• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, January 19, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Skenario Marpolex Nasional 2020, Ini Kata Direktur KPLP

oceanweek by oceanweek
November 28, 2020
in Berita Lain
Skenario Marpolex Nasional 2020, Ini Kata Direktur KPLP
372
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Jelang pelaksanaan Latihan Nasional Penanggulangan Tumpahan Minyak di Lampung Tahun 2020 (National Marpolex 2020) yang akan diselenggarakan pada Senin (30/11), Kementerian Perhubungan bersama dengan seluruh unsur yang terlibat menggelar Table Top Exercise di Lampung.

Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai, Ahmad menyampaikan kegiatan Table Top Exercise ini merupakan salah satu rangkaian persiapan yang dilakukan sebelum Marpolex dilaksanakan.

Marpolex 2020 merupakan latihan Skala Nasional ke-15 (lima belas), dimana latihan ini rencananya melibatkan 14 (empat belas) kapal, peralatan penanggulangan tumpahan minyak serta diikuti 500 (lima ratus) personil dari Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Kementerian Lingkungan Hidup, TNI-AL, Polda Lampung, SKK MIGAS Pemerintah Kota Lampung, Kantor Kesehatan Pelabuhan Lampung, PT. Pertamina, PT. Pelindo II Cabang Panjang, Tersus/TUKS wilayah Lampung dan stakeholder lainnya.

Adapun seluruh kapal yang akan terlibat diantaranya KN. Trisula, KN. Kalimasada, KN. Chundamani, KN. Jembio, KN. 336, RIB Basarnas 1, RIB Trisula, TB. Leopard, TB. Legundi 3, armada Kantor Kesehatan Pelabuhan, MT. Pasaman, Searider AL, KP. Polair dan RIB Pertamina.

Sementara itu, langsung dari lokasi kegiatan Table Top Exercise ini, Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai yang diwakili oleh Kasubdit Penanggulangan Musibah dan Pekerjaan Bawah Air, Een Nuraini Saidah, mengatakan bahwa latihan Nasional Penanggulangan Tumpahan Minyak Tahun 2020 ini bertujuan untuk menguji coba dan mengevaluasi prosedur penanggulangan tumpahan minyak serta menguji coba dan mengevaluasi kemampuan dalam penanggulangan tumpahan minyak.

“Selain itu, pelaksanaan latihan ini juga untuk melatih personil dalam perencanaan, komando dan pengendalian dalam satu operasi integrasi,” ujar Een pada acara Table Top Exercise Marpolex 2020 berlangsung di Hotel Novotel Lampung, Sabtu (28/11).

Pada kesempatan ini, Een menjelaskan skenario latihan yang akan dilaksanakan pada Marpolex Nasional 2020 di Lampung.

Para peserta Marpolex. (**)

Pertama, VTS Panjang pada pukul 07.30 WIB menerima informasi dari kapal MT.SS yang berlayar dari perairan Australia melewati jalur TSS Selat Sunda. Kapal MT. SS mengalami kerusakan mesin dan hanyut mengarah ke Pelabuhan Panjang, pada saat yang bersamaan kapal MT. Pertamina dari Tersus Pertamina Panjang menuju Pelabuhan Banten.

Selanjutnya, pada posisi koordinat 05028’20” LS 105018’15” BT terjadi tubrukan antara MT.SS dengan MT. Pertamina yang mengakibatkan kapal MT. Pertamina mengalami kebocoran pada lambung kanan sepanjang 2 meter sehingga muatan kapal tumpah ke perairan sebanyak 10.000 MT, 2 orang abk kapal MT. Pertamina dikarenakan panik melompat ke perairan dan terjadi kebakaran di MT. Pertamina.

“Nantinya, Nahkoda kapal MT. Pertamina menginformasikan kepada VTS Panjang telah terjadi musibah tubrukan, VTS Panjang meneruskan berita marabahaya ke KSOP Panjang untuk melakukan penyelamatan abk kapal, pemadaman kebakaran dan penanggulangan tumpahan minyak,” tutur Een.

