• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, July 7, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Setelah Keluar Inpres, Semua Ribut Soal Pengerukan Pelabuhan Bengkulu

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Patimban Perlu Diaudit, Kenapa Operasional Dermaga Petikemas ‘Molor’

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Awal Juli, Dirjen Hubla Berharap Pelabuhan Baai Bisa Dioperasikan

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Tingkatkan Efisiensi & Transparansi Layanan, Pelindo 4 Sosialisasi P-EPROC

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    Pemprov Bengkulu-PT Globalasia Infrastructure Fund Kerjasama Bangun Pelabuhan Bengkulu

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    PSA Singapura-Hainan Harbour Teken MoU Perkuat Konektivitas Antar Pelabuhan

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Pengerukan Terus Dilakukan, Target 15 Kapal di Baai Bisa Keluar Awal Juli

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Service Langsung Palembang-Singapura, Perkuat Layanan Logistik

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Sebaiknya BUMN Tak Disubsidi

ocean_M.admin by ocean_M.admin
December 12, 2016
in Berita Lain
338
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Statement Menneg BUMN Rini Soemarno tentang BUMN yang mulai tahun depan tidak akan meminta suntikan modal atau penyertaan modal Negara (PMN) mendapat tanggapan beragam dari pelaku bisnis pelayaran maupun logistic.

Budhi Halim (Sekjen INSA) bersama pengamat maritim Saud Gurning. (ow)
Budhi Halim (Sekjen INSA) bersama pengamat maritim Saud Gurning. (ow)

Padahal seperti diketahui bahwa BUMN seperti PELNI selama ini mendapatkan suntikan dari APBN, lalu Djakarta Lloyd juga memperoleh anggaran dari PMN, termasuk ada sejumlah BUMN yang lain. Bagaimana jika mulai tahun depan tak lagi memperoleh suntikan dana tersebut.

Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto menyatakan, bahwa Pelni tetap dapat hidup sebagai company yang sehat secara finansial jika tidak diberi tugas oleh pemerintah untuk menjalankan misi pemerintah melayani public yang sifatnya non profit.

“Kalau Pelni harus menjalankan misi pemerintah, sebaiknya tetap diberikan subsidi, sedangkan Djakarta Lloyd kalau memang tidak mampu menjadi BUMN yang mandiri di masa depan, sebaiknya ditutup saja,” katanya kepada Ocean Week, Senin (12/12) pagi ini.

Lain hal dengan Sekjen INSA Budhi Halim. Menurutnya, memang sudah seharusnya BUMN dapat mengahsilkan profit dan bahkan kontribusi keuntungan atau pendapatan buat Negara, bukan sebaliknya.

“Harusnya pendapatan utama Negara Indonesia mayoritas dari hasil BUMN dan bukan dari pajak. Bahkan seharusnya Negara memberi insentif keringanan pajak buat para pengusaha, terutama yang baru bertumbuh kembang sehingga pengusaha Indonesia bisa bersaing dengan Negara lain,” ungkap Budhi.

Bantuan pemerintah berupa PSO, ujar Sekjen INSA, hanya untuk sementara, terutama untuk membangun ekonomi masyarakat yang kurang mampu.

Yukki Nugrahawan Hanafi pada suatu acara. (ist)
Yukki Nugrahawan Hanafi pada suatu acara. (ist)

Sementara itu Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan hanafi menyatakan bahwa  pemerintah selama ini selalu menyampaikan dalam dunia usaha harus ada persaingan, swasta nasional maupun BUMN harus diberikan kesempatan yang sama dan berkompetisi secara sehat, karena dengan demikian dapat menjadikan biaya logistic dan transportasi yang efisien dan efektif.

“Penyertaan modal Negara menurut saya tidak pas lagi, dan sudah saatnya BUMN juga membuktikan diri bahwa mereka dapat bersaing tanpa mendapatkan PMN lagi. Belum lagi di tahun ini ada yang mendapatkan PSO melalui penunjukan dalam menjalankan penugasannya di beberapa jalur yang sebetulnya sudah ada swasta nasional juga bermain disana yang melayani. Jadi buat apa, kecuali jalur perintis, kita tetap mendukung karena itu sudah menjadi kwajiban perusahaan Negara melayani masyarakatnya,” katanya panjang lebar, Senin (12/12).

Ketua baru AFFA ini juga mengatakan, BUMN lepas peroleh PMN bukan saja pada transportasi laut, namun juga untuk infrastruktur pelabuhan, sehingga investasi dapat swasta nasional maupun asing.

Menurut Yukki, DPP ALFI melihat adanya biaya yang sebetulnya masih bisa diefesienkan lagi sekaligus meningkatkan pelayan dengan menaikkan level of services. “Jadi kalaupun ada penugasan di jalur tertentu dibuka saja melalui tender terbuka, masukkan kami sudah saatnya Indonesia mempunyai kembali kapal-kapal besar yang dapat melayani jalur export dan import di tingkat regional di Shouth Asia maupun kepada jalur-jalur ke Eropa, USA, maupun tujuan Negara lainnya,” ucapnya.

Caranya, ujar Yukki, dapat bekjerjasama dengan pola kerja sama dan menempatkan penyertaan modal langsung di shipping international karena prinsip trade dimanapun adalah ship follow the trade. “Jangan hanya menjadi ‘jago kandang’ dengan mendapatkan fasilitas Negara. Terakhir ada baiknya perusahaan-perusahaan BUMN itu dapat focus yang bergerak di bidang logistic service providers agar mereka dapat mengembangkan usahanya sesuai keahliannya, sehingga keuangannya dapat dikembangkan di pelabuhan-pelabuhan lain di Indonesia maupun di Negara lain,” kata Yukki mengakhiri.

Tak Minta PMN

Seperti diketahui bahwa Menneg BUMN Rini Soemaro menyatakan, tahun depan BUMN tak akan meminta suntikan modal atau Penyertaan Modal Negara (PNM). “2017 kita tidak lagi meminta PNM, kita katakan, kita ingin memperkuat diri kita untuk bisa berkembang, bisa mencetak keuntungan tanpa meminta PNM kembali,” ujar Rini Soemarno.

Selama dua tahun terakhir BUMN menerima PNM sebesar Rp 40 triliun per tahunnya. Kendati demikian, ujar Rini, BUMN memperlihatkan kontribusi besar terhadap APBN. “Tapi kalau dilihat dua tahun kontribusi kepada APBN lebih dari Rp 200 triliun (per tahun), jadi kita hanya mengambil sebagian saja,” tuturnya.

Mantan Mentri Perindustrian dan Perdagangan Kabinet Gotong Royong ini pun yakin BUMN dapat tetap eksis dan menghasilkan keuntungan meski tanpa meminta suntikan modal.  “Tapi satu yang saya harapkan, agar bisa membentuk holdingisasi per sektor, agar perusahaan-perusahaan yang membutuhkan modal itu bisa terbantu oleh perusahaan sejenis,” katanya. (***)

Previous Post

info dan posisi kapal

Next Post

Pelindo III Revitalisasi Pelabuhannya

Next Post

Pelindo III Revitalisasi Pelabuhannya

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5246 shares
    Share 2098 Tweet 1312
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4405 shares
    Share 1762 Tweet 1101
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2694 shares
    Share 1078 Tweet 674
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2529 shares
    Share 1012 Tweet 632
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2086 shares
    Share 834 Tweet 522

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

July 7, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

July 7, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In