlakukan ketentuan International Maritime Organization (IMO) yang telah mengamandemen Safety of Life at Sea (SOLAS) Convention (Chapter VI, part A, regulation 2) tentang Verified Gross Mass (VGM).

Khusus di Tanjung Priok, menurut sahattua, lima terminal (TPK Koja, JICT, MAL, PTP) sudah mengajukan permohonan untuk penanganan timbangan VGM, dan telah pula direspon pemerintah.

Sebagaimana diketahui bahwa per 1 Juli 2016, semua terminal petikemas di pelabuhan Tanjung Priok sudah memberlakukan kebijakan Peraturan Dirjen Laut nomor HK.103/2/4/DJPL-16 tentang Berat Kotor Petikemas Terverifikasi yang Diangkut di Kapal untuk barang ekspor.

Kebijakan tersebut adalah hasil ratifikasi SOLAS Verified Gross Mass Of Container (VGM).

Konkritnya, Sahattua menjelaskan, bahwa barang dalam container ekspor sebelum pengapalan wajib di VGM, sebab tanpa proses ini container tidak dapat diangkut (dikapalkan). “Nantinya hasil verifikasi berat barang setelah proses timbang akan dideklair oleh shipper. Misalnya ekspor Jeruk 10 ton, ditambah berat container 2 ton. Hasil timbangan itu akan dideklair oleh shipper, dan hasilnya kemudian untuk dimasukkan dalam stowage plan (rencana pengaturan muatan),” ujar Sahattua.

Semua itu sudah dilakukan persiapannya oleh terminal di pelabuhan Tanjung Priok.

Dengan terbitnya edaran soal VGM SOLAS 74, para pemilik barang yang memalsukan berat kontainer atau tidak akurasinya berat barang, pemilik barang akan dikenakan denda.

Ketentuan tentang VGM tersebut lahir dari berbagai insiden menyangkut kapal, muatannya, kru kapal serta pekerja di pelabuhan. Banyak kasus kontainer jatuh ke laut, kontainer berantakan di dalam kapal, bahkan kapal terbalik. Peristiwa tersebut muncul akibat tidak akuratnya berat kotor kontainer sehingga penempatannya (stowage plan) di kapal menjadi tidak tepat dan kapal tidak stabil. Pelabuhan di seluruh dunia juga memberlakukan ketentuan ini.

Sudah Sosialisasi

Menurut Capt. Suwardi dan Sunarno fungsionaris INSA Jakarta, kebijakan ini sudah disosialisasikan oleh TPK Koja maupun JICT. “OP juga sudah mensosialisasikan hal ini, dan untuk sementara baru barang ekspor,” kata dia.

Di Koja, peraturan-peraturan Solas VGM itu, dimaksudkan agar semua petikemas ekspor wajib ditimbang di Joint In Gate dan Truck kosong ditimbang di Gate Out Koja.

Kata Capt. Suwardi, Koja hanya melayani penimbangan satu petikemas yang dimuat dalam satu rangkaian trailer. “Bilamana ditemukan perbedaan data VGM antara dokumen shipper dan terminal, Koja akan menggunakan VGM terminal (hasil timbang Koja) setelah mendapatkan persetujuan dari shipping line.

Sedangkan biaya yang timbul dari penimbangan ini akan menjadi kewajiban shipper (non transshipment). Sementara biaya yang timbul atas petikemas transshipment akan menjadi kewajiban shipping line (feeder operator). (rs/ow)

Previous Post

Tarif Bongkar Muat Petikemas di Dermaga Konvensional Naik

Next Post

Kapal INTAN DAYA di JICT, Hanjin di Koja, Curug Mas di TPS

Next Post

Kapal INTAN DAYA di JICT, Hanjin di Koja, Curug Mas di TPS

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Operasi Pencarian Korban Sri Wijaya Dilanjutkan

    Operasi Pencarian Korban Sri Wijaya Dilanjutkan

    January 18, 2021
    ALFI Yakin Tarif Tol Naik Berpengaruh ke Biaya Logistik, Aptrindo Akan Sesuaikan

    ALFI Yakin Tarif Tol Naik Berpengaruh ke Biaya Logistik, Aptrindo Akan Sesuaikan

    January 18, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In