Kinerja PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo) terus membaik, dan itu tercermin dari kinerja operasional cabang-cabang pelabuhan yang dikelolanya.
Data yang diperoleh dari Pelindo I, menyebutkan bahwa bongkar muat barang di Pelabuhan Belawan sampai dengan Mei 2019 tercatat meningkat 17,58%, mencapai 4.316.927 ton. Sebab pada periode sama tahun lalu mencapai 3.671.344 ton.
Bongkar muat sejumlah komoditi di Pelabuhan Belawan, seperti minyak sawit (turunannya) sebesar 20,50% mencapai 1.304.286 ton/m3 meningkat dibandingkan dengan periode sama tahun 2018 yang sebesar 1.082.323 ton/m3, semen curah sebesar 44,63%, dan per Mei 2019 mencapai 345.160 ton/m3 dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 191.085 ton/m3.
“Arus penumpang di Terminal Penumpang Bandar Deli Pelabuhan Belawan hingga Mei 2019 ini juga meningkat signifikan. Pelindo 1 melayani 121.995 orang, meningkat dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 39.849 orang,” jelas VP Public Relations Pelindo 1, Fiona Sari Utami, dalam rilisnya yang diterima Ocean Week, Kamis (4/7).
Selain di Pelabuhan Belawan, ungkap Fiona, Terminal Peti Kemas Domestik Belawan (TPKDB) juga mengalami peningkatan kinerjanya, tercatat peti kemas bongkar muat tercatat 41 B/S/H (Box/Ship/Hour) per Mei tahun 2019 meningkat dibandingkan periode sama tahun 2018 yang sebesar 38 B/S/H. Padahal standar kinerja bongkar muat Petikemas di TPKDB yang ditetapkan Kementerian Perhubungan sebesar 30 B/S/H.
Fiona menambahkan, kinerja operasional Belawan International Container Terminal (BICT) juga mengalami peningkatan yakni sebesar 52 B/S/H (Box/Ship/Hour) per Mei tahun 2019, terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Misalnya, tahun 2017 sebesar 49,05 BSH, tahun 2018 sebesar 49,85 B/S/H. “Angka itu di atas Standar Kinerja Bongkar Muat Peti Kemas di BICT yang ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan sebesar 32 B/S/H,” ujarnya.
Menurut Fiona, BICT menerapkan budaya Hot Seat Shake Hand bagi para pekerja lapangan yang akan melakukan pertukaran shift pekerjaan. Budaya ini merupakan kebiasaan yang positif yang diterapkan di BICT untuk meningkatkan pelayanan operasional kepada para pengguna jasa. Ke depanya, Pelindo 1 akan terus meningkatkan pelayanan, menciptakan terobosan-terbosan baru, dan ekspansi bisnis yang turut mendukung kemajuan industri kemaritiman di Indonesia. (pld1/**)