• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Monday, June 16, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

  • Port
    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Pelindo-INSA & Perusahaan Pelayaran Sepakati Tarif Handling Petikemas Pelabuhan Manokwari

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    Juni, Terminal Kijing Sudah Bisa Layani Petikemas

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    INSA Sambut Positif Transhipment Petikemas Internasional di Batam

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    TPK Batu Ampar Mulai Layani Transhipment Internasional

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Tak Lama Lagi Kapal Sudah Bisa Keluar Masuk Baai

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Juni, Pelabuhan Baai Bengkulu Sudah Bisa Beroperasi Lagi

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

AAIP & INSA Minta Aturan NCVS Diberlakukan

ocean_M.admin by ocean_M.admin
November 24, 2016
in Berita Lain
362
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Alumni Akademi Ilmu Pelayaran (AAIP) dan INSA mendesak pemrintah (Kementerian Perhubungan) agar aturan Non Convention Vessel Standard (NCVS) dapat segera diberlakukan di Indonesia.

Sebab, aturan mengenai pemberlakuan standard dan petunjuk teknis pelaksanaan kapal non konvensi berbendera Indonesia sudah diatur dalam SK Dirjen Laut no. 008/09/20/DJPL-2012. Keputusan tersebut merupakan kelanjutan dari implementasi UU no. 17 tahun 2008 tentang pelayaran, yang ditindaklanjuti melalui Keputusan Menteri (KM) Perhubungan no. 65 tahun 2009 tentang pengesahan NCVS.

Capt. Otto Calong saat menerima piagam pada acara diskusi NCVS, Kamis (24/11) di Jakarta.
Capt. Otto Calong saat menerima piagam pada acara diskusi NCVS, Kamis (24/11) di Jakarta.

“Namun peraturan itu sampai sekarang belum juga dilaksanakan oleh pihak Kemenhub (direktorat perhubungan laut), makanya kami minta pemerintah segera memberlakukan aturan itu,” kata Capt. Otto Caloh dari DPP INSA kepada Ocean Week disela acara Forum Diskusi NCVS di Jakarta, Kamis (24/11).

Kegiatan yang mengangkat tema Kebijakan Pemerintah Melaksanakan NCVS Dalam Rangka Mendukung Konektivitas Angkutan Laut Nasional itu, dibuka oleh Ketua Umum DPP INSA Carmelita Hartoto.

Hadir para alumni AIP, Sekjen Ginsi Ridwan Tentowi, BKI, Iperindo, dan juga pemerintah. Pengamat maritime sekaligus akademisi dari ITS Serabaya Saud Gurning juga datang sebagai nara sumber, selain pengamat galangan kapal Tjahyono.

Otto menceritakan, kita semua tahu bahwa Negara kesatuan RI merupakan Negara bahari. Sewaktu pemerintah Belanda berkuasa disini, dibuatlah peraturan tentang pentingnya menjamin keselamatan pelayaran dan cara membangun kapal pada masa itu yakni pemberlakuan Scheepen Ordonantie Staatsblaad tahun 1935 nomor 66.

“Berkembangnya industry pelayaran di Indonesia, kemudian pemerintah Indonesia pada tahun 1992 mengeluarkan UU no. 21 yang berlaku mulai tanggal 17 September 1992 dengan mencabut aturan peninggalan Hindia Belanda Scheepen Ordonantie Staatsblaas, tetapi tetap mengadopsi Scheepen Verordening,” ungkapnya.

Lalu tahun 2008, pemerintah Indonesia memberlakukan UU no. 17 tentang pelayaran, otomatis seluruh petunjuk teknis yang ada di Scheepen Verordening gugur.

Kemudian, ujar Otto, seluruh aturan mengenai kapal dan bangunannya di Indonesia mengacu pada aturan konvensi International Maritime Organization (IMO). Namun, IMO membolehkan administrasi untuk mengatur sendiri bagi kapal-kapalnya yang beroperasi sesuai dengan daerah pelayarannya.

Mempertimbangkan hal itu tadi dan sebagai follow up dari UU no. 17/2008 tentang pelayaran, kemenhub lalu mengeluarkan KM no. 65 2009 tentang pengesahan NCVS.

‘Tapi sekali lagi, aturan itu sampai sekarang masih belum dijalankan oleh Kemenhub, makanya kami minta segera dilaksanakan, bagaimana aturan yang perlu direvisi, mari kita bahas bersama,” ucap Otto.

Sementara itu, capt. Zaenal dari INSA mengungkapkan bahwa sebenarnya kapal-kapal berukuran dibawah 500 GT, IMO tidak mensyaratkan NCVS. “Kemenhub tidak mau mensosialisasikan karena banyak sertifikasi yang terpotong,” ujar Zaenal.

Menjawab pertanyaan Ocean Week tentang NCVS tersebut, Pengamat Kemaritiman dari ITS Surabaya Saud Gurning mengungkapkan perlunya koordinasi antar kementerian terkait dengan masalah ini. “Pengawasan perlu dilakukan oleh pemerintah. Saya sarankan untuk segera diputuskan untuk NCNS ini,” katanya. (***)

Previous Post

Armen & IKT Menangkan BUMN Award

Next Post

Patimban Segera Dibangun

Next Post

Patimban Segera Dibangun

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5225 shares
    Share 2090 Tweet 1306
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4399 shares
    Share 1760 Tweet 1100
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2685 shares
    Share 1074 Tweet 671
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2524 shares
    Share 1010 Tweet 631
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2081 shares
    Share 832 Tweet 520

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Jemput Wisatawan Asing, Kapal Arenui Sandar di Pelabuhan Donggala

Jemput Wisatawan Asing, Kapal Arenui Sandar di Pelabuhan Donggala

June 16, 2025
Hingga Mei, Bongkar Muat IPC TPK Capai 1.406.875 TEUs

Hingga Mei, Bongkar Muat IPC TPK Capai 1.406.875 TEUs

June 16, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In