DPW Asosiasi Logistik dan Forwarding Indonesia (ALFI/ILFA) Jawa Tengah (Jateng) & DI Yogjakarta, pada Selasa (7/5/2024) lalu, bertempat di Resto Kampung Laut, menyelenggarakan Rapat Pimpinan Wilayah (Rapimwil) dan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY.
Acara dibuka langsung oleh Kepala KSOP Kelas 1 Tanjung Emas Semarang Drs. Herwanto.
Menurut Ketua ALFI Jateng & DI Yogjakarta Teguh Arif Handoko, SE, MSi, CPFFL bahwa Rapimwil dan Rakerwil ini untuk pertama kalinya dilaksanakan selama kepemimpinannya yang sudah berjalan kurang lebih satu tahun.
“Kegiatan ini merupakan pemenuhan kewajiban yang diamanatkan AD/ART Organisasi ALFI/ILFA,” ujarnya kepada Ocean Week, kemarin.
Rapimwil DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY dihadiri Seluruh Dewan Pengurus Wilayah, Dewan Penasehat, Dewan Pengurus Cabang Cilacap, Pimpinan Kantor Perwakilan Solo Raya serta Pimpinan Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kata Teguh, Rakerwil DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY selain dihadiri Seluruh Dewan Pengurus Wilayah, Dewan Penasehat, Dewan Pengurus Cabang Cilacap, Pimpinan Kantor Perwakilan Solo Raya dan Pimpinan Kantor Perwakilan Daerah Istimewa Yogyakarta juga dihadiri mayoritas anggota aktif DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY.
Selain itu, hadir pula dari Dinas Perhubungan Jawa Tengah, KADIN Prov Jateng, KPPBC Tanjung Emas, GM Terminal Petikemas Semarang, GM Pelindo Regional Jateng & DIY, Kacabjari Tanjung Emas, Biro Klasifikasi Indonesia, Kanwil Direktorat Pajak Jawa Tengah, serta asosiasi terkait di lingkungan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan Jawa Tengah.
Rakerwil DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY kali ini mengusung Tema “Peningkatan Kualitas SDM Menuju Digitalisasi Logistik”.
Dalam rangkaian acara Rakerwil, digelar juga FGD tentang Perpajakan Khususnya untuk Bisnis Logistik dan Jasa Pengurusan Transportasi (JPT) dengan narasumber dari Kanwil Direktorat Pajak Jawa Tengah. “Kami berharap dengan kegiatan FGD ini seluruh anggota DPW ALF/ILFA Jawa Tengah & DIY bisa lebih tertib administrasi utamanya pada hal perpajakan,” ungkap Teguh.
Selain itu, jelasnya, agar terjadi pemahaman yang seragam antar semua pelaku usaha anggota DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY dalam memenuhi kewajiban perpajakannya.
Secara Internal, rapat menghasilkan kesepakatan semua anggota untuk memberikan update informasi aktual dari usahanya, meningkatkan SDM karyawannya sesuai kompetensi yang dibutuhkan dan terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pelaku usaha bidang logistic anggota DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY dengan memanfaatkan teknologi informasi menuju era digital.
Dengan semua kegiatan diatas diharapkan anggota DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY bisa lebih tertib administrasi dan memberikan informasi detail tentang usahanya sehingga memungkinkan kolaborasi ini tidak hanya antar anggota DPW ALFI/ILFA Jawa Tengah & DIY namun juga kolaborasi dengan DPW ALFI/ILFA Provinsi lain karena telah siap menjadi Perusahaan yang sehat dan akuntabel.
Hal ini menjawab tantangan dari ALFI/ILFA dengan tag line terbaru ALFI Incorporated. (**)