PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT PELNI (Persero) terus memperkuat perannya dalam mendukung mobilitas laut yang aman, efisien, dan terpercaya dengan menghadirkan layanan kapal keagenan yang berkualitas tinggi.
Sebagai perusahaan pelayaran, PELNI terus berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan transportasi laut yang semakin dinamis dengan memperkuat sistem pelayanan keagenan nya.
Layanan ini dirancang untuk memberikan kemudahan akses bagi para pemilik kapal, General Agent, dan seluruh pelanggan kapal keagenan di seluruh Indonesia.
Pelayanan kapal keagenan PELNI menawarkan berbagai jenis layanan yang komprehensif mulai dari full agency, bunker, husbandry services hingga emergency call, dengan fokus utama pada keselamatan, kenyamanan, keandalan, dan ketepatan operasional.
Dalam setiap layanan yang diberikan, PELNI memastikan standar terbaik dalam hal kualitas, efisiensi, dan kepuasan pelanggan, baik untuk kebutuhan kapal dalam dan luar negeri.
Dalam pelayanan keagenan nya, PELNI juga tidak lepas dalam memberikan dampak positif melalui setiap pelayanan kapal keagenan khususnya kapal cruise.
Melalui pelayanan yang diberikan, PELNI meningkatkan traffic wisatawan asing di seluruh destinasi wisata di Indonesia serta tentunya mendukung pendapatan daerah dari proses kegiatan jual beli dan pemakaian layanan di setiap destinasi yang dituju.
Vice President Shipping Agency PELNI Muhammad Ardiansyah mengatakan, PELNI berkomitmen untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan kapal keagenan, guna memastikan kelancaran dan keberlanjutan pelayanan kapal dalam dan luar negeri.
Dengan pengalaman lebih dari 70 tahun, PELNI tidak hanya bertanggung jawab dalam melayani angkutan penumpang dan jaringan logistik tetapi juga memperkuat pelayanan kapal keagenan untuk terus berkontribusi meningkatkan pelayanan laut di Indonesia.
“Kami ingin memastikan bahwa layanan kapal keagenan yang kami tawarkan tidak hanya memberikan kenyamanan bagi pelanggan, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap efisiensi operasional dan kemajuan industri pelayaran Indonesia. PELNI siap menjadi mitra terpercaya dalam memenuhi kebutuhan transportasi laut yang semakin berkembang,” ujar Ardiansyah, di Jakarta, Selasa.
Untuk diketahui bahwa PELNI sebagai Perusahaan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang jasa pelayaran saat ini mengoperasikan 26 Kapal Penumpang yang melayani 1.058 ruas dan menyinggahi 71 pelabuhan.
Selain angkutan penumpang, PELNI juga melayani 30 trayek Kapal Perintis yang menjadi sarana aksesibilitas bagi mobilitas penduduk di wilayah 3TP, di mana Kapal Perintis menyinggahi 273 pelabuhan dengan total 3.495 ruas. PELNI juga mengoperasikan sebanyak 16 Kapal Rede. Untuk pelayanan bisnis logistik, saat ini PELNI mengoperasikan 11 trayek Tol Laut serta 1 trayek khusus untuk Kapal Ternak. (***)