• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, September 24, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Dermaga C-04 Marunda Segera Terealisasi

ocean_M.admin by ocean_M.admin
May 9, 2017
in Berita Lain
342
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pembangunan Dermaga C-04 di Pelabuhan Marunda, Jakarta Utara segera terealisasi pada Juli mendatang. Nantinya, dermaga ini akan menopang segala aktivitas peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok. PT KBN, mesti melengkapi perijinan yang dipersyaratkan.
Pemprov DKI Jakarta sebagai salah satu pemilik saham di PT KBN, kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, akan membantu dalam proses pengurusan Amdal dan pelelangan.
“Dukungan akan diberikan terkait pengurusan Amdal dan proses pelelangan,” ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta.
Sementara itu, Kabid Ketataruangan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DKI Jakarta, Iwan Kurniawan‎ mengatakan, sebelum pembangunan dimulai, KBN harus sudah melengkapi dengan Izin Amdal dan IMB.
Untuk diketahui, pembangunan dermaga C-04 di Pelabuhan Marunda ini sudah dicanangkan sejak tahun 2013. Dermaga ini nantinya untuk menopang Pelabuhan Tanjung Priok, sehingga tercipta kawasan terintegrasi dan terpadu.
KBN memiliki lahan seluas 620 hektare di Marunda. Sementara dermaga yang akan dibangun berada di areanya dengan luas sekitar 1.300 meter. Pelabuhan itu juga akan dilengkapi alat berat berupa crane. Dalam membangunan pelabuhan Marunda membutuhkan dana sebesar Rp2,250 triliun.
Nantinya pelabuhan itu, pembangkit listrik berbahan bakar gas dengan kapasitas 2×1.000 Mega Watt dan terminal gas juga akan dibangun. Tujuannya adalah untuk melayani kapal barang dari Jakarta ke Surabaya dan Semarang, atau rute sebaliknya.
Pembangunan pelabuhan ini diklaim dapat menekan efisiensi biaya hingga 40 persen. Selain itu, waktu tempuh yang digunakan juga lebih singkat dibandingkan melalui jalur darat.
Selain sebagai pelabuhan satelit di Jakarta, pembangunan dermaga di Marunda juga bertujuan untuk mengurangi kemacetan di jalur pantai utara Pulau Jawa (Pantura).
Pelabuhan Marunda ini nantinya untuk mendukung aktivitas lalu lintas barang dan truk untuk program short sea shipping di dalam negeri.  Informasi Ocean Week di KBN membenarkan untuk pengembangan dermaga baru ini, BUMN pengelola kawasan ini bakal mengguyur dana Rp 2,2 triliun.
“Bangun dermaga saja belum termsuk crane Rp 1,1 triliun. Tapi total investasi, termasuk peralatan Rp 2,250 triliun,” kata Sumber yang keberatan disebut namanya.
Saat beroperasi, pelabuhan ini memiliki kedalaman 8 meter dan panjang dermaga 1.300 meter. Area dukung dermaga di sisi darat seluas 20 hektar. Dengan kedalaman seperti itu, dermaga mampu melayani kapal dengan bobot 15.000 DWT (Deadweight Tonnage).
“Peruntukannya untuk coastal shipping dan multi purpose, kemudian melayani pembangkit. Di situ rencana bakal dibangun PLTG 2X1000 MW. Terus untuk mendukung dry port dan terminal gas,” ujarnya.
Saat beroperasi di 2017, dermaga akan menjadi pendukung Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta Utara. New Marunda Port (CO4) akan melayani aktivitas bongkar barang dan curah dalam negeri. Fungsi pelabuhan juga mendukung aktivitas industri-industri yang berada di area KBN Marunda dan Cakung.
Selain itu, kapal bakal melayani angkutan pembawa truk barang rute Jawa. “Nanti disana, truk bisa dimuat dengan kapal RORO. Angkutan truk di pantura, dialihkan ke situ. Untuk kurangi beban tinggi serta kecelakaan. Ini bisa pangkas biaya transportasi 30%-40%,” ungkapnya.
Di Pelabuhan Marunda, saat ini sudah ada pengelola terminal, salah satunya PT KCN, dan Marunda Center.
Kemenhub juga ingin menetapkan perairan di pelabuhan ini sebagai wajib pandu. Beberapa bulan lalu, wajib pandu sudah diuji-coba. Sebagai pelaksananya yakni PT Pelindo Cabang Tanjung Priok, namun karena sesuatu hal, Pelindo menarik diri dari pemanduan di Marunda. Kemudian KSOP Marunda menunjuk KBS sebagai pengelola pemanduan menggantikan Pelindo.
Sebagai pengelola kawasan, pihak KBN mestinya juga harus memikirkan akses jalan ke dan dari pelabuhan Marunda yang saat ini sangat parah. Beberapa kali Ocean Week melihat ke pelabuhan, dan begitu memasuki kawasan pelabuhan, sepanjang jalan banyak berlobang yang menimbulkan kubangan air, bahkan lumpur.
Karenanya, tidak sedikit kendaraan (mobil) kecil yang tak berani memasuki areal pelabuhan ini, karena akses jalan yang rusak parah. (**)

Previous Post

Jokowi Cari Tahu, China Ingin Hidupkan Jalur Sutra

Next Post

IAPH Ajang Promosi Pelabuhan dan Menarik Investasi

Next Post

IAPH Ajang Promosi Pelabuhan dan Menarik Investasi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3348 shares
    Share 1339 Tweet 837
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2410 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1487 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1471 shares
    Share 588 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

September 24, 2023
Glory Apresiasi Service Tanjung Priok, Pelabuhan Ini ‘The Best’

Glory Apresiasi Service Tanjung Priok, Pelabuhan Ini ‘The Best’

September 23, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In