Pelindo III menggelar acara “Roll Out Integrated Billing System” di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Rabu (01/03). Integrated Billing System (IBS) merupakan layanan jasa kepelabuhanan berbasis online dan terintegrasi dengan perbankan untuk pembayaran elektronik.
Inisiasi program IBS dari Kementerian BUMN ini mengintegerasikan sistem pembayaran tarif jasa kepelabuhanan Pelindo I, II, III dan IV untuk semua layanan.Se tidaknya pemanfaatan teknologi informasi ini guna meningkatkan kapabilitas perusahaan dalam menciptakan nilai tambah, service excellent serta pelaksanaan operasional perusahaan efisien, efektif dan optimal.
Direktur Keuangan Pelindo III, U.Saefudin Noer menyatakan, tujuan adanya IBS ini mempermudah pengguna jasa dalam transaksi layanan jasa kepelabuhanan ini untuk efisiensi waktu dan biaya saat proses pengajuan permohonan jasa kepelabuhanan, berikut kemudahan monitoring transaksi dan respon layanan secara realtime.
“Bagi Pelindo III, program ini wujud nyata aksi go green yang menghilangkan penggunaan kertas untuk permohonan, pranota dan nota tagihan, dan mendukung Gerakan Nasional Non Tunai. Penerapannya bisa langsung dirasakan pengguna jasa sebab proses transaksi bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun,” tandas Saefudin.
Untuk memaksimalkan IBS dan memastikan fleksibilitas serta kecepatan pembayaran layanan yang terjaga, Pelindo melakukan kerjasama dengan empat bank yakni Bank Mandiri, BNI, BRI dan Bank Jatim. Berikut dengan Bank BCA, Bukopin dan CIMB Niaga yang kini sedang berlangsung akan segera terealisasi.
Perlu diketahui, lanjut Saefuddin, Pelindo III sudah mengimplementasikan single portal IBS pada November 2016 lalu bersamaan Inaportnet di Cabang Tanjung Perak.
“Dengan kesuksesan implementasi IBS di Pelabuhan Tanjung Perak, manajemen Pelindo III akan melakukan roll out IBS ke seluruh cabang pada tahun 2017 ini,” pungkas Saefudin.
Berhasilnya penerapan IBS didukung fungsi dasar sistem yang dibagi enam pilar standarnya. Diantaranya e-Registration, e-Booking, e-Tracking, e-Payment, Billing dan e-Care. Masing-masing punya kegunaan yakni E-Registration untuk registerasi/update data secara online dan digunakan sebagai master data pelanggan pelabuhan. E-Booking digunakan untuk permintaan layanan jasa kepelabuhanan secara on-line melalui web portal. E-Tracking untuk trace layanan jasa kepelabuhanan seperti vessel tracking dan container tracking secara on-line. E-Payment untuk pembayaran jasa kepelabuhanan secara elektronis on-line melalui web portal. Billing untuk pencetakan nota (e-invoice) jasa kepelabuhanan dan E-Care untuk mengajukan tiket keluhan, ataupun penjelasan beberapa informasi jasa kepelabuhanan. (humpl3/ow)