• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Thursday, October 2, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya  Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Tak Akan Ubah Layanan Transpasifiknya, Meski Ada Biaya Pelabuhan Baru di AS

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Cosco Buka Layanan Surabaya-Nava Sheva Setiap Minggu

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Eastern Pacific Shipping Pesan 16 Kapal, Kapasitas 6.000 TEU

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Hingga Juli, Cosco Tangani 66,72 juta TEUs

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    Aktivitas di Indonesia Dihentikan, ICTSI Bukukan Laba Bersih US$483,84 Juta

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Ajukan Hak Veto untuk Membeli Pelabuhan Global Li Ka-shing

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    COSCO Layani Perdana ke Amerika Selatan

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    MSC Kerahkan Kapalnya Kapasitas 24.000 TEUs ke Afrika Barat, Ada Apa…

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

  • Port
    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Kemenhub-Pemkab Subang Sepakat Perkuat Peran Pelabuhan Patimban

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Layanan Baru Tanjung Priok – Vietnam, MV Alvan Jadi Kapal Perdana

    Teluk Bayur Akan Tambah Dermaga

    Teluk Bayur Kembali Normal, Bongkar Muat Barang Lancar

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Kapal Besar Belum Bisa, Baai Bengkulu Masih Dangkal

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Pelabuhan New York & New Jersey Tangani 794.268 TEU

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    Tak Sedikit Pelayaran Rugi, Pengerukan Baai Tak Kunjung Selesai

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    DP World Ajukan Penawaran Operasikan Terminal Petikemas di Montreal

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Terminal Batang Wujud Komitmen Pelindo Dukung Pengembangan Ekosistem Logistik Nasional

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

    Proses Normalisasi Alur Pelabuhan Baai Berjalan Lancar

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    Permintaan Pasar Besar, KEK Galangan Kapal Dapat Tingkatkan Daya Saing

    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Bitung & Makassar Bagus Untuk Usaha Depo

ocean_M.admin by ocean_M.admin
July 18, 2016
in Berita Lain
352
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Bisnis depo container menjadi bagian penting dari mata rantai perekonomian di pelabuhan. Sebab usaha ini sangat menopang dari kelancaran arus barang ekspor impor. Namun bisnis ini tidak lagi menarik di Jakarta dan Jabar. Justru Bitung dan Makassar dinilai bagus untuk inves usaha ini. Untuk mengetahui seputar bisnis depo, Ocean Week mencoba menggali info dari H. Muslan, Ketua Umum DPP Asdeki.

Bagaimana peluang usaha depo tahun ini dan kedepan?

Menurut pendapat saya bahwa Bisnis kedepan Depo dibagi menjadi beberapa wilayah al, Untuk DKI dan Jabar sudah tidak menarik lagi karena suplay lebih banyak dari pada deman ditambah dengan sangat mahalnya Harga dan sewa Lahan di DKI dan Jabar, juga adanya penetapan UMP yang cukup Tinggi. Begitu juga untuk daerah Lain seperti di Jatim, Jateng dan Lampung,serta Medan. Kemungkinan yang masih bagus untuk inves depo kedepan adalah ( Makassar, Palembang, Bitung, dan Indonesia bagian barat )

Perekonomian saat ini masih lesu, apa dampak terhadap usaha depo?

Dampak terhadap Usaha depo mulai dari tahun 2015 sampai awal 2016 ini belum baik, bahkan banyak angggota kami yang mengalami kerugian khusunya di DKI Jakarta, Bahkan menurut beberapa catatan dari angggota kami 2015 turun sekitar 15,08 % bila dibandingkan dengan kegiatan 2014.

Langkah apa yang harus dilakukan pemerintah dalam pemulihan kelesuan usaha kepelabuhanan ini, menurut ASDEKI ?

Beberapa Faktor yg perlu dukungan dari pemerintah adalah :

