• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, November 8, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

  • Port
    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    MSC Buka Layanan Baru Langsung AS-Afrika

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    Kapal Raksasa Milik Evergreen, Kenapa Belum Masuk Indonesia

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    CMA CGM Menerima Kapal LNG Bahan Bakar Ganda Kapasitas 24.000 TEU

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

  • Port
    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Kemenhub Kelola Proyek Pelabuhan Palembang Baru Tanjung Carat

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Pengerukan Masih Dilakukan, Kapal Kontainer Bisa Masuk Bengkulu

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Layanan Perdana Ekspor dari TTL Gunakan Multimoda

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Dirjen Hubla : Pengerukan Pelabuhan Baai Jalan Terus

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Khofifah Tawarkan Kerjasama Kepada Rusia Kembangkan Pelabuhan Probolinggo

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    Kuartal III, IPCC Bubukan Laba Rp190,30 Miliar

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    INSA & APBMI Apresiasi Kinerja Pelindo Ciwandan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    Dua Kapal Internasional Sandar Sekaligus di IKT, Bongkar Puluhan Ribu Kendaraan

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

    2026, Patimban Bisa Layani Kapal Petikemas

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Pemanduan Selat Malaka untuk Kedaulatan Negara

ocean_M.admin by ocean_M.admin
July 12, 2017
in Berita Lain
345
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Sebanyak 30 orang Pandu profesional telah disiapkan untuk melakukan pemanduan di Selat Malaka, pasca diresmikannya pelayanan jasa pemanduan Selat Malaka-Selat Singapura oleh Menhub Budi Karya Sumadi pada April 2017 lalu. Pelayanan jasa pandu ini dibuka setelah Indonesia mendapatkan hak pengelolaan pemanduan kapal di Selat Malaka, selain Singapura dan Malaysia.

“Potensi ekonomi dari jasa pandu di Selat Malaka ini per tahun bisa mencapai Rp 1,2 triliun. Cuma disini itu tidak wajib pandu, jadi kita mesti mampu memasarkan dan meyakinkan terhadap shipping internasional untuk bersedia menggunakan jasa pandu kita,” kata Presiden Indonesian Maritime Pilots Association/Asosiasi Pandu Indonesia (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (11/7).

Herman mengungkapkan, tentang pentingnya pemanduan kapal-kapal yang melintas di Selat Malaka dan Selat Singapura untuk menciptakan keselamatan pelayaran, disamping menjaga kedaulatan negara, nilai ekonomis, budaya diplomasi, pertahanan, dan sebagainya yang dapat diciptakan melalui kegiatan pemanduan itu.

Profesionalisme pandu Indonesia tersebut, mendapat apresiasi positif dari Ketua Asosiasi Pandu Korea Selatan, Capt. Na Jong Pal yang sekaligus Vice President International Maritime Pilots Association (IMPA).

“Kami tidak lagi merugukan profesionalisme pandu Indonesia. Kami sudah lihat kinerja mereka (pandu-red) di pelabuhan Tanjung Priok, sangat profesional,” katanya didampingi Capt. Yeong Sig yang akrab dipanggil Choi, Vice Chairman IMPA.

Ketua Umum INAMPA Pasoroan Herman Harianja, bersama pengurus, serta Vice President IMPA Na Jong Pal ketika bertemu Dirjen Laut Tonny Budiono, di Kemenhub, Selasa (11/7).
Ketua Umum INAMPA Pasoroan Herman Harianja, bersama pengurus, serta Vice President IMPA Na Jong Pal ketika bertemu Dirjen Laut Tonny Budiono, di Kemenhub, Selasa (11/7).

Kehadiran kedua tokoh pandu asal Korea Selatan itu ke Indonesia, selain bertemu President INAMPA Pasoroan Herman Harianja dan pengurus, juga menemui  Dirjen Perhubungan Laut Tonny Budiono, dan Direktur Pelabuhan dan Pengerukan di Kantor Kemenhub, untuk melaporkan sekaligus meminta kehadiran Menhub Budi Karya Sumadi, pada acara The 1st Asia Pasific Maritime Pilots Forum yang diselenggarakannya pada tanggal 28-30 Agustus 2017, di Bali.

Sebelumnya pengurus INAMPA juga sudah menemui Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan untuk memintanya sebagai keynote speaker di kegiatan yang akan digelarnya di Bali itu.

