Dermaga TPK Pontianak Kalimantan Barat sedang ada dua kapal yang melakukan bongkar muat petikemas.
Pagi menjelang siang hari Kamis (2/11) ini, pelabuhan Dwikora Pontianak tak begitu panas menyengat, karena awan mendung tengah menyelimuti wilayah ini.
Saat ocean week bersama tim IPC TPK menyambangi aktivitas bongkar muat kapal SPIL Retno tujuan Jakarta sudah hampir selesai.
“Kapal SPIL Retno ini sandar dari kemarin dan membongkar 347 box, muat 310 box,” ujar Yoca Vita Putra, Asisten Perencanaan Pengendalian dan Operasional Area TPK Pontianak kepada pers, di Pontianak, Kalbar, Kamis (2/11).
Menurut Yoca, pelayaran SPIL ada kontrak per Minggu 2 call, sehingga dalam satu bulan 8 call.
Selain kapal SPIL Retno, Ada juga kapal Intan Daya 15 milik Samudera Indonesia, yang juga sedang bongkar muat petikemas di dermaga IPC TPK Pontianak.
Untuk Samudera Indonesia, per Minggu hanya 1 kapal, sehingga per bulan ada 4 kapal, meski begitu, Samudera Indonesia ada extra call.
Kedua kapal tersebut, ungkap Yoca, rutin layani Jakarta-Pontianak (PP).
“Di Pontianak, selain kedua pelayaran itu, juga ada kapal-kapal Tanto. Per Minggu ada 3 call, sehingga per bulan mencapai 12-an call,” katanya.
Seperti diketahui bahwa Area TPK Pontianak pada tahun 2023 ini ditarget bisa menangani petikemas sebesar 224.911 box dan 268.326 TEUs.
Sedangkan realisasi selama tahun ini hingga Oktober baru tercapai 170.046 box dan 204.720 TEUs.
IPC TPK area Pontianak, selain melayani rute domestik Jakarta-Pontianak, juga melayani rute Pontianak-Singapore. Layanan ini oleh PT Pelayaran Sukses Sindo Damai dengan agen pelayaran PT Putra Segara Mandiri.
Selain itu ada pelayaran Segara Mitra Abadi. Untuk yang Pontianak-Singapura, sesuai kontrak per Minggu ada satu kapal.
Diharapkan layanan internasional ini dapat menambah aktivitas ekspor yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi di wilayah Pontianak dan provinsi Kalimantan Barat.
Area TPK Pontianak juga sudah online sistem, seperti TOS Nusantara yang dilaunching pada September 2023. Ada juga E-Service, Auto Gate dan sebagainya. “Semua itu untuk memberikan kenyamanan bagi pengguna jasanya,” kata Yoca.
Kata Yoca, bagi IPC TPK area Pontianak akan terus berusaha untuk memberikan layanan terbaik bagi pengguna jasa. (**)