• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, December 6, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

    Volume Kargo di AS Diperkirakan Melambat

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Mimpi Elvyn 2,5 Hari Dwelling Time

ocean_M.admin by ocean_M.admin
September 27, 2016
in Berita Lain
337
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Tarif progresif menjadi langkah solusi yang diambil oleh pemerintah maupun operator pelabuhan untuk mengatasi dwelling time. Padahal bukan disitu persoalannya. Kuncinya, presiden Joko Widodo mestinya mengeluarkan Keppres untuk dwelling time yang menjadikan satu atap terhadap semua proses pengeluaran barang.

Pelindo II pun ikutan juga latah untuk kasus dwelling time ini. Padahal saat ini di Tanjung Priok sudah 3,2 hari. Hal itu tercapai kemungkinan karena Yard Occupancy Ratio (YOR) sekarang ini rendah, sekitar 40 persen. Lain halnya dengan Tanjung Perak yang masih 5 hari, sebab YOR masih diputran 60 persen.

Namun, Pelindo II punya mimpi lain untuk dapat menjadikan dwelling time menjadi 2,5 hari. Beberapa strategi sudah disiapkan. Menurut Elvyn G. Masassya langkah yang diambil yaitu dengan menyiapkan pelayanan satu pintu di pre-clearance. “Dalam pelayanan satu atap tersebut akan berkerja sama dengan berbagai pihak mulai dari Ditjen Bea Cukai, Kementerian Perdagangan dan stakeholders lainnya. Kemudian memberikan kewenangan pada petugas yang akan percepat proses pre-clearance.” katanya.

Selain itu, Pelindo II mengambil beberapa langkah baru di post-clearance dengan mengenakan tarif progresif sehingga barang cepat keluar. Rinciannya jika barang tidak segera keluar dari pelabuhan, maka di hari ke-2 akan dikenakan denda 300 persen, lalu di hari ke-3 dikenakan denda 600 persen, dan seterusnya.

Pelindo II juga akan memberlakukan elektronic billing (pembayaran elektronik). Dengan cara ini proses pembayaran bisa lebih cepat, kontainer atau barang itu bisa lebih cepat keluar.

Tak Selesaikan Masalah

Sementara itu Ketua Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) Jawa Timur, Bambang Sukadi mengungkapkan kenaikan tarif progresif untuk jasa penumpukan peti kemas tidak akan menyelesaikan masalah dwelling time.

Dia menilai justru cara tersebut akan membebani importir yakni harus mengeluarkan biaya tambahan seperti biaya angkut barang dan biaya sewa depo untuk barang. Ketika biaya impor barang itu menjadi semakin mahal, katanya, otomatis harga jual barang tersebut menjadi naik.

“Kalau bisa dikaji dulu apa yang terjadi kalau tarif progresif itu diterapkan, yang pasti akan memaksa barang untuk keluar dan menambah biaya. Padahal persoalan dwelling time itu ada di pre-clereance,” katanya.

Dia mengungkapkan sejauh ini anggota GINSI Jatim tidak bermasalah dalam hal dwelling time termasuk pengurusan izin-izin impor pada tahap pre-clereance yang melibatkan sedikitnya 18 instansi.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak Chandra Irawan mengatakan pengenaan tariff progresif di Tanjung Perak masih menunggu instruksi dari Kementerian Perhubungan.

Ketua Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Jatim Hengky Pratoko juga menyatakan Yard Occupancy Ratio (YOR) di Tanjung Perak rata-rata baru 60 persen.

Hengky menambahkan, waktu bongkar muat di Tanjung Priok itu bisa 3,2 hari karena barang dikeluarkan dari lapangan penumpukan sebelum SPPB atau Surat Perintah Pengeluaran Barang dikeluarkan oleh Bea Cukai. Selain itu, kata dia, Tanjung Priok menghitung dwelling time tanpa memasukkan komponen pemenuhan pembayaran jasa terminal dan pajak-pajak. Padahal menurutnya, pengurangan dwelling time ditujukan agar biaya logistik rendah.

“Ini yang saya khawatirkan. Mereka melakukan modified storage strategy dan itu dijadikan pembenar untuk mempercepat dwelling time,” ujarnya. (***)

Previous Post

RIP Cirebon Diteken, Bongkar Batubara Dimulai Lagi

Next Post

Rig Berencana Beli Kapal

Next Post

Rig Berencana Beli Kapal

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3372 shares
    Share 1349 Tweet 843
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2441 shares
    Share 976 Tweet 610
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1639 shares
    Share 656 Tweet 410
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1494 shares
    Share 598 Tweet 374
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1480 shares
    Share 592 Tweet 370

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TKBM Tak Boleh Monopoli Lagi, Para PBM Resah

TKBM Tak Boleh Monopoli Lagi, Para PBM Resah

December 5, 2023
Untuk Nataru, Ada 1.354 Kapal Disiapkan

Untuk Nataru, Ada 1.354 Kapal Disiapkan

December 5, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In