• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, February 26, 2021
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

    Pelabuhan di China Kongesti, Kenapa Ya ?

    Pelabuhan di China Kongesti, Kenapa Ya ?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Era Baru Tanjung Emas Semarang Dimulai

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    Akibat Corona, Pelabuhan Tanjung Balai Asahan Lesu

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    IPC Fokus Pada Program Strategis, Apa Saja Ya…

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    2024, Aktivitas BM di Terminal Makassar Pindah ke MNP

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Budi Karya, Presiden Minta Tanjung Carat Segera Dibangun

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Pelindo I Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Kuala Tanjung

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Layanan di Pelindo IV Tetap Lancar, Meski Ada Covid-19

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

    Pembangunan Warnasari Cilegon Butuh Rp. 24 T

    Pelabuhan di China Kongesti, Kenapa Ya ?

    Pelabuhan di China Kongesti, Kenapa Ya ?

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Tol Laut Terus Dikembangkan

oceanweek by oceanweek
February 23, 2021
in Berita Lain, Uncategorized
Tol Laut Terus Dikembangkan
336
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Program tol laut masih dinilai positif, bukan saja berhasil menurunkan disparitas harga barang antara wilayah Indonesia timur dan bagian barat, namun juga mampu menumbuhkan perekonomian masyarakat pada wilayah yang disinggahi tol laut.

Oleh karena itu pemerintah terus menambah trayek tol laut. Jika pada 2020 masih 26 trayek, namun di tahun 2021 ditarget menjadi 21 trayek.

Pada awal tahun 2021, Kabupaten Merauke melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Merauke telah mengawali dengan dibukanya tol laut trayek T-19 yang melakukan pengiriman bahan pokok penting dari utara Papua ke selatan Papua.

Menurut Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Perhubungan Laut Kemenhub Capt. Antoni Arif Priyadi, penambahan rute baru tol laut dengan kode T-19 di Papua yang dilayani oleh penugasan kapal milik PT Pelni yaitu Kapal Logistik Nusantara 2.

Rute T19  melayari Merauke, Kokas, Sorong, Korido dan Depapre. “Disamping dalam rangka implementasi Inpres no 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan wilayah Papua dan Papua Barat juga menghubungkan antara pulau Papua Bagian Selatan dan utara yang belum pernah ada,” kata Capt. Antoni kepada Ocean Week, Selasa.

Selain itu untuk rute baru 2021, yakni T.20 Tanjung Perak – Tarakan adalah Rute yang mendukung jembatan udara dan wilayah food estate di Kalimantan Utara.

Sementara T 21, Tanjung Perak – Namlea adalah dalam rangka efektifitas dan efisiensi peralihan dari operasional kapal ke penitipan muatan mengingat muatan sudah banyak dan sudah ada pelayaran komersil yang bersedia melayani wilayah tersebut.

Lalu tol laut H 3 Tanjung Priok – Teluk Bayur adalah rute dalam rangka efisiensi dan efektifitas karena sebelumnya banyak kendala dikarenakan ukuran kapal yang relatif kecil sehingga untuk muatan dari dan ke Jakarta ke dan dari wilayah 3 TP di barat Sumatera akan transhipment di Teluk Bayur.

Antoni juga menyatakan bahwa keberhasilan tol laut yang dijadikan sebagai tolok ukur utama untuk kementerian perhubungan adalah konektivitas  dari 2016 jumlah 6 trayek pada awalnya  dan 2020 menjadi 26 trayek serta 2021 menjadi 30 trayek.

“Di samping itu pelabuhan singgah karena makin banyak pelabuhan baru yang di singgahi makin baik sebagai implementasi ship promote the trade dan mendorong pertumbuhan ekonomi di pelabuhan pelabuhan baru. Tahun 2020 terdapat 100 pelabuhan singgah maka 2021 menjadi 103 pelabuhan singgah,” ujarnya.

Sedangkan jumlah kapal dari 2016 hanya 6 yang beroperasi menjadi berjumlah 30 kapal yang beroperasi di tahun 2021. Untuk  muatan tolak ukur yang di kerjakan bersama kementerian lembaga adalah  jumlah muatan dari 2016 awalnya hanya 81.404 ton tahun 2020 menjadi 362.560 ton.

Ada beberapa wilayah yang disinggahi kapal tol laut dan muatannya sudah cukup baik antata lain rute T 10 , T15 , T 17,  dan T4.

Capt. Antoni juga menyatakan bahwa selama ini wilayah Indonesia timur mengalami disparitas harga yang cukup tinggi. Hal itu disebabkan oleh tingginya biaya distribusi logistik dari daerah produsen ke daerah tersebut.

Antoni berharap kehadiran trayek baru pada 2021 ini menjadi sarana untuk memasarkan produksi lokal berupa hasil pertanian atau perkebunan serta hasil perikanan untuk diangkut melalui kapal ini ke tujuan pasar yang lebih menguntungkan.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, daerah yang dilewati tol laut telah menikmati penurunan harga barang antara 20-30 persen.

Direktur Lala Hubla juga menceritakan kembali, bahwa awalnya rute tol laut hanya dua trayek pada tahun 2015. Seiring berjalannya waktu, trayek terus bertambah yakni enam trayek baru pada 2016, dan bertambah lagi menjadi 13 trayek pada 2017.

Kemudian, pada 2018 jumlahnya bertambah lagi menjadi 18 trayek, pada 2019 menjadi 20 trayek dan 2020 naik menjadi 26 trayek, serta tahun 2021 jadi 30 trayek. (**)

Previous Post

TPK PALARAN

Next Post

GeNose Akan Diterapkan di Tanjung Priok

Next Post
GeNose Akan Diterapkan di Tanjung Priok

GeNose Akan Diterapkan di Tanjung Priok

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3186 shares
    Share 1274 Tweet 797
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1515 shares
    Share 606 Tweet 379
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1393 shares
    Share 557 Tweet 348
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1373 shares
    Share 549 Tweet 343
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    1217 shares
    Share 487 Tweet 304

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

Rp. 150 Juta, Bantuan Kemanusiaan Pelindo III Untuk Korban Banjir Pekalongan

Rp. 150 Juta, Bantuan Kemanusiaan Pelindo III Untuk Korban Banjir Pekalongan

February 26, 2021
33 Tahun, Benarkah PPLP Semakin Tangguh?

33 Tahun, Benarkah PPLP Semakin Tangguh?

February 26, 2021

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In