• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, June 15, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Perlu Reformasi Logistik & Transportasi

ocean_M.admin by ocean_M.admin
November 15, 2016
in Berita Lain
338
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Prospektif usaha logistic dan forwarder di tahun 2017 diprediksi masih sama seperti tahun 2016. Permasalahan sector ini pun masih banyak dihadapi. Bagaimana strategi yang akan dilakukan oleh pebisnis logistic, termasuk harapannya, Ketua Umum Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki Nugrahawan Hanafi menceritakan sekilas kepada Ocean Week. Berikut petikannya.

Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi. (ist)
Ketua Umum ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi. (ist)

Bagaimana prediksi DPP ALFI untuk usaha logistik dan Tranportasi di tahun 2017 ?

Prospek Logistik untuk tahun 2017 masih belum sesuai harapan karena situasi ekonomi global belum menunjukan arah yang menggembirakan.Tentunya hal ini berdampak pada pertumbuhan  di tingkat nasional, terutama dalam kegiatan export dan import dan belum pulihnya juga harga komoditi.Logistik nasional masih relative lebih stabil,terjadi sedikit kenaikkan untuk moda angkutan udara dan kereta sedangkan angkutan laut  relative sama dengan tahun 2016 dan pemilik barang masih tetap memilih angkutan darat khususnya di P Jawa,Sumatra dan Bali sebagai pilihan utama oleh karena itu perlu terus adanya evaluasi secara menyeluruh terhadap angkutan laut. Kami masih tetap optimis pertumbuhan ekonomi kita masih disekitaran  4,8 % sampai dengan 5,2 % dengan tingkat inflasi yang terukur.DPP ALFI mendorong terus proyek-proyek infrastruktur untuk terus direalisasikan di tahun 2017 ini apakah itu dari Pemerintah ,BUMN maupun Swasta tentunya ini akan sangat membantu pada pertumbuhan ekonomi Indonesia dan pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan logistik nasional.

Permasalahan dan kendala apa yang masih dihadapi usaha ini tahun depan?

Kami akan tetap konsisten untuk terus mengusulkan kepada pemerintah mengenai Reformasi di bidang Logistik dan Transportasi sejak tahun 2014,seperti Harmonisasi Regulasi,Deregulasi,Infrastruktur,Fiskal,Moneter dan Pendidikkan.Memang hal ini terus dilakukan pemerintah seperti dalam Deregulasi yang bebicara mengenai Mata Rantai Pasok dan logistik itu masuk dalam 5 paket Deregulasi yang sudah disetujui oleh Presiden tapi memang permasalahan-nya tidak mudah dan bayak yang perlu terus dibenahi dan belum lagi permasalahan implementasi juga ego sektoral. Untuk Dunia usaha,DPP ALFI terus mendorong anggota kami yang ada diseluruh Indonesia dengan anggota sebayak 3812 perusahaan untuk meningkatkan pelayanan dan selain itu melakukan efisiensi juga memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan.Kita sudah masuk dalam masyarakat ekonomi asean juga bilateral tentunya ini akan menjadikan persaingan akan semakin terbuka dan kita berharap biaya logistik terutama biaya ekonomi tinggi dapat dihilangkan dan menjadikan Indonesia mempunyai daya saing yang lebih baik oleh karena itu  kita sangat memerlukan dukungan pemerintah terutama BUMN-BUMN yang bergerak sebagai penyedia logistik infrastruktur apakah itu di pelabuhan laut maupun udara dimana kami telah bandingkan dengan negara Asean lain-nya kita masih diatas mereka Costnya.

Strategi yang perlu  dilakukan sektor ini di masa depan?

Kita semua perlu KOMITMEN  kalau kita ingin lebih baik dan sering saya sampaikan LOGITICS harus BY DESIGN dengan 4 moda angkutan laut,udara,kereta api dan darat berdasarkan jenis barang (komoditi) apakah itu untuk kegiatan Export,Import maupun domestik.Tidak perlu strategi khusus karena sebetulnya kita semua sudah tau apa yang menjadi kelemahan kita hanya permasalahan nya berani ngak kita buka dan semua masuk dalam satu sisten yang terintegrasi dan efisien juga  menjadi tuan rumah di Indonesia yang menguasai kegiatan logistik dan transportasi karena sekarang ini kegiatan export dan import masih dikuasai 60 % oleh perusahaan-perusahaan  yang di luar indonesia.Ini tantangan kita bersama.

Harapan anda untuk sektor usaha ini kedepan?

Logistik dan Transportasi itu menyentuh seluruh kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan arus barang tentunya kita punya pekerjaan rumah yang harus segera diperbaiki seperti yang saya jelaskan diatas dimana LPI kita juga turun peringkatnya di tahun 2016 ini dari 53 menjadi 63,LPI sebagai salah satu indikatornya tentunya harapan kita bersama kalau kita bisa memperbaiki kembali peringkat indonesia ke urutan 45 dan menurukan biaya logistik dari 24,6 % menjadi 19 %.Pertanyaan bisa atau tidak tentunya tergantung kepada kita semua untuk memperbaiki dimana persaingan sudah berjalan diantara negara apakah itu asean atau di luar asean dan kita masih sibuk dengan berbagai Deregulasi juga implementasinya yang dapat dirasakan diseluruh Indonesia tentunya ini berdampak pada dunia usaha juga investasi di Indonesia

 

Previous Post

APBMI ingin Gandeng Pelindo

Next Post

GINSI Harapkan RI Segera Ratifikasi TFA WTO

Next Post

GINSI Harapkan RI Segera Ratifikasi TFA WTO

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5225 shares
    Share 2090 Tweet 1306
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4399 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2685 shares
    Share 1074 Tweet 671
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2523 shares
    Share 1009 Tweet 631
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2081 shares
    Share 832 Tweet 520

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

UPP Korido & Pemkab Supriori Wujudkan Layanan Angkutan Laut Kapal Penumpang

UPP Korido & Pemkab Supriori Wujudkan Layanan Angkutan Laut Kapal Penumpang

June 15, 2025
Pelindo-Pertamina EP Teken Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara

Pelindo-Pertamina EP Teken Kerja Sama Jasa Pemanduan dan Penundaan di CBM Bunyu Kaltara

June 14, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In