Tol Trans-Jawa sepanjang 661 kilometer dapat tersambung pada 2018 karena pembebasan lahannya secara keseluruhan sudah 91%.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjawab pers usai rapat percepatan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol bersama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, mengatakan progres ruas tol Trans Jawa yang belum tersambung saat ini yakni ruas Batang-Brebes-Semarang, sepanjang 152 km dan pembebasan lahannya telah mencapai 91 persen dan tinggal memproses pencairan pembayaran sehingga dua minggu ke depan akan rampung 100%.
Sementara ruas tol Semarang-Salatiga dan Salatiga-Solo sudah 100% pembebasan lahannya. Ruas tol Solo-Kertosono-Ngawi sepanjang 180 km ditargetkan pembebasan lahannya akan selesai pada Februari ini.
Sedangkan untuk pembangunan Tol Trans Sumatera, ungkap Menteri Basuki, progresnya sudah mencapai 62%, sehingga pada 2017 ini sebagian ruas tol sudah dapat dioperasikan.
“Bakauheni-Terbanggi Besar mudah-mudahan sudah dapat dioperasikan 2017 ini. Palembang-Indralaya bisa dioperasikan Juni ini, Medan-Binjai akan dioperasikan juga 2017 ini. Kemudian kita juga sudah mulai kerjakan ruas Pekanbaru-Dumai,” ujar Menteri Basuki.
Menteri Basuki mengaku sangat terbantu dengan adanya dana talangan dari Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) yang terserap untuk proyek jalan tol hingga Desember 2016 sebesar Rp15,75 triliun.
“Untuk di 2017 dana talangan LMAN sebesar Rp20 triliun yang dialokasikan untuk tol sebesar Rp13 triliun, sementara sisanya untuk pelabuhan, kereta api dan lainnya,” ungkapnya.
Dengan adanya tol yang tersambung itu, arus barang dari dan ke pelabuhan akan terintegrasi dengan mudah, sehingga integrasi pelabuhan satu dan yang lain dapat tersambung lewat darat. Misalnya jarak tempuh dari pelabuhan Semarang ke Surabaya bisa lebih cepat, begitu pula Panjang-Medan. (**)