• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, September 29, 2023
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Semester 1, Pendapatan Cosco Shipping Turun 15,4%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    Pendapatan Kuartal 1 ICTSI Naik 10%

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    OOCL Perkenalkan Kapal ke-4 Miliknya Kapasitas 24 Ribu TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    MSC Kembali Hadirkan Kapal Raksasa 24.116 TEU

    Volume Menurun, 2M Memutuskan Tokyo Dari Layanan TP8

    Akhir Juli, Maersk Berencana Naikkan Tarif 49%

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Dalam 22 Bulan, MSC Ukir 5 Juta TEUs

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Pelayaran Tamarin Samudera Bidik Pendapatan US$ 14,7 Juta

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    Evergreen Berencana Bangun 2 Lusin Kapal 16 Ribu TEUs

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

    MSC Lakukan Perubahan Layanan String 1 GULF dan SAEC

  • Port
    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Perlu Dikeruk, Pelabuhan Tanjung Pandan Butuh Sentuhan

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    Selama 10 Tahun, Singapura Tetap Teratas

    SPTP Prioritaskan Transformasi Operasional, Hasilnya Top

    Pelabuhan di Tiongkok Sudah Tangani Petikemas 176,2 juta TEU

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Penjaspel Berharap Perhubungan Segera Keluarkan Ijin Operasi KCN Marunda

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Layanan Lebih Baik, Kinerja Pelindo 4 Positif

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    Dari 151 Pelabuhan, 45 Sudah Terapkan Inaportnet

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    PTOS-M Standarisasi Pelayanan di Pelabuhan Makassar

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    KCN Beroperasi Kembali Dengan Wajah Baru, Penjaspel Komit Mendukung..

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

    Diperkirakan Tangani 40 Juta TEU, SPG Percepat Pembangunan Cluster Pelabuhan di Tiongkok

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    BICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Penerbitan SPB di Tanjung Redeb, Tak Ada Urusan Harus Lapor Polisi

oceanweek by oceanweek
October 26, 2020
in Port, Uncategorized
Penerbitan SPB di Tanjung Redeb, Tak Ada Urusan Harus Lapor Polisi
480
SHARES
2.8k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Keprihatinan pelayaran di Tanjung Redeb Berau Kalimantan Timur mengenai Nota kesepahaman antara Kemenhub RI dengan Kepolisian RI no. HK 202/13/DJPL/2020, no. NK /21/2020 tentang Pelaksanaan Penegakan Hukum di bidang Pelayaran, karena dalam implementasinya dirasakan merugikan pelayaran, dibantah pihak KUPP Tanjung Redeb.

KUPP Tanjung Redeb tak ada urusan dengan penerbitan SPB harus melapor terlebih dulu ke kepolisian.

“Dalam penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB), di Kantor UPP Kelas II Tanjung Redeb adalah berpedoman kepada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM.82 tahun 2014 tentang tata cara penerbitan SPB, yakni Adanya Master Sailing, Dokumen kapal, dokumen crew, muatan dan penumpang. Lalu Adanya Crew List, Pelunasan pembayaran penerimaan negara bukan pajak ( PNBP). Jika semua perihal tersebut diatas telah terpenuhi, maka Surat Persetujuan Berlayar (SPB), dapat diproses lanjut untuk penerbitannya. Jadi sama sekali tidak ada kaitannya dengan MOU Polri-DJPL,” bantah Capt Sukriadi, petugas kesyahbandaran (UPP kelas II Tanjung Redeb) kepada Ocean Week, Senin malam (26/10).

Menurut Capt. Sukriadi, pihaknya dalam melaksanakan tugas selalu berpedoman kepada Norma, Standard, Prosedur dan Kriteria (NSPK) serta ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Kami mendorong peningkatan Pelayanan Publik dengan Standard Operasional Prosedur (SOP) guna mencapai peningkatan pelayanan yang maksimal. Tidak ada kaitan penerbitan SPB, untuk lapor ke Polres,” ungkap Sukriadi.

Sebelumnya, dalam berita Ocean Week menyebutkan bahwa Nota kesepahaman antara Kemenhub RI dengan Kepolisian RI no. HK 202/13/DJPL/2020, no. NK /21/2020 tentang Pelaksanaan Penegakan Hukum di bidang Pelayaran, memperoleh kritik negatif dari para pelaku pelayaran, karena dalam implementasinya dirasakan merugikan pelayaran.

“Kecurigaan kita mungkin karena MOU ini. Polisi sampai naik-naik kapal mengecheck document kapal dan manifest muatan?. Ijin berlayarpun dikondisikan harus lapor Polres? baru KUPP beri SPB? ini laporan dari anggota-anggita kita. Sejak kapan SPB harus seperti itu,” kata Hasanul Batubara (Ketua DPC INSA Berau Kaltim) kepada Ocean Week menjawab melalui WhatsApp nya, Minggu sore.

Hasanul Batubara menyatakan kalau hal itu merupakan laporan dari para pemilik kapal dan pemilik barang khususnya komuditas kayu, besitua, dan CPO.

“Kejadiannya sejak KUPP yang baru ini. Saya sudah minta mereka (pelayaran) buat laporan tertulis ke kita (INSA Berau),” ujarnya.

Ketika masalah ini Ocean Week konfirmasikan kepada Dirjen Perhubungan Laut R. Agus Purnomo, melalui WA nya, hingga tulisan ini dibuat belum memperoleh jawaban.

Sementara itu, Capt. