• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Sunday, September 24, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

    Pangkalbalam Ditetapkan Sebagai Pelabuhan Zero Accident

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    BICT

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Untuk GoGreen, Jangan Main-main

oceanweek by oceanweek
February 5, 2021
in Berita Lain, Uncategorized
Untuk GoGreen, Jangan Main-main
362
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Pada awal tahun 2021 regulator pelayaran di pelabuhan Tanjung Priok, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok dan Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok secara bersama mencanangkan Priok GoGreen 2021.

Salah satu program yang diusung dalam visi Priok GoGreen 2021 adalah peningkatan partisipasi perusahaan pelayaran dalam mengikuti Manajemen Limbah Kapal Terpadu atau Ship Waste Management Pelabuhan Tanjung Priok.

Ini memang tak lepas dari keinginan pemerintah dan semua pihak menjadikan Priok sebagai pelabuhan berwawasan ramah lingkungan. Sebab, sampai saat ini Priok masih menyandang rapor ‘Merah’. Oleh karena itu, tekad merealisasikan green port Tanjung Priok sudah lah bulat.

Bagaimana dan apa sebenarnya program GoGreen tersebut. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai hal itu, Ocean Week pada Jumat (5/2/2021) siang, berhasil melakukan wawancara khusus dengan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok, Capt. Wisnu Handoko (WH), di kantornya. Berikut petikannya.

OW : selama ini setiap kapal harus menangani limbah kapal nya dengan benar, dan ini bukan hal baru, bahkan sudah banyak regulasi internasional seperti Marpol dan peraturan nasional dikeluarkan oleh Kementerian mengatur tentang perlindungan lingkungan maritim dari pencemaran dari limbah kapal. Komentar Bapak?

WH : Ya, sudah banyak peraturan yang mengatur tentang limbah kapal, namun konsistensi pelaksanaannya belum optimal. Masalahnya banyak terkait, culture, penegakan aturan, biaya, SDM, keterbatasan fasilitas penampungan, sinergi antar stakeholder dan lain-lain.

Tim melakukan pemeriksaan. (**)

OW : lalu apa yang membedakan antara Manajemen Limbah Kapal Terpadu dengan penerapan penanganan limbah sebelumnya.

WH : tentu berbeda, pertama ada komitmen bersama antara Syahbandar, Otoritas Pelabuhan, Pelindo II selaku BUP, INSA, APLI yang dituangkan dalam sebuah dokumen tertulis secara detail mengatur siapa mengerjakan apa, proses bisnis lebih jelas, didukung teknologi informasi Inaportnet PWMS, transparansi proses dan biaya.

OW : ada yang bilang ini mempersulit pihak perusahaan pelayaran, nambah biaya operasional kapal, berikut harus mengisi data secara online, masih diancam dengan sanksi lagi katanya sampai ditunda SPB dan dihold ijazah nahkoda atau KKM nya?

WH : Sebetulnya tidak sulit, menjadi sulit karena ada pihak tidak mau merubah culture, tidak mau transparan dan tidak mau belajar. Ini analoginya kayak punya gadget baru. Kalo hanya lihat saja, ga mau nyoba ya ga akan ada perubahan. Sebetulnya simple cuma 3 langkah utama, pertama, laporkan data limbah kapal dengan benar melalui inaportnet. Kedua, pastikan jika kapasitas penampungan limbah di atas kapal penuh, turunkan limbah tersebut di Tanjung Priok. Dan ketiga, isi dokumen administrasi bongkar muat limbah dari kapal ke transporter sampai ke penerima akhir limbah dengan benar. Karena kita akan diaudit bahkan surveilance dilakukan oleh pihak internasional terkait keseriusan kita.

OW : bagaimana cara Bapak mengubah culture tersebut, kan tidak mudah?

WH : Kami paham tidak mudah merubah culture, makanya strategi merubahnya bertahap. Mulai dengan membuat pilot project championship menggunakan 9 kapal yang dioperasikan oleh Temas Line, Meratus Line dan Pelni. Terima kasih untuk 3 perusahaan ini yang dengan ikhlas menugaskan 3 kapalnya berpartisipasi dalam pilot project manajemen limbah kapal.

OW : bisa dijelaskan yang dilakukan dalam pilot Project tersebut?

WH : Yang kami lakukan dalam pilot project ini adalah memberikan pembinaan dan pembimbingan kepada pelayaran, keagenan dan crew kapal untuk melakukan 3 hal tadi dengan benar. Kalau salah dikoreksi, dikasih tahu, dan alhamdulillah 3 perusahaan ini cukup kooperatif.

OW : katanya ada sanksi, maksudnya apa?

WH : tentang sanksi terhadap pelanggaran, tidak perlu didramatisir, ini bukan mencari kesalahan tapi lebih cenderung membimbing untuk berubah melalui mekanisme inspeksi, peringatan/teguran dan memperbaiki komitmen personil di perusahaan dan kapal. Kalau SPB ditunda dan ijazah dihold itu kan kalau sudah kebangetan, ditegur, diingatkan sampai 2x ga mau berubah. Bahkan secara sengaja dilanggar dengan bukti pelanggaran yang nyata diperoleh.

OW : untuk biayanya bagaimana Capt?

