Sistem layanan PT Pelabuhan Indonesia/Pelindo (Persero) grup telah kembali pulih setelah sempat mengalami gangguan pada sebagian aplikasi sejak Jumat, 1 September 2023.
Sistem Operasional dan portal layanan pelanggan, termasuk billing system-nya telah beroperasi kembali.
“Saat ini sistem layanan terminal telah kembali normal. Hal tersebut telah berhasil diatasi secara bertahap sejak hari Sabtu, 2 September 2023. Selama weekend kemarin, kami telah memastikan kegiatan operasional dan layanan tetap berjalan di seluruh wilayah kerja kami,” kata Group Head Sekretariat Perusahaan Pelindo, Ali Mulyono dalam rilisnya yang diterima Ocean Week, Senin sore.
Ali mengatakan, pada akhir pekan lalu, layanan dilakukan secara kombinasi manual dan sistem, dengan tetap berpedoman pada tata kelola perusahaan yang baik.
Tim IT Pelindo tengah melakukan investigasi untuk menemukan penyebab dari gangguan ini agar permasalahan serupa dapat dihindari pada waktu mendatang.
“Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang dialami, sekaligus berterimakasih atas dukungan dari seluruh Pengguna Jasa dan Stakeholder yang terdampak atas gangguan ini,” kata Ali.
Berdasarkan pantauan Ocean Week di salah satu kantor operasional pelayaran, hingga jam 5 sore tadi, sistem VMS masih error. (**)