• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, May 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tarif Pelabuhan Batam Tak Berkiblat ke Kemenhub

oceanweek by oceanweek
August 27, 2018
in Berita Lain
Tarif Pelabuhan Batam Tak Berkiblat ke Kemenhub
396
SHARES
2.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pasca terbitnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 87 Tahun 2018 yang merupakan revisi dari PMK 148/2016, pengusaha (pelayaran) merespon positif.

BP Batam juga akan merevisi peraturan kepala (Perka) menyangkut tarif pelabuhan. Hal itu dilakukan seiring dengan direvisinya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 148/2016 tentang tarif layanan Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam.

“Sebelumnya dalam PMK 148, tarifnya sangat tinggi dan itu menurunkan daya saing Batam. Sekarang karena ada PMK baru maka BP bisa merevisi Perka 17/2016 tentang tarif dan jasa pelabuhan,” kata Ketua INSA Batam Osman Hasyim.

Namun, di dalam PMK 148 memang ada sejumlah pasal yang menghambat BP Batam dalam merevisi ulang tarif dan jasa pelabuhan.

Sementara itu, Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo mengatakan revisi PMK 148/2016 akan diterbitkan pada bulan September mendatang dan untuk Perka sudah direvisi jauh hari sebelumnya.
“Revisinya sudah lama keluar, tapi kami lihat lagi, makanya ada pertemuan kembali dengan pelaku usaha di pelabuhan,” kata Lukita.

DI tempat terpisah, Suparno, salah seorang fungsionaris INSA Batam kepada Ocean Week menyatakan, untuk pelabuhan Batam khususnya biaya-biaya kepelabuhanan berdasarkan Perka BP Batam dengan mereduksi PMK dari Kementerian keuangan.

“Jadi revisi tarif yang akan diberlakukan oleh BP Batam setelah Perka diterbitkan janjinya minggu ini. Selanjutnya Batam adalah pelabuhan bebas, jadi tidak mengikuti kiblat Kemenhub dalam penentuan tarif seperti pelabuhan lainnya diwilayah NKRI PP no 15 thn 2016,” ujarnya, per telpon Senin (27/8) sore.

Parno (panggilannya) juga menyatakan, apakah dengan adanya revisi PMK 148 akan berdampak pada turnnya cost logistic, itu relatif tergantung dari masing-masing managemen operasional Armada yang digunakan. “Untuk diketahui bahwa logistic rutin Singapore ke Batam atau sebaliknya, freight ditentukan oleh pelaku-pelaku freight forwarding di Singapore, sementara untuk domestik bisa di Jakarta atau Batam,” ungkapnya.

Dia mengungkapkan, untuk volume barang lebih banyak diexport ketimbang ke domestik mengingat Batam adalah Bonded Zone. “Selama ini kebutuhan sembako dan sebagainya didatangkan dari Tanjung Priok dan Belawan serta pulau terdekat di Batam,” ucap Parno.

Osman Hasyim mengaku, sebenarnya pihaknya sudah sangat lama menanti perubahan tersebut. Bahkan sempat berencana jika tidak keluar juga, pada akhir Agustus ini akan bertemu Menteri Keuangan.

PMK 148 sebenarnya sudah sangat bagus karena memberikan sejumlah kewenangan kepada BP Batam untuk menurunkan tarif di revisi Perka. Contohnya pengurangan tarif 20 persen.

Selama ini, tarif Batam jauh lebih mahal 12 kali lipat dibanding dengan tarif di Tanjung Pelepas Malaysia dan 285 persen bila dibandingkan dengan Singapura. Misalnya, di Pasir Gudang Johor, hanya mengenakan tarif USD 4.901,45 untuk kegiatan kapal 10 ribu GT di Terminal untuk kegiatan sendiri (TUKS) untuk 30 hari.

Tarif tersebut hanya untuk jasa Pandu dan Tunda. Di Tanjung Pelepas, Johor malah lebih murah, yakni sebesar USD 2.184,95. Sementara tarif di Port of Singapore hanya USD 9.243,26 untuk kegiatan yang sama.

Bahkan di ketiga pelabuhan tersebut tak ada tarif jasa labuh dan tambat. Sehingga tarif kegiatan disana lebih murah. Makanya INSA terus mendesak BP Batam agar bisa membahas tarif ideal untuk meningkatkan daya saing.

INSA Batam akan memberikan masukan kepada BP Batam dalam merevisi Perka 17. Masukan-masukan tersebut antara lain tarif tambat di TUKS atau Tersus tidak dipungut tarif tambat sesuai dengan PP 15/2016.

Kemudian melakukan diversifikasi tarif antara kapal niaga dan kapal bukan niaga. Pengenaan tarif khusus ferry. Tarif kapal rakyat ditiadakan dan menetapkan tarif yang bersaing dengan negara tetangga.

Sedangkan Lukita menyebutkan hasil revisi PMK 148 ini sudah mengevaluasi terhadap tarif jasa pelabuhan. “Jadi memang untuk tarif pelabuhan itu bukan seperti tarif lahan yang punya range, namun tarif pelabuhan itu sifatnya angka titik, nah ini yang menjadi kesepakatan kami dengan pelaku usaha,” ujarnya.
Oleh karena itu revisi PMK 148 memang membutuhkan waktu yang lama. Karena di sisi lain, pihaknya tidak ingin ada keluhan lagi dari pelaku usaha.
Lukita juga mengungkapkan, revisi PMK ini tidak semata-mata ingin mencari pendapatan, namun lebih dari itu untuk mendorong investasi di bidang kepelabuhanan. (***)
Previous Post

Pembangunan Patimban Mundur Lagi?

Next Post

2019, Enam Trayek Tol Laut akan Dilelang

Next Post
2019, Enam Trayek Tol Laut akan Dilelang

2019, Enam Trayek Tol Laut akan Dilelang

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5187 shares
    Share 2075 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2516 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

May 23, 2025

TPK SEMARANG

May 23, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In