• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, June 16, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Hub Port Kuala Tanjung, Asalkan…

ocean_M.admin by ocean_M.admin
December 5, 2016
in Berita Lain
337
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pelabuhan Tanjung Priok bisa untuk dijadikan sebagai pusat konsolidasi barang, karena selama ini lebih kurang 70% kegiatan ekspor-impor Indonesia melalui pelabuhan di Jakarta ini.

Asmari Heri, Ketua Komite Tetap Bidang Perhubungan Kadin Indonesia. (ow)
Asmari Heri, Ketua Komite Tetap Bidang Perhubungan Kadin Indonesia. (ow)

Sementara itu Kuala Tanjung bagus jika direncanakan sebagai hub internasional, karena dari sisi geografis letaknya berada pada perairan pelayaran internasional searah dengan Pelabuhan Tanjung Pelepas Malaysia maupun Pelabuhan Singapura.

“Namun, untuk jadi hub, mesti mampu meyakinkan pelayaran ‘mampir’ dan mau menggunakannya, karena mereka akan berpikir apa untungnya jika mesti singgah ke Kuala Tanjung. Ada baiknya pemerintah menggandeng pelayaran besar dunia, bisa CMA CGM, Maersk, atau MSC, sehingga pelabuhan/terminal ini dapat dijadikan basic mereka,” kata Ketua Komite Tetap Bidang Perhubungan Kadin Indonesia Asmari Heri kepada Ocean Week, di Jakarta.

Sebab, menurut Asmari, untuk hub internasional, barang-barang yang diangkut oleh pelayaran tidak ada hubungannya dengan Indonesia. Misalnya, Pelabuhan Singapura, barang-barang yang diangkut kapal dari Thailand ke Eropa, tapi kapal transhipment ke Singapura, itu tidak ada iurusan dengan Singapura.

Berbedan, kalau barang yang dibawa itu untuk kebutuhan Negara bersangkutan. Dan dipastikan container handling charge (CHC) –nya juga mahal. Sebagai contoh di Singapura, CHC dipungut US$ 150, padahal di Indonesia hanya US$ 83. Namun jika container transhipment oleh Singapura hanya dikenai biaya US$ 40.

Selama ini, Indonesia sudah terjebak dengan opini yang dibangun oleh Singapura, bahwa ongkos bongkar muat lewat Singapura murah. “Yang murah itu untuk barang transhipment, tapi kalau barang untuk kebutuhan negaranya ongkos bongkar muatnya lebih mahal dibandingkan Indonesia,” katanya.

“Apakah pemerintah Indonesia bisa seperti iu. Tentunya dengan menjadikan hub port, ada konsekuensi yang mesti diberikan pemerintah kepada pelayaran, sebagaimana pemerintah Singapura kepada pelayaran, begitu pula pemerintah Malaysia terhadap Maersk,” ucapnya.

Kata Asmari, untuk menjadikan hub port, Kuala Tanjung sangat memungkinkan. Apalagi letaknya berada pada perairan internasional. Asalkan pemerintah Jokowi mampu menampung keinginan pelayaran yang akan digandengnya.

Terhadap  Tanjung Priok, pemerintah dapat menjadikannya sebagai pelabuhan transhipment domestic. “Jadi nantinya, jika Kuala Tanjung sebagai hub internasional, barang-barang yang selama ini pengapalan lanjutannya lewat Singapura, bisa dikapalkan lewat Kuala Tanjung, karena kapal besarnya ada di Kuala Tanjung,” ungkapnya.

Direktur PT Samudera Indonesia ini yakin pemerintah Indonesia mampu untuk itu. “Sederhana saja, panggil pelayaran besar dunia, siapa yang mau menggunakan Kuala Tanjung, bagaimana sharenya, seperti pemerintah Malaysia sewaktu memasarkan Tanjung Pelepas,” turunya.

Mantan Wakil Ketua Umum DPP INSA bidang container ini juga optimis, karena selain menjadi pasar terbesar ASEAN, letak Kuala Tanjung sekali lagi sangat strategis sebagai hub port.

“Jika pemerintah tidak berencana seperti itu, forgeted Indonesia akan memiliki hub port internasional, dan pelabuhan-pelabuhan disini (Indonesia-red) akan tetap seperti sekarang ini,” katanya.

Domestik

Dimintai tanggapan tentang pertumbuhan angkutan laut domestic, Asmari menyatakan bahwa angkutan untuk domestic bagus, bahkan bertumbuh hingga 6%. “Kalau pelayaran domestic tumbuh, karena kebutuhan masyarakat local juga semakin tinggi, sehingga pelayaran pun ikut membaik,” kata Asmari.

Makanya, beberapa perusahaan pelayaran melakukan pembelian kapal baru, seperti Tempuran Emas, Tanto, dan lainnya. “Itu karena pangsa pasar domestic bagus,” ungkapnya.

Berbeda dengan apa yang diungkapkan Ketua DPC INSA Surabaya Stenvens Lesawengan. “Sekarang ini pelayaran kelebihan ruang kapal, karena masih rendahnya pertumbuhan ekonomi. Persaingan antar perusahaan terjadi untuk merebut pasar. Selain itu, banyak kebijakan pemerintah yang baru, dan itu membebani usaha pelayaran,” ujar Stenvens kepada Ocean Week per telpon.(ow)

Previous Post

RI-Malaysia-Thailand Setuju Bentuk Forum Depo ASEAN

Next Post

Jelang Natal, Jalan Angkutan Barang Dibatasi

Next Post

Jelang Natal, Jalan Angkutan Barang Dibatasi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5225 shares
    Share 2090 Tweet 1306
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4399 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2685 shares
    Share 1074 Tweet 671
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2524 shares
    Share 1010 Tweet 631
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2081 shares
    Share 832 Tweet 520

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Jemput Wisatawan Asing, Kapal Arenui Sandar di Pelabuhan Donggala

Jemput Wisatawan Asing, Kapal Arenui Sandar di Pelabuhan Donggala

June 16, 2025
Hingga Mei, Bongkar Muat IPC TPK Capai 1.406.875 TEUs

Hingga Mei, Bongkar Muat IPC TPK Capai 1.406.875 TEUs

June 16, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In