Pada saat yang bersamaan, KSOP Kelas I Panjang yang menerima laporan dari VTS dan memerintahkan kapal negara untuk memastikan berita marabahaya tersebut. KSOP Kelas I Panjang mengadakan berkoordinasi dengan instansi pemerintah dan stakeholder pelayaran di area Panjang dan menyampaikan notifikasi ke PUSKODALOPS Jakarta, mengenai informasi adanya tubrukan kapal yang menyebabkan orang jatuh ke laut, kebakaran dan tumpahan minyak di perairan Panjang.

Setelah itu, KSOP Kelas I Panjang berkoordinasi dengan Kansar Lampung untuk melakukan penyelamatan korban yang jatuh ke laut dan memerintahkan Tug Boat Sumber Indah Perkasa untuk melakukan pemadaman dan pendingan kapal MT. Pertamina.

“KSOP Kelas I Panjang mengaktifkan PROTAP PTM Tier 1, menunjuk OSC serta mengkoordinasikan Tim PTM untuk melakukan operasi PTM dengan memerintahkan pengerahan personil dan peralatan PTM PT. Pertamina Panjang, untuk melakukan operasi penanggulangan tumpahan minyak,” urai Een.

Selanjutnya, KSOP Kelas I Panjang mengerahkan Kapal Negara KN.366 untuk melakukan pengamanan lokasi musibah. Sedangkan KN 366 melaporkan kepada KSOP Kelas I Panjang bahwa api belum dapat dipadamkan.

KSOP meminta memerintahkan KN. Chundamani yang pada saat itu sedang mengikuti kegiatan di Lampung untuk membantu pemadaman dan pendinginan kapal.

Sesudah itu, KSOP Kelas I Panjang mendapatkan laporan dari OSC bahwa sumber tumpahan belum dapat diatasi dan sebagian minyak lolos dari konfigurasi oil boom yang digelar oleh Pertamina.

Mendapat laporan demikian, kata Een, KSOP Kelas 1 Panjang segera berkoordinasi dengan semua instansi dan stakeholder untuk permintaan bantuan unsur penanggulangan tumpahan minyak dan seluruh asset yang ada di wilayah kerja KSOP Kelas I Panjang telah dikerahkan semua. KSOP Kelasi I Panjang berkoordinasi dengan Pangkalan PLP Tanjung Priok dan Pangkalan PLP Tanjung Uban untuk membantu penanggulangan tumpahan minyak.

Sementara itu, Pangkalan PLP Tanjung Priok mengirimkan KN. Trisula dan KN. Jembio yang pada saat itu sedang beroperasi di wilayah TSS Selat Sunda untuk membantu penanggulangan tumpahan minyak. Sedangkan Pangkalan PLP Tanjung Uban mengirimkan KN. Kalimasada yang pada saat itu sedang diperbantukan untuk pengamanan TSS Selat Sunda untuk membantu operasi penanggulangan tumpahan minyak.

Setibanya Kapal Negara KN. Trisula, KN. Jembio dan KN. Kalimasada di Perairan Panjang langsung berkordinasi dengan KSOP Kelas I Panjang selaku Koordinator Misi untuk membantu operasi penanggulangan Tumpahan minyak. KSOP Kelas I Panjang selaku Koordinator Misi mengarahkan KN. Trisula, KN. Jembio dan KN. Kalimasada untuk melakukan penanggulangan tumpahan minyak.

Terakhir, asset surveillance melakukan monitoring dan standby melihat jika masih ada tumpahan di permukaan laut. “Hasil survei dan monitoring kesimpulan bahwa perairan Panjang sudah bersih dan tidak terlihat lagi paparan minyak. Selanjutnya KSOP Kelas I Panjang Selaku Mission Koordinator menyatakan penghentian operasi PTM serta Matahari Terbenam,” tutup Een. (***)

Previous Post

Sinergi Patimban-Priok, Bisakah?

Next Post

Besuk Puncak Marpolex, Persiapannya Ok

Next Post
Besuk Puncak Marpolex, Persiapannya Ok

Besuk Puncak Marpolex, Persiapannya Ok

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    January 19, 2021
    Hubla Peroleh Sertifikat ISO 9001:2015

    Hubla Peroleh Sertifikat ISO 9001:2015

    January 19, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In