• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, December 8, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Bisnis Kepelabuhanan Selalu Ada Tantangan

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    Carmelita Hartoto Terpilih Sebagai Chairman FASA

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    CMA CGM Benahi Layanan Baru Asia-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Maersk Restrukturisasi Layanan di Jaringan Timur Jauh-Afrika

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Laba Hapag Lloyd Turun 77%, Tarif Angkut Juga Turun

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    Buka Layanan Baru, Pendapatan OOCL Turun 65,1%

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    2025, Hapag-Lloyd Bakal Operasikan Selusin Kapal Raksasanya

    CMA CGM Kembali Luncurkan Kapal 13.000 TEU Senilai US$ 2,3 M

    CMA CGM Dinobatkan Sebagai Best Global Shipping Line

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

  • Port
    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Bisnis Kepelabuhanan Selalu Ada Tantangan

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    TPK Batu Ampar Dikembangkan, Ironi 50 Juta Kontainer Tak Satupun Masuk Batam

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Operator DP World Australia Kena Serangan Siber, Operasional Terhenti Puluhan Ribu Kontainer Menumpuk

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    Abu Dhabi Tertarik Kelola Terminal Petikemas Patimban

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    China Merchants Ambil Alih 51% Saham Pengendali Nusantara Pelabuhan Handal

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Pembangunan Dikebut, Patimban Bakal Jadi Pilihan Asalkan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Produksi Long Beach Salip LA, November Akan..

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Pelabuhan Penajam Benua Siap Jadi Persinggahan Pengiriman Logistik IKN

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

    Akses Jalan Tol & Pelabuhan Patimban Terus Dibangun, 2025 Selesai

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Ini Laporan Terbaru Bank Dunia Tentang Kondisi Logistik Indonesia

ocean_M.admin by ocean_M.admin
July 11, 2018
in Berita Lain
Ini Laporan Terbaru Bank Dunia Tentang Kondisi Logistik Indonesia
340
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Bank Dunia, dalam “Indonesia Economic Quarterly” yang dirilis bulan Maret 2016 ini, memaparkan kondisi ekonomi Indonesia secara keseluruhan. Pada bagian tentang logistik, (Part B.1.a Logistics Reforms), memaparkan tentang kondisi logistik Indonesia, dimana disebutkan bahwa sektor logistik Indonesia masih jauh dari efisien.

Apa faktor yang menyebabkan sektor logistik Indonesia (menurut Bank Dunia) belum efisien? Berikut pemaparannya.

Survei yang dilakukan Bank Dunia mengungkapkan bahwa sekitar 2/3 produsen di Indonesia ternyata lebih memilih menggunakan jasa transportasi dari internal mereka sendiri, ketimbang menggunakan jasa logistik pihak luar.

Fakta ini memperlihatkan masih rendahnya kepercayaan produsen terhadap kemampuan penyedia jasa logistik dalam negeri. Hal ini diperkuat dengan temuan terjadinya kasus kehilangan barang atau keterlambatan pada 19 dari 100 order pengiriman di Indonesia. Tergolong tinggi di dunia. Ongkos logistik di Indonesia juga masih tinggi, mencapai 20 persen dari total nilai penjualan produk. Masih tergolong tinggi jika dibanding Thailand (15 persen) atau Malaysia (13 persen).

Terdapat dua kebijakan sektor logistik yang menurut Bank Dunia menjadi penyebab inefsiensi logistik di Indonesia, yaitu kebijakan modal dasar minimal bagi perusahaan jasa pengurusan transportasi (JPT), dan Ketidakjelasan Peran Otoritas Pelabuhan dan Operator Pelabuhan.

Hambatan pada Pelaku Jasa Logistik

Pada bulan April 2015, Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mensyaratkan modal dasar untuk Perusahaan freight forwarder dalam negeri minimal sebesar 25 Miliar Rupiah (USD 1.8 Juta), sementara untuk asing sebesar USD 10 Juta. Sebagai perbandingan, Singapura hanya mewajibkan USD 79 ribu dan Thailand sebesar USD 65 ribu.

Bank Dunia mengungkapkan bahwa tingginya persyaratan modal dasar tersebut secara signifikan telah membatasi jumlah perusahaan serta mengurangi kemampuan perusahaan dalam rekrutmen dan pelatihan SDM, pembelian peralatan dan meningkatkan pelayanan. Dalam jangka menengah dan panjang, mengurangi daya saing perusahaan logistik Indonesia.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][et_pb_row admin_label=”Row”][et_pb_column type=”4_4″][et_pb_text admin_label=”Text” background_layout=”light” text_orientation=”left” use_border_color=”off” border_color=”#ffffff” border_style=”solid”]

Minim Investasi Infrastruktur Pelabuhan

Faktor lain dibalik inefisiensi logistik di Indonesia adalah belum jelasnya pemisahan peran antara Otoritas Pelabuhan (OP) dan Operator Pelabuhan (TO), yang menyebabkan rendahnya investasi pada infrastruktur pelabuhan.

Sesuai UU Nomor 17 tahun 2008 tentang Pelayaran, OP yang seharusnya bertanggung jawab melakukan pembangunan infrastruktur pelabuhan. Namun, pada prakteknya, investasi pada infrastruktur pelabuhan dilakukan oleh operator pelabuhan, dalam hal ini Pelindo I – IV, dengan segala keterbatasannya.

Kondisi ini menyebabkan minimnya infrastruktur pada pelabuhan-pelabuhan di Indonesia, terutama di kawasan timur. Kebanyakan pelabuhan di Indonesia berada dalam kondisi yang tidak layak dan rendah produktivitasnya. Kapasitas pelabuhan yang terbatas tersebut akan menghambat peningkatan arus barang.

Ketidakjelasan implementasi regulasi di atas, menyebabkan negara gagal menjadi regulator yang efektif di pelabuhan. Pelindo I – IV yang mengoperasikan pelabuhan bahkan kadang secara efektif bertindak sebagai regulator di hadapan pengguna jasa kepelabuhanan.

Pemerintah perlu memperjelas peran otoritas pelabuhan dan operator pelabuhan dalam pengembangan dan pengelolaan pelabuhan, agar tercapai kepastian investasi yang memadai pada infrastruktur pelabuhan.

Analisis lebih jauh tentang logistik Indonesia, dapat dibaca pada bagian C.1, berjudul “Improving the freight logistics system in Indonesia”.

[/et_pb_text][/et_pb_column][/et_pb_row][/et_pb_section]

Previous Post

Carmelita Hartoto tentang Ekonomi Berbasis Maritim

Next Post

Pelindo II Bangun Pelabuhan Kijing Di Mempawah Mulai Juni 2016

Next Post

Pelindo II Bangun Pelabuhan Kijing Di Mempawah Mulai Juni 2016

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3374 shares
    Share 1350 Tweet 844
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2442 shares
    Share 977 Tweet 611
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1639 shares
    Share 656 Tweet 410
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1494 shares
    Share 598 Tweet 374
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1481 shares
    Share 592 Tweet 370

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

63 Terminal Penumpang Pelindo Siap Layani Pemudik Nataru

63 Terminal Penumpang Pelindo Siap Layani Pemudik Nataru

December 7, 2023
Maersk Gelontorkan US$500 Juta Untuk Infrastruktur Rantai Pasoknya di Asia Tenggara

Maersk Gelontorkan US$500 Juta Untuk Infrastruktur Rantai Pasoknya di Asia Tenggara

December 7, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In