Produksi Pelabuhan Los Angeles (LA) pada Oktober tahun ini tertinggal dibandingkan pesaingnya yang berdekatan yakni Long Beach.
LA hanya berhasil memproduksi sebesar tujuh persen YoY menjadi 725.775 TEU, sementara Long Beach yang berdekatan menikmati pertumbuhan lebih dari dua kali lipat dengan kenaikan 14,7 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 755.150 TEU.
Impor muatan di Los Angeles mencapai 372.455 TEU, meningkat 11 persen, sementara ekspor muatan mencapai 121.277 TEU, naik 35 persen YoY. Jumlah petikemas kosong mencapai 232.043 TEU, turun delapan persen.
Sementara impor Long Beach meningkat 23,6 persen menjadi 363.300 TEU dan ekspor turun 24,8 persen menjadi 90.073 TEU. Petikemas kosong meningkat 23,3 persen menjadi 301.777 TEU.
Direktur eksekutif pelabuhan LA Gene Seroka mengatakan pada November akan menjadi bulan yang kuat karena kita menyaksikan dorongan liburan terakhir dan penambahan gudang.
Seroka mencatat bahwa antara bulan Agustus hingga Oktober, kedua pelabuhan di Teluk San Pedro meningkatkan pangsa pasar impor peti kemas dari Asia, naik menjadi 46 persen dari 42 persen tahun lalu.
Sedangkan Federasi Ritel Nasional memperkirakan akan terjadi rekor tingkat pengeluaran pada musim liburan ini. Perkiraan pertumbuhan antara tiga hingga empat persen dibandingkan tahun lalu.
CEO pelabuhan Long Beach, Mario Cordero, mengungkapkan bahwa kargo mulai pulih dan pihaknya terus berkolaborasi dengan mitra industri untuk merebut kembali pangsa pasar. “Kami mengantisipasi pertumbuhan moderat sepanjang sisa tahun ini karena pengecer terus menyediakan stok untuk liburan musim dingin,” ujarnya. (**/scn)