WH : mengenai biaya penanganan limbah secara khusus pemerintah tidak mengatur atau menetapkan. Ini diserahkan mekanisme B to B, namun kami minta dari BUP dan asosiasi terkait dalam hal ini Pelindo II, INSA dan APLI ada semacam biaya yang disepakati dan bisa digunakan sebagai acuan yang wajar, dan masih bisa dilakukan negosiasi jika perlu, jika volume limbah besar, jika perlu ada diskon ya jika yang rajin menurunkan limbahnya. Dan Syahbandar minta ini disosialisasikan secara transparan kepada pengguna jasa.

OW : kalau semua kapal yang masuk Priok membuang limbah, apakah Pelindo II dan anggota APLI mampu menangani semua jenis dan volume yang besar limbah terwebut ?.

WH : dari data yang kami peroleh, dengan Fasilitas Penerima RF yang ada saat ini okupansi nya belum maksimal, tapi kami sudah minta ke anggota APLI untuk menyediakan RF tambahan jika nanti meningkat jumlah limbah kapal yang akan diturunkan. Dengan adanya manajemen limbah kapal terpadu.

Limbah kapal. (**)

OW : saya dengar petugas Syahbandar Priok sudah 2 minggu ini mulai melakukan inspeksi di 9 kapal yang ikut dalam pilot project ini?

WH : Ya benar, sesuai dengan yang kita sepakati bersama dalam acara pencanangan manajemen limbah kapal terpadu di atas kapal Pelni tanggal 20 November 2020. Bahwa kita sepakat menerapkan manajemen limbah kapal terpadu. Seperti hari ini Jumat 5 Pebruari kami mengajak OW utk melihat bersama bagaimana petugas syahbandar yang tergabung dalam Tim Laut Bersih mengadakan inspeksi limbah di atas kapal KM. Strait Mas milik Temas Line. Tim datang dengan surat tugas resmi dipimpin oleh Pak Dian Perdana dengan anggota Devi, Cecep, Rifai dan Kusdianta mereka naik ke kapal dengan membawa data laporan limbah yang diunggah di Inaportnet PWMS. Ketika kapal sandar di dermaga 212, jam 14.00 kami mulai lakukan inspeksi dengan melihat Oil Record Book, Garbage Record Book dan Sewage record nya, mengukur ullage tanki sludge,  penampungan sampah. Tim kami juga minta ijin dan otorisasi dari nakhoda untuk melihat dokumen terakhir pembongkaran limbah kapal dimana, diterima oleh perusahaan transporter yang resmi dan memiliki ijin usaha pengelola limbah.

OW : apa ada temuan dalam inspeksi itu?

WH : dari hasil inspeksi ini jika ditemukan ketidaksesuaian tim akan mencatat mengambil dokumentasinya untuk selanjutnya dibahas bersama dg desk PIC limbah yg terdiri dari Kantor Syahbandar, OP dan Pelindo II dg saksi dari APLI dan INSA Jaya. Lalu kita berikan surat peringatan.

OW : Sampai kapan Pilot Project berakhir dan apa targetnya ?

WH : kami targetkan sampai akhir maret atau 3x kapal masuk ke Priok. Tujuannya agar kami juga bisa melatih para petugas melakukan inspeksi dengan benar dan menyiapkan fasilitas RF yang dikelola oleh Pelindo II dan anggota APLI sekaligus membuat instrument evaluasi agar lebih valid. Juga memberikan kenyamanan dan tidak mengganggu iklim kondusif bagi pelaku usaha pelayaran maupun tekanan berat bagi crew kapal yang sudah bekerja stressfull.

OW : berikutya ?

WH : Setelah pilot project ini berakhir masuk pada tahap berikutnya pemberlakuan bagi seluruh kapal yang on dan out bound Tanjung Priok. Lalu tahap berikutnya membangun kolaborasi dengan para Syahbandar di pelabuhan asal dan tujuan dari/ke Tg Priok dengan melakukan diseminasi tahapan yang sama dengan yang dilakukan di pelabuhan Priok.

OW : Bapak yakin strategi ini berhasil ?

WH : Inshaa Allah berhasil, oleh karena itulah mengapa dalam banding ship waste manajemen ini menggunakan logo bertuliskan COACH = CLean Ocean Act by Collaboration and Harmonize. Karena kami tidak sendiri, kami bersama siapapun yang mendukung laut Indonesia bersih. (**)

Previous Post

IPC Salurkan Rp 520 Juta untuk Korban di Mamuju

Next Post

Prokes Bagus, Menhub Minta Semua Mendukung Pembangunan Pelabuhan Baru di Ambon

Next Post
Prokes Bagus, Menhub Minta Semua Mendukung Pembangunan Pelabuhan Baru di Ambon

Prokes Bagus, Menhub Minta Semua Mendukung Pembangunan Pelabuhan Baru di Ambon

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3348 shares
    Share 1339 Tweet 837
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2410 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1487 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1471 shares
    Share 588 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

September 24, 2023
Glory Apresiasi Service Tanjung Priok, Pelabuhan Ini ‘The Best’

Glory Apresiasi Service Tanjung Priok, Pelabuhan Ini ‘The Best’

September 23, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In