  • Pembangunan Jalan Toll dari Daerah Cakung menuju pelabuhan Tanjung Priok harus diselesaikan dalam waktu dekat, Apalagi adanya rencana pengoperasian Pelabuhan Kalibaru dalam Tahun ini.
  • Pemerintah bersama ASDEKI diminta untuk segera menata Ulang terhadap Peninjauan kembali Hal Perijinan/Pemutihan dengan adanya ketentuan pendirian usaha depo container yang diselaraskan dengan KM 47. Demi terciptanya kelancaran Operasional yang lebih baik dan Keamanan Lingkungan dalam menjaga GREEN Development.
  • Menghimbau kepada seluruh pengusaha Depo container yang belum menjadi anggota ASDEKI Untuk mendaftar menjadi anggota ASDEKI. Hal tersebut sesuai dengan KEPUTUSAN MENTERI PERHUBUNGAN NOMOR :KP 705 Tahun 2014. Tentang ASOSIASI DEPO KONAINER INDONESIA ( ASDEKI ) Tanggal 11 Agustus 2014.
  • Mendata dan menata suluruh container yg masuk ke Indonesia agar dapat didetexi keberadaannya dan asal usulnya. Sebab banyak fungsi container yang tidak dipergunakan sebagai mestinya.
  • Pemerintah sebaiknya harus mengetahui Jumlah container yang dimiliki oleh pemilik Asing ( Perusahaan pelayaran dan Perusahaan Leasing Container ) Maupun Pengusaha Nasional. Khususnya terhadap seluruh container yang pernah masuk ke Indonesia, ini harus terdaftar dan akan diketahui bahwa container tersebut kembali keluar  dari Indonesia atau tidak.
  • Membuat peraturan baru mengenai tata cara pemakaian container antar perusahaan pelayaran ( yang saat ini sering disebut dengan Free Use )

Sehingga Fungsi container sebagai tempat untuk mengisi barang dapat maximal artinya setiap lalau lintas container khusunya melalui laut dan darat ini diisi barang, sehingga hal tersebut berdampak langsung dapat menurunkan biaya Logistics.

Apa saran ASDEKI agar cost logistik nasional dapat kompetitif dengan luar?

Diperlukan Perbaikan Infrastructur yang berkesinambungan dengan sistim Logistics, misalnya Pembanguan Pelabuhan yang memadahi baik peralatan, system maupun SDM nya. Pembangunan perbaikan akses jalan dari lokasi2 industri ke Pelabuhan dan sebaliknya untuk memperlancar arus angkutan darat. Perpendek sistim Pengurusan  dokumentasi baik Import maupun Export dengan tetap mengadakan pengawasan secara seksama. Berikan dispensasi/Insentif Fiskal tehadap perlatan yang mendukung kegiatan Logistics, spt Armada Angkutan Truck, Peralatan Depo, Peralatan Pergudangan dan peralatan lainnya yg menyangkut dengan kegiatan Logistics. Sehingga harga pembelian peralatan lebih kompetitief yg berdampak kepada Nilai Depresiasi. Menyederhanakan SOP mengenai tata cacar Logistics dengan melibatkan para Stack Holder agar tercapai satu standarisasi yang lebih baik dan effisien. Merumuskan sistim kerja 247 dengan tepat,  sehingga  lebih effective, dapat bersaing baik waktu maupun Harga.

Apa yang sudah ASDEKI lakukan dalam era perubahan dan antisipasi perdagangan ASEAN ?

Membuat Standarisasi Operasional Reciving dan Delivery Container dengan waktu yg lebih Effisien antara 7 sampai 15 Menit per Container. Membuat analisa perhitungan cost of logistics yang berhubungan dengan kegiatan Depo Container seperti, Standaisasi tarip. Mengadakan Kerjasama dengan beberapa Perguruan Tinggi dalam mensosialisasi terhadap kegiatan2 Logistics. Mengadakan Pembahasan secara rutin dengan assosiasi lain yang menangani kegiatan Logistics sehingga dapat tercapai sistm kerja logistics yang singkat, cepat dan effisien baik waktu maupun biaya. Mengadakan studi banding dengan negara2 di Asean ( Thailand, Penang, PSA, Hongkong, dan lainnya ) sehingga dapat tercipta sistim dan pola kerja yang standard dan bersinergi. Memberikan masukan dan kerjasama dengan  pemerintah dalam merumuskan kebijakan2 sesuai dengan amanah Program pemerintah terhadap kegiatan Tol laut atau kegiatan Maritm.

Previous Post

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

Next Post

14 WK MIGAS Konvensional Ditawarkan dengan Skema Baru

Next Post

14 WK MIGAS Konvensional Ditawarkan dengan Skema Baru

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5360 shares
    Share 2144 Tweet 1340
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4479 shares
    Share 1792 Tweet 1120
  • Mantan Direktur Pelindo & Mantan Dirut DPS Ditahan, Kasus Korupsi Pengadaan Kapal Tunda

    3729 shares
    Share 1492 Tweet 932
  • Per Januari 2026, Pelaut Tak Bisa Berlayar Jika Tak Miliki Sertifikat BST Dengan Kesehatan Mental

    3666 shares
    Share 1466 Tweet 917
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2768 shares
    Share 1107 Tweet 692

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pelindo Ambil Bagian Sukseskan MotoGP Mandalika 2025

Pelindo Ambil Bagian Sukseskan MotoGP Mandalika 2025

October 2, 2025
Hingga Agustus, Arus Petikemas TPK Nilam Naik 13%

Tahun 2027, RI-Uni Eropa Sepakat Menghapus Tarif Bea Masuk

October 1, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In