• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, September 17, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    TPS SURABAYA

    JICT

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

  • Port
    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    JICT Dukung Terminal Booking System, Untuk Efisiensi Logistik Nasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Kapal Besar Belum Bisa Masuk ke Batang, Kendal Perlu Bangun Pelabuhan Internasional

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

    Peroleh Konsesi 27 Tahun, PT Pelabuhan Talenta Bumi Bakal Investasi Rp 500 M

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    TPS SURABAYA

    JICT

    TPK KOJA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tahun 2023 Importir Suram, Tahun Depan Harap-harap Cemas

oceanweek by oceanweek
December 9, 2023
in Berita Lain
Tahun 2023 Importir Suram, Tahun Depan Harap-harap Cemas

Capt. Subandi. (**)

344
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Ketua Umum Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) mengungkapkan bahwa tahun 2023 merupakan tahun suram bagi sebagian importir, khususnya importir pemilik Angka Pengenal Import Umum ( API-U ).

Sebab, menurut Capt. Subandi (ketum GINSI), sejak pertengahan Desember 2022 sebagian importir umum tersebut tidak dapat melakukan aktifitas sebagaimana biasanya (imopor) karena terkendala oleh PP.28 Tahun 2021 Pasal 19 ayat 1 yang merupakan turunan dari UU Ciptaker, dimana impor bahan baku dan bahan penolong hanya bisa di impor oleh Importir pemilik angka pengenal Impor Produsen ( API-U ).

“Akibatnya Importir Umum tidak bisa melakukan aktifitas impor. Bahkan tidak sedikit diantara mereka (perusahaan API-U) sudah merumahkan pegawainya,” ujar Capt. Subandi kepada Ocean Week, di Jakarta, Sabtu (9/12) pagi.

Menurut alumni STIP ini, dampak dari PP tersebut membuat Importir mengistirahatkan sementara karyawan, mengingat kehilangan pendapatan dan bahkan ada yang tutup karena tidak mampu menanggung beban biaya karyawan, sewa kantor dan sebagainya.

Subandi juga menyampaikan bahwa di kalangan Industri manufaktur dan tambang juga mengalami masalah karena kehabisan stock bahan baku yang selama ini di supply oleh Importir Umum, termasuk pelabuhan mengalami shortage komponen peralatan bongkar muat dan peralatan handling cargo lainnya seperti wire sling, turnbuckle, hook dan lain-lain.

“Ada ribuan perusahaan terdampak akibat diberlakukannya PP. 28 tahun 2021, bahkan negara juga di rugikan karena kehilangan potensi pajak atas barang yang di impor, juga pajak perusahaan dan pajak pribadi,” jelasnya.

Ketua Umum GINSI juga mengatakan ada hampir 23 ribu karyawan yang kehilangan penghasilan.

Upaya meyakinkan Pemerintah agar supaya PP tersebut di revisi mengalami hambatan dan kesulitan yang luar biasa.

Ginsi, tegas Subandi, sudah berupaya sekuat tenaga menjembatani persoalan ini agar sebelum lebaran para importir Umum ini bisa kembali menjalankan aktifitas usahanya, dapat menggaji dan memberi THR kepada karyawannya. “Tapi itu pun mengalami kesulitan,” ungkapnya lagi.

Bahkan importir (GINSI) sudah menyurati ke Setneg, namun tidak di respon. “Entah kenapa saat itu sepertinya semua akses negosiasi seolah-olah tertutup.

Capt. Subandi menambahkan bahwa pihaknya pun sudah melakukan dialog dengan Sesmenko perekonomian. Selain itu juga sudah dilakukan dan bahkan Ginsi memberikan usulan tertulis terkait revisi Pasal 19 ayat 1 yang menjadi biang masalah.

Baru di bulan Oktober muncul PP. 46 Tahun 2023 yang merupakan revisi dari PP. 28 Tahun 2021, tetapi hingga saat ini aturan teknisnya belum juga turun.

“Entah apa yang ada di kepala para pembuat kebijakan ini hingga diperkirakan sampe akhir tahun 2023 ini peraturan teknisnya belum juga selesai di buat dan diimplementasikan,” tegasnya.

Belum lagi persoalan menguatnya mata uang US$ dan mata uang asing lainnya seperti Sin$, Yuan, Reminbi dan sebagainya terhadap mata uang rupiah telah memukul dan menggerus keuntungan para pelaku importasi, sehingga boleh dikatakan Tahun 2023 pelaku usaha importasi sangat tidak happy dan mengalami kesulitan terutama bagi sebagian importir yang terdampak dari permasalahan diatas.

Seperti diketahui bahwa pada saat Rakernas GINSI di Jakarta Utara, dua bulan lalu yang dihadiri oleh semua pengurus GINSI dari berbagai daerah, dan kemudian dilaksanakan diskusi, mereka (para pengurus GINSI) menanyakan kepada Nara sumber yang mewakili dari Kementerian Perdagangan dan Kemenko Perekonomian, kapan PP 46/2023 tersebut diberlakukan.

Sayang kedua perwakilan dari pemerintah itupun tak bisa memberi jawaban pasti.

Capt. Subandi mengatakan, bahwa sebentar lagi tahun 2023 berakhir, dan tibalah Tahun 2024.

Dalam tahun 2024, akan ada hajat besar berupa Pemilu penggantian kepala negara dan anggota legislatif.

“Di tengah situasi politik di Indonesia yang memanas, ditambah krisis Global, perang Ukraina-Rusia, dan Israel-Palestina, membuat pelaku usaha melihat situasi dan kondisinya dengan harap-harap cemas. Dan semoga kecemasan melihat situasi tahun 2024 tidak menjadi kenyataan,” kata Subandi. (**)

Previous Post

Mubes CAAIP Resmi Dibuka, Seru Siapa Ketum Nantinya

Next Post

Sudah 146 Pekerja Ikuti Program ALPI, Apa Itu..

Next Post
Sudah 146 Pekerja Ikuti Program ALPI, Apa Itu..

Sudah 146 Pekerja Ikuti Program ALPI, Apa Itu..

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5331 shares
    Share 2132 Tweet 1333
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4465 shares
    Share 1786 Tweet 1116
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3416 shares
    Share 1366 Tweet 854
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2744 shares
    Share 1098 Tweet 686
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2574 shares
    Share 1030 Tweet 644

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Untuk Daur Ulang Kapal, RI-IMO Berkolaborasi

Untuk Daur Ulang Kapal, RI-IMO Berkolaborasi

September 17, 2025
Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

September 16, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In