Direktur SDM dan Umum PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) atau Pelindo 1 , M. Hamied Wijaya mengungkapkan, transformasi yang telah dan sedang dilakukan manajemen Pelindo 1 sudah membawa banyak perubahan, khususnya di bidang SDM.
“Implikasinya, tidak hanya kinerja keuangan perusahaan yang meningkat, tetapi produktivitas pegawai dan indeks kepuasan pegawai juga mengalami peningkatan,” jelas Hamied pada acara Great People Development Program (GPDP) PT Telkom Indonesia, yang bertempat di Telkom Learning Area Sumatera.
Hamied menjelaskan bahwa dalam proses transformasi ada tiga hal yang harus dilakukan, yang pertama melakukan pekerjaan dengan lebih baik, tepat, cepat dan efisien, kedua fokus pada bisnis model dan ketiga mengubah strategi bisnis perusahaan. “Untuk menjamin keberhasilan proses transformasi ini, dibutuhkan leader/SDM yang memiliki karakter kepemimpinan yang mampu menjalankan peran dan fungsinya sebagai pemberdaya, perintis, penyelaras dan panutan,” ujarnya.
Beberapa transformasi pengelolaan SDM di Pelindo 1 telah dilakukan yaitu seperti adanya automatisasi proses administrasi SDM, pengelolaan SDM berbasis kinerja dan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dengan penguatan kedisiplinan pegawai, internalisasi dan implementasi nilai-nilai budaya perusahaan yang membawa perbaikan pada proses bisnis layanan, dan pembentukan change agent di masing-masing unit kerja.
“Transformasi organisasi dan pengelolaan SDM di Pelindo 1 telah dimulai sejak tahun 2014 dan telah memberikan dampak positif secara langsung pada peningkatan produktivitas pegawai dan juga peningkatan pada indeks kepuasan pegawai, menjadi 3,63 di tahun 2015 (skala 5) dibanding tahun 2014 sebesar 3,4,” kata Hamied. (pl1/ow)