• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, January 22, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Turun 9,5%, IPC pun Terdampak Corona

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Per Hari Rp 18 Ribu Penumpukan Petikemas di Makassar, Murah Banget..

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Kinerja Teluk Lamong Membaik, Kok Bisa Ya ?

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Pantoloan Aman, Pelabuhan Tetap Beroperasi Normal

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

31 Agustus, Jokowi akan Resmikan Full Operasional New Priok

ocean_M.admin by ocean_M.admin
August 16, 2016
in Port
337
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan dapat meresmikan Commercial Start Operation atau pelaksanaan pengoperasian komersial dermaga New Priok Container Terminal 1 (NPCT 1) pada 31 Agustus 2016 mendatang.
”Tadinya full operasi NPCT 1 akan dilakukan 5 Juli, tapi diundur, lalu diusulkan 19 Agustus, itupun ngga bisa. Makanya kami mengusulkan 31 Agustus. Mudah-mudahan presiden Jokowi bisa. Kalau ngga bisa juga, kami usulkan pada tanggal 4 September 2016,” kata Suparjo, Direktur NPCT 1 saat dihubungi Ocean Week di Kantornya, kemarin.
Mantan GM TPK Koja itu menyatakan bahwa usulan yang diajukan pihaknya masih menunggu konfirmasi resmi dari kantor Sekretariat Negara. ”Hari Kamis (19/8), kembali akan dilakukan trial yang kelima kali. ”Trial kelima ini oleh Kapal Evergreen untuk rute Tanjung Priok-Malaysia-Vietnam. Kapal berkapasitas muat kontainer 1200 TEUs tersebut dari sini (Kalibaru-red) rencananya memuat sekitar 500 TEUs,” ungkap Suparjo.
Mantan Dirut Rumah Sakit Pelabuhan itu juga menyatakan uji coba yang dilakukan di NPCT 1 sebelumnya berhasil dengan baik. Suparjo bilang, sejak dilakukan trial pertama pada Januari 2016 lalu, pihak pelayaran Evergreen menyatakan komit untuk menggunakan dermaga Kalibaru ini.
Kini sudah masuk MV. Uni Perfect berbobot 17,887 GT berbendera Panama melakukan kegiatan bongkar muat sebanyak 425 petikemas. MV. Uni Perfect merupakan kapal ke-empat yang sandar di Dermaga NewPriok Container Terminal 1 (NPCT 1) yang merupakan rangkain dari tahap uji coba (trial operation) sebelum pelaksanaan pengoperasian komersial (Full Commercial Operation).
Seperti diketahui bahwa Tiga kapal sebelumnya telah melakukan uji coba/trial operation di NPCT 1 yakni, MV. Selat Mas (28 Januari 2016) milik PT Tempuran Mas, MV. Sinar Sumba milik PT Samudera Indonesia (25 Mei 2016), MV. Leo Perdana Milik Evergreen (25 Mei 2016) dan MV. Uni Perfect milik Evergreen (3 Agustus 2016) lalu.
Bahkan, kata Humas PT PPI Hambar Wiyadi, untuk kelancaran operasi NPCT 1 ini, pihak Kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok telah mengeluarkan Surat Rekomendasi Keselamatan dan Keamanan Pelayaran untuk pengoperasian NPCT 1, Nomor: AL. 502/1/4/SybTpk-16 Tanggal 20 Juli 2016.
“Sebelum mengeluarkan rekomendasi ini, pihak Syahbandar Utama sebelumnya melakukan peninjauan/survey dan rekomendasi keselamatan NPCT 1 Pelabuhan Tanjung Priok dengan melakukan simulasi olah gerak penyandaran kapal, simulasi stopping dan turning distance yang dilaksanakan di simulator PIP Semarang-Jawa Tengah,” ujarnya.
Artinya dengan mengantongi ijin rekomendasi keselamatan dan keamanan pelayaran, ini, maka setiap kapal yang akan sandar di dermaga NPCT 1 harus mengikuti dan mentaati kentuan seperti yang disyaratkan/direkomendasikan oleh Syahbandar Utama Tanjung Priok dengan memperhatikan draft kapal, stopping distance, dan turning distance di sekitar alur pelayaran Pelabuhan Tanjung Priok menuju terminal/dermaga NewPriok Container Terminal.
Keluarnya rekomendasi keselamatan dan keamanan pelayanan, NPCT 1 siap untuk diperasikan secara full commercial. Nantinya terminal ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas peralatan bongkar muat generasi terbaru. Dimana saat ini di terminal tersebut telah terpasang peralatan bongkar muat Quay Container Crane sebanyak 6 unit type super post panama dengan produktivitas 27 s/d 30 Box/Crane/Jam dan Rubber Tyred Gantry Crane (RTG) telah terpasang sebanyak 10 unit. Terminal ini nantinya akan dilengkapi dengan 8 Unit Quay Container Crane dan 20 TRG dan 60 unit Terminal Trecker.
Disamping itu terminal ini juga dilengkapi dengan Information Communication Technology (ICT) dengan COSMOS SYSTEM. ICT yang diterapkan diterminal ini merupakan ICT yang tercanggih dan termodern, merupakan generasi terbaru dan pertama diterapkan di terminal NewPriok Container Terminal 1 untuk pengoperasian terminal.
Suparjo menambahkan, IT system yang digunakan di NPCT 1 terintegrasi dengan gate, bea cukai, dan karantina. “Jadi NPCT 1 dengan IT Sistem bias terkontrol dari Bea Cukai,” jelasnya.

DATA TERMINAL NEWPRIOK CONTAINER TERMINAL 1

• Container Berth : 3 Unit.
• Panjang Dermaga : 850 Meter (complete).
• Draft : 16 m approach channel (to-way) and 16 m alongside
• Luas Lapangan Penumpukan : 32 Ha.
• Kapasitas Daya Tampung : 1,5 Juta TEUs/Tahun.
• Fasilitas Peralatan.
* Container Crane : 8 Unit (saat ini yang telah terpasang unit)
(type super post panamx with long outreach of 23 rows). Maksimal produksi 27-30 Bok/Jam.
* Rubber Tyred Gantry Crane : 20 Unit (saat ini yang telah terpasang 10 unit).
* Mobile Tractor : 60 Unit.
* Reach Stacker : 1 Unit.
* Empty Container Handler : 2 Unit.

• Total ground slots (GS) 5.808 GS
* Reefer yard 198 GS.
* Dangerous Good Yard 80 GS.

• Fasilitas Terminal.
* Gedung Administrasi, workshop, gate in/out and fire station.
* Terminal operating system.
* Mechanical electrical.
* Fuel Station.
* Negerator Set.

• Infrastuktur.
* PLN Power Supply (complete)
* Common Gate (complete)
* Dredge to – 14 M (450 M complete)
* Dredge basin dia 700 M to – 14 M on progress)
* Dredge to – 16 M (850 M on progress)

• Land Access.
* Southern Access Road (complete)
* Eastern Access Road (2018-2020), entirely bypasses congestion on public road in Jakarta.

• Operating Partner: PT NewPriok Container Terminal 1.

Previous Post

Dibuka Direct Call dari Bitung & Balikpapan

Next Post

TPKS Targetkan Bongkar Muat 656 Ribu TEUs

Next Post

TPKS Targetkan Bongkar Muat 656 Ribu TEUs

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    2020, Kinerja Pelindo I Positif

    January 22, 2021
    Patroli PLP Evakuasi Kapal Great Marine

    Patroli PLP Evakuasi Kapal Great Marine

    January 22, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In