Komitmen kuat IPC Terminal Petikemas/IPC TPK dalam penerapan keberlanjutan perusahaan dan memastikan layanan optimal kepada pelanggan berbuah prestasi dalam dua ajang penghargaan sekaligus.
Untuk pertama kalinya, IPC TPK meraih apresiasi pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2024 yang diselenggarakan oleh National Center for Corporate Reporting (NCCR) bekerjasama dengan Institute of Certified Sustainability Practicioners (ICSP).
Apresiasi yang didapatkan IPC TPK adalah Commendation Best Occupational Health and Safety Disclosure dan Commendation for First Year Participation.
IPC TPK juga meraih penghargaan peringkat Perunggu kategori Organisasi Besar Jasa Pariwisata, Keuangan, Logistik, dan lainnya pada ajang Strandar Nasional Indonesia (SNI) Award 2024 yang diselenggarakan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN).
Penghargaan merupakan apresiasi kepada organisasi yang menerapkan SNI secara konsisten dengan kinerja unggul dan berkelanjutan.
Pramestie Wulandary, Corporate Secretary dan Hubungan Eksternal IPC TPK menyampaikan rasa syukur atas penghargaan yang telah diraih perseroan.
Penghargaan ini menjadi bukti komitmen IPC TPK dalam mewujudkan bisnis yang berkelanjutan dengan mengedepankan kualitas layanan bongkar muat petikemas serta berkontribusi dalam memberikan dampak positif kepada masyarakat dan lingkungan.
Dalam menjalankan peran sebagai operator terminal petikemas, IPC TPK menjalankan praktik usaha berkelanjutan sebagai landasan dengan menjaga keseimbangan aspek Environment, Social, and Governance (ESG). Sustainability Report IPC TPK tahun 2023 mengusung tema “Raising The Capability for Sustainability”.
Penghargaan ASRRAT 2024 merupakan ajang apresiasi terhadap kualitas laporan keberlanjutan didasarkan pada standar Global Reporting Initiative (GRI) yang diikuti oleh perusahaan dalam dan luar negeri. Penilaian dilakukan oleh para assessor yang berkompeten (Certified SR Specialist).
Paska merger holding Pelindo, fokus dari IPC Terminal Petikemas adalah peningkatan kualitas layanan pelabuhan untuk menciptakan rantai logistik yang lebih efisien dan mewujudkan visi menjadi menjadi operator terminal peti kemas berstandar internasional yang unggul dalam operasional dan layanan.
Hal ini di wujudkan dengan standarisasi layanan, terminal performance improvement, sistemisasi/upgrade system sebagai bentuk penerapan best practices untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki kualitas dan keamanan layanan yang diberikan.
Penghargaan ini memotivasi IPC TPK untuk meningkatkan kualitas layanan dan berkontribusi dalam menciptakan masa depan yang berkelanjutan.
“Kami optimistis penerapan SNI di perusahaan dapat memperkuat daya saing dan menciptakan peluang usaha. Selain itu komitmen keberlanjutan perusahaan dapat menciptakan nilai jangka panjang dan dampak positif yang dapat dirasakan stakeholder dan seluruh masyarakat,” kata Pramestie. (***)