• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, May 21, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

    Triwulan Pertama, Teluk Lamong Tangani 220.754 TEUs

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Pelabuhan Banten Pasti Bisa?

oceanweek by oceanweek
August 18, 2018
in Berita Lain, Uncategorized
Pelabuhan Banten Pasti Bisa?
379
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pelabuhan di Banten memiliki potensi besar sebagai pusat atau pintu gerbang kargo curah nasional baik curah kering dan curah cair. Apalagi hal ini didukung oleh kekuatan lokasi yang menghubungkan pulau Jawa dan Sumatera. Bahkan pelabuhan disini termasuk dalam haluan ALKI 1 Indonesia khususnya berbagai trafik internasional dari dan ke Selat Malaka dan Selat Singapura lewat Selat Sunda

Trafik kapal sekitar 3000-3500 unit per tahun, dengan jumlah terminal sekitar 143 terminal yang mana secara legal terdapat 54 TUKS dengan bidang usaha bahan kimia termasuk pupuk, bahan bakar minyak, gas (LNG/LPG), kargo umum, bahan galian C, pembangkit listrik, CPO, Biji besi, bahan pangan dan semen.

Kegiatan kemaritiman dengan volume kargo sekitar 80 juta ton ini per tahun ditangani oleh sekitar 80 perusahaan pelayaran dan 60 unit perusahaan PBM. Karena itu potensi ini tidak bisa dianggap sepele. Pemerintah mesti melakukan sesuatu untuk ini.

Untuk lebih jauh mengetahui bagaimana, apa yang terjadi, dan bagaimana yang mestinya dilakukan pemerntah kedepan, Ocean Week mencoba mewawancara Saud Gurning, pakar Maritim dari ITS Surabaya, baru-baru ini, berikut petikannya.

Anda melihat Banten memiliki potensi ekonomi yang cerah dan luar biasa?

Ya saya yakin itu. Apalagi sekarang Banten sudah memiliki fasilitas pelabuhan yang memadai. Ada sejumlah pelabuhan besar seperti Ciwandan, Cigading, Merak (termasuk Merak Mas). Serta rencana membangun Pelabuhan Warnasari dan juga Pelabuhan Bojanegara yang berpotensi untuk kembali dibangun. Berbagai pelabuhan dominan di Banten ini memiliki keunggulan atas kedalaman 16-22 meter yang mampu menangani kapal berdimensi besar. Di samping kedalaman, berbagai terminal di Banten memiliki ciri khas dermaga yang banyak dan terdedikasi untuk berbagai komoditas curah kering dan cair. Karenanya, berbagai pelabuhan di Banten kerap menjadi pilihan operasi direct route pengapalan impor produk curah ke Indonesia dengan kapal-kapal Post-Panamax dan Cape-size. Yang kemudian dilanjutkan dengan pola distribusi ke berbagai daerah di Indonesia dengan kapal Handy hingga Panamax.

Hinterland, dan infrastruktur pendukungnya, menurut Anda?

Kekuatan Banten di layanan perairan ini juga didukung oleh kekuatan kawasan industri yang cukup lengkap, tersebar di berbagai daerah (Pandeglang, Serang, Cilegon, Serpong hingga Tangerang) plus aksesibilitas jalan darat yang didukung jalan tol serta angkutan kereta api barang. Jadi, di samping kegiatan di dermaga yang baik, pelabuhan-pelabuhan di Banten didukung oleh operasi angkutan, inventori dan distribusi dari dan ke pelabuhan yang cukup lengkap.

Masalah operasional di pelabuhan Banten?

Untuk ini, ditemukan ada berbagai kendala operasional, teknis dan legal yang perlu menjadi perhatian penting bagi seluruh pemangku kepentingan maritim baik di Banten maupun nasional guna menjadikan Pelabuhan Banten sebagai pintu gerbang kargo curah nasional. Misalnya, ketidakjelasan dukungan tenaga kerja bongkar-muat; masih terbatasnya SDM yang berkompeten; legalisasi operasional Warnasari; masih dominannya pelaku perdagangan dari luar Banten khususnya Jakarta; hingga secara eksis penerapan kebijakan pembatasan ukuran dan berat truk darat (over dimension & over loading, ODOL) untuk angkutan darat. Serta masih belum saling mendukungnya operasi penanganan kargo curah baik dalam segment non-kontainer dan kontainer. Yang seharusnya bersinergi, dimana lewat kontainer untuk small-parcel dan non-kontainer untuk penanganan kargo bervolume tinggi.

Banten cukup gateway atau hub?

Untuk menjadi pusat atau pintu gerbang (gateway) hingga hub produk curah, maka pola operasi ahli-muat antar kapal atau transhipment perlu dipersiapkan dan diinisiasi khususnya untuk angkutan curah dengan kapal yang berdimensi lebih besar dari Cape-size atau Post-Panamax selama ini. Penciptaan kegiatan transhipment ini disamping perlu didukung oleh platform bisnis yang ditopang oleh kinerja dan biaya logistik yang baik, aspek pendanaan juga dukungan kebijakan pemerintah.

Jadi?

Untuk itu di masa mendatang, seluruh operator Pelabuhan di Banten perlu segera secara kolaboratif bersama pemerintah untuk segera menuntaskan isu TKBM (melalui pola kerjasama yang baik sambil mendorong dimungkinkannya operator TKBM yang baru non-koperasi di Banten); menyiapkan SDM kepelabuhanan yang kompeten dan handal di Banten; Pemerintah termasuk pemerintah daerah mendorong pelaku bisnis di Banten dapat memindahkan kegiatannya lebih di wilayah Banten ketimbang di luar Banten. Melalui berbagai kebijakan daerah yang lebih pro-bisnis usaha kemaritiman, logistik dan jasa kepelabuhanan. (ow)

Previous Post

Bidik Kelola Patimban, Pelindo II Telah Siapkan Rp 1 Triliun

Next Post

Satu Korban Selamat Musibah Kapal Bandeng Dievakuasi

Next Post
Satu Korban Selamat Musibah Kapal Bandeng Dievakuasi

Satu Korban Selamat Musibah Kapal Bandeng Dievakuasi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5186 shares
    Share 2074 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2515 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Pasca RTG Rubuh, Operasional TPK Bitung Tetap Jalan

Pasca RTG Rubuh, Operasional TPK Bitung Tetap Jalan

May 21, 2025

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

May 21, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In