• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, September 27, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Kenapa Sarana Telekomunikasi Pelayaran Penting?

oceanweek by oceanweek
August 27, 2020
in Berita Lain
Kenapa Sarana Telekomunikasi Pelayaran Penting?
350
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut telah menyusun Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut mengenai standarisasi peralatan Vessel Traffic Service (VTS) dan Stasiun Radio Pantai (SROP) melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP.287/DJPL/2020, serta standarisasi perawatan peralatan VTS dan SROP melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut Nomor KP.294/DJPL/2020.

Dalam rangka implementasi Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut tersebut, serta rencana implementasi Uji Coba/Test Bed Pemanduan Secara Elektronik (E-Pilotage) Tahap II oleh VTS Ditjen Perhubungan Laut, Direktorat Kenavigasian kembali menyelenggarakan kegiatan mentoring operator dan teknisi telekomunikasi pelayaran tahun 2020.

Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan terkait pemanfaatan teknologi informasi dan sekaligus untuk memenuhi kemampuan sesuai yang dipersyaratkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaraan Telekomunikasi Pelayaran yang diperuntukkan untuk pelayanan Keselamatan Pelayaran.

Demikian sambutan secara virtual oleh Direktur Kenavigasian Hengki Angkasawan pada acara pembukaan mentoring operator dan teknisi telekomunikasi pelayaran di Medan, Kamis (27/8).

Hengki menjelaskan, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi para peserta untuk menambah ilmu pengetahuan para peserta sehingga dapat mendukung dan meningkatkan ilmu pengetahuan di bidang operasional maupun teknis peralatan serta pemahaman tentang arti pentingnya dan manfaat sarana telekomunikasi pelayaran sesuai dengan tupoksi di masing-masing Distrik Navigasi.

Menurut Hengki, Surat Keputusan Dirjen terkait standarisasi Peralatan dan Perawatan
VTS dan SROP dapat dijadikan pedoman teknis dalam pengadaan dan peningkatan maupun pemeliharaan peralatan VTS dan SROP, yang pada akhirnya dapat membantu VTS dan SROP tersebut beroperasi secara efisien dan efektif dalam rangka meningkatkan keselamatan pelayaran dan perlindungan lingkungan maritim di wilayah perairan Indonesia. “Pada kesempatan ini tentu saya ingin menyampaikan pada teman-teman yang hadir untuk selalu melakukan pengawasan/pemantauan terhadap peralatan-peralatannya, supaya tingkat keandalannya dapat kita pertahankan,” imbau Hengki.

Selain optimalisasi perangkat VTS, tentunya memerlukan kesiapan dan pemenuhan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) di stasiun VTS, sehingga perlu dilakukan peningkatan dan refresher melalui program mentoring seperti yang dilaksanakan pada saat ini.

Pada kesempatan ini, Hengki juga mengingatkan dan mengajak kepada para peserta untuk selalu menjaga kesehatan karena pandemi covid 19 sampai saat ini masih tetap menjadi musuh kita bersama, antara lain untuk selalu menggunakan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan.

“Sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan pada beberapa kesempatan mohon semua pegawai untuk bisa mengendalikan dirinya masing-masing untuk menjaga kesehatan agar kita tetap dapat beraktivitas dan melaksanakan pelayanan dengan baik,” tuturnya.

Terkait rencana implementasi Pemanduan Secara Elektronik (E-Pilotage), Hengki mengingatkan bagi 4 (empat) Pelabuhan yang telah mengikuti Uji Coba/Test Bed Pemanduan Secara Elektronik (E-Pilotage) tahap 1 untuk secara konsisten melaksanakan uji coba pada kapal kapal yg beroperasi di pelabuhannya masing masing sehingga pemanfaatan pelayanan VTS dapat optimal dilaksanakan.

Sedangkan untuk rencana Uji Coba/Test Bed Pemanduan Secara Elektronik (E-Pilotage) tahap 2, bagi semua distrik navigasi yang telah memiliki peralatan VTS segera menyiapkan Sarana, Prasarana dan SDM untuk meng implementasikan E-Pilotage yang sudah dijabarkan pada tahap pertama. “Sehingga nanti pada akhir tahun 2020, kita mendapatkan formulasi yang utuh terkait dng implementasi E-Pilotage di seluruh pelabuhan yang dapat dilayani oleh VTS, “kata Hengki.

Terakhir, untuk integrasi sistem AIS terestrial di VTS dan SROP dengan MCC juga akan terus dilanjutkan. “Sampai saat ini kita telah mengintegrasikan 31 AIS terestrial, saya berharap di akhir tahun 2020 kita dapat mengintegrasikan paling tidak 50 titik lokasi AIS, yang bisa kita monitor di Merine Command Center pusat,” kata Hengki.

Sebelumnya, Kasubdit Telekomunikasi Pelayaran, Dian Nurdiana, dalam laporannya menyampaikan bahwa salah satu tanggung jawab Direktorat Kenavigasian adalah untuk mendukung keselamatan pelayaran dengan memberikan layanan Telekomunikasi Pelayaran melalui sistem Telekomunikasi Pelayaran seperti SROP dan VTS sehingga terciptanya keselamatan dan keamanan pelayaran.

Lebih lanjut dalam kegiatan Mentoring Teknisi dan Operator ini dihadiri oleh beberapa narasumber yang berasal dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Telkom University Bandung, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya serta praktisi E-Pilotage dari Finlandia.

“Pada kegiatan kali ini, peserta yang hadir dalam Mentoring Teknisi dan Operator Telekomunikasi Pelayaran ini adalah 10 orang peserta, yang berasal dari Perwakilan Distrik Navigasi Kelas I Belawan sebanyak 5 orang dan Perwakilan dari Distrik navigasi Kelas II Sibolga sebanyak 5 orang. Adapun dalam pelaksanaannya, mentoring tersebut juga dihadiri oleh perwakilan dari 25 Distrik Navigasi melalui video conference,” kata Dian.

Kegiatan Mentoring Telekomunikasi Pelayaran dilaksanakan di Medan selama 2 (dua) hari, dimulai dari tanggal 26 Agustus 2020 dan berkahir pada 27 Agustus 2020. (***)

Previous Post

RI Ajukan Nusa Penida Sebagai PSSA di Sidang IMO

Next Post

Pisah Sambut Kepala KSOP Sunda Kelapa dari Ridwan ke Roni Fahmi

Next Post
Pisah Sambut Kepala KSOP Sunda Kelapa dari Ridwan ke Roni Fahmi

Pisah Sambut Kepala KSOP Sunda Kelapa dari Ridwan ke Roni Fahmi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3350 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1472 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

September 27, 2023

BICT

September 27, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In