• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Tuesday, June 17, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Pelabuhan Priok & Rencana Pengembangannya Seperti Apa ?

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Layanan Pelabuhan Panjang Baik, Tapi Ada Yang..

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Mulai 3 Agustus, Tarif Semua Lintasan Penyeberangan Naik

oceanweek by oceanweek
July 26, 2023
in Berita Lain, Uncategorized
Mulai 3 Agustus, Tarif Semua Lintasan Penyeberangan Naik
343
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat telah menetapkan tarif baru angkutan penyeberangan kelas ekonomi. Hal itu tertuang dalam Keputusan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor KM 61 Tahun 2023 tentang Tarif Penyelenggaraan Angkutan Penyeberangan Kelas Ekonomi Lintas Antarprovinsi dan Lintas Antarnegara.

Ketua umum Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) Khoiri Soetomo membenarkan adanya kenaikan tarif kapal penyeberangan tersebut.

“Pada tanggal 4 Juli 2023 Menteri Perhubungan RI telah menetapkan kenaikan tarif angkutan penyeberangan lintas antar propinsi melalui KM 61 tahun 2023, dimana kenaikannya kurang lebih rata-rata 4,9%,” ujarnya menjawab Ocean Week melalui WhatsApp nya, Rabu.

Menurut Khoiri, kenaikan tarif itu sebenarnya untuk menambah kekurangan kenaikan tarif sebelumnya yaitu KM 184 tahun 2022, dimana tarif waktu itu disesuaikan sebesar rata-rata 10%. Itu sebagai akibat dari adanya keputusan pemerintah untuk menaikkan harga BBM bersubsidi sebesar 32%.

“Dari perhitungan yang telah dilakukan bersama dengan pemerintah, kenaikan tarif 10% tersebut belumlah cukup untuk dapat menutupi biaya operasional angkutan penyeberangan. Apalagi jika setelah itu ada multiplayer effect dari kenaikan BBM bersubsidi,” ungkapnya.

Khoiri menceritakan bahwa kondisi sebelum terjadi kenaikan BBM bersubsidi pun sesungguhnya dari perhitungan HPP yang dilakukan oleh pemerintah, tarif angkutan penyeberangan yang berlaku masih kurang 35,4% dari HPP, sehingga kondisi itu semakin menyulitkan operator kapal dalam mengoperasikan kapalnya.

Kata Ketua Umum Gapasdap ini, sebuah industri trasnportasi seyogyanya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah karena menyangkut unsur keselamatan atau nyawa publik.

“Selama ini industri angkutan penyeberangan diminta untuk menerapkan aturan keselamatan yang sangat ketat, dengan menggunakan standar internasional SOLAS. Tentu saja ini membutuhkan biaya yang sangat tinggi. Selain itu juga ada standar pelayanan minimun (SPM) yang ditetapkan oleh pemerintah terkait dengan kenyamanan,” jelasnya.

Oleh karena itu, tambahnya, tarif angkutan yang diterapkan tidak boleh berada dibawah perhitungan biaya pokok yang pada akhirnya akan mengurangi terjaminnya unsur keselamatan dan kenyamanan.

Kenaikan tarif sebesar 4,9% melalui KM 61 tahun 2023, diharapkan dapat mengurangi defisit yang selama ini di derita oleh pengusaha transportasi penyeberangan, juga diharapkan bisa sedikit memperbaiki aspek layanan dari sisi keselamatan dan kenyamanan.

Saat sosialisasi kenaikan tarif. (**)

Agar dapat memberikan layanan yang maksimal, Gapasdap berharap pemerintah dapat melakukan evaluasi tarif angkutan setiap 6 bulan, seperti yang tercantum dalam PM 66 tahun 2019.

Saat ini, menurut Khoiri, direktorat TSDP bersama GAPASDAP, ASDP, Jasa Raharja, JASA RAHARJA PUTRA, BPTD, Dinas Perhubungan dan pemangku kepentingan lain sedang melakukan sosialisasi tarif dimulai di pelabuhan Merak pada Jumat lalu, kemudian di kantor Jasa Raharja Bali Denpasar, menyusul di Sulawesi.

“Pelaksanaan penyesuaian tarif akan dikakukan serentak pada tanggal 3 Agustus 2023 serentak di semua lintasan antar propinsi dan antar negara,” ucapnya.

Moratorium Perijinan 

Khoiri juga menyampaikan bahwa selain persoalan tarif yang masih belum setara dengan Moda transportasi lain, saat ini masalah hari operasi yang sangat rendah dalam sebulan yang hanya sekitar 30-40 % juga tetap menjadi keluhan para pengusaha sektor ini.

Karena itu, Gapasdap minta supaya moratorium perijinan wajib tetap dijaga, jangan lagi dikeluarkan ijin operasi baru di lintasan yang sudah sangat banyak. Hal itu dimaksudkan agar iklim usaha yang kondusif dapat tercipta yaitu terjadi keseimbangan pasar antara supply dan demand serta keseimbangan antara jumlah armada kapal dengan infrastruktur dermaga di semua pelabuhan Penyeberangan di Indonesia.

Sebagai contoh, jumlah hari operasi pada lintasan Ketapang-Gilimanuk 15 hari per bulan, lalu Kayangan-Pototano 11 hari per bulan, Lembar-Padangbai 17 hari tetapi real hanya 8,5 hari perbulan.

Kemudian Tanjung Api-api – Keliyan juga terlhat 17 hari, tetapi real hanya setengahnya saja atau 8,5 hari karena sehari hanya dapat 12 jam yang seharunya bisa 24 jam.

“Merak-Bakauheni hanya 11-12 hari sebulan,” katanya prihatin.

Makanya, penyesuaian Tarif yang sangat kecil ini sama sekali tidak berpengaruh signifikan terhadap harga komoditas Sembako seperti beras. Misal, untuk kenaikan tarif truk di Merak – Bakauheni sebesar Rp.54.100, atau 5%. Jika truk itu memuat 30 ton beras maka per kg beras naik sebesar Rp. 1,8 / kg, atau kalau harga beras 10.000 maka kenaikannya 0,018%.

Untuk Ketapang-Gilimanuk, truk naik 26.200, jika muatannya 30 ton maka kenaikannya adalah Rp 0,8/kg. Jika muatannya beras maka naiknya 0,008%

Ketapang-Lembar untuk truk naik 162.600 jika muatannya 30 ton maka kenaikannya Rp 5,4 / kg. Jika muatannya beras maka naiknya 0.054%

Padangbai-Lembar untuk truk naik 154.900, jika muatannya 30 ton maka kenaikannya Rp 5,1/kg, dan jika muatannya beras maka naiknya 0,051%.

“Makanya kami (Gapasdap) minta kepada pemerintah setiap 6 bulan untuk mengevaluasi tarif penyeberangan ini,” kata Khoiri. (**)

Previous Post

Sebanyak 3.056 Perwira Transportasi Laut Diwisuda

Next Post

Kok Baru Sekarang KPLP Minta Diajari Menembak, Buat Apa..

Next Post
Kok Baru Sekarang KPLP Minta Diajari Menembak, Buat Apa..

Kok Baru Sekarang KPLP Minta Diajari Menembak, Buat Apa..

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5229 shares
    Share 2092 Tweet 1307
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4399 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2686 shares
    Share 1074 Tweet 672
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2524 shares
    Share 1010 Tweet 631
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2081 shares
    Share 832 Tweet 520

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

June 17, 2025

TPK SEMARANG

June 17, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In