Kata Pasoroan, Menko Maritim Luhut Panjaitan menyatakan bersedia hadir untuk membuka kegiatan tersebut. “Pak Menko Maritim (Luhut Binsar Panjaitan-red) menyatakan siap hadir,” ujarnya.

Kepada wartawan, Herman pun bercerita, bahwa saat bertemu dengan Dirjen Laut Tonny Budiono, ketua umum Inampa yang juga didampingi pengurus antara lain Agus Suryanto (kepala bidang kesejahteraan), Bambang (ketua departemen komersial), dan Budian Sastro (dari PMS) menyatakan Inampa merupakan wadah profesional dengan peran utama sebagai pelaksana tugas mulia keselamatan maritim (maritme safety), maritime environmental protection, maritime security dan maritime sustainability di seluruh wilayah perairan Indonesia untuk mendukung program pemerintah khususnya dalam mewujudkan Indonesia sebagai Poros Maritm Dunia.

“Selain itu juga mendukung program tol laut sebagai bagian dari amanat Nawacita,” ujar Herman.

Presiden Inampa ini juga menyatakan, Inampa saat ini telah resmi menjadi anggota International Maritime Pilots Association (IMPA) yang berpusat di London, yang merupakan mitra strategis dari International Maritie Organization (IMO), beranggotakan lebih dari 160 negara di dunia.

Menurut Herman, pengakuan dan menjadi anggota IMPA memberikan banyak manfaat bagi kemajuan maritim Indonesia. “Yang paling penting lagi keberadaan pandu Indonesia setara dengan world class maritime pilots. Ini juga telah terbukti dengan kemampuan personil pandu Indonesia melayani pemanduan kapal-kapal besar yang melintas di Selat Malaka,” ungkapnya.

Pandu di Selat Malaka

Herman menambahkan bahwa pemanduan di Selat Malaka itu, pemerintah telah menugaskan PT Pelindo I sebagai pengelolanya. “Jalur Selat Malaka-Selat Singapura, dengan panjang 550 mil laut, merupakan kawasan terpenting jalur laut di Kawasan Asia Tenggara,” ucapnya.

Sekarang, jelas Herman, Indonesia telah mengelola jasa pemanduan kapal yang berlayar di Selat Malaka. “Pengelolaannya diserahkan PT Pelabuhan Indonesia I. Dengan demikian, pemerintah mendapatkan tambahan pemasukan dari Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP),” tuturnya.

“Sudah ada sekitar 30 tenaga pandu profesional dari total pandu sejumlah 1200 orang yang siap melaksanakan tugas pemanduan disana (selat Malaka-red),” jelas Herman.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan, Tonny Budiono menyebutkan, sekitar 70 sampai dengan 80 ribu kapal per tahun baik itu kapal kargo maupun kapal tanker berlayar melintasi selat Malaka dan selat Singapura. “Sehingga perlu jasa pemanduan di wilayah Selat Malaka dan Selat Singapura,” kata Tonny.

Pengelolaan pemanduan tersebut sudah dibahas Indonesia, Malaysia dan Singapura, dalam forum Tripartite Technical Expert Group (TTEG). Selain itu, sesuai UU nomor 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran/wilayah perairan Indonesia, ada perairan wajib pandu dan perairan pandu luar biasa.

Untuk regulasi jasa pemanduan, Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, sudah menerbitkan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Nomer. HK.103/2/4/DJPL-17.

Didalamnya mengatur sistem dan prosedur pelayanan jasa pemanduan dan penundaan kapal pada perairan pandu luar biasa di Selat Malaka dan Selat Singapura. (***)

 

Previous Post

Dwelling Time di Belawan Normal

Next Post

INSA Jaya Kunjungi KBS untuk Pemanduan

Next Post

INSA Jaya Kunjungi KBS untuk Pemanduan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    BYD Kirim 1 Juta Mobil Gunakan Kapal Raksasa Miliknya

    6216 shares
    Share 2486 Tweet 1554
  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5396 shares
    Share 2158 Tweet 1349
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4498 shares
    Share 1799 Tweet 1125
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3947 shares
    Share 1579 Tweet 987
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3817 shares
    Share 1527 Tweet 954

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

Terminal Teluk Lamong Sambut Service TI1 Indonesia –Thailand

November 8, 2025
Peringati Harhubnas, INSA Ajak Refleksi Peran Strategis Pelayaran Bagi Kedaulatan Bangsa

Pelayaran Sebagai Urat Nadi Perekonomian Nasional, Menjaga Kelancaran Pasokan Logistik

November 8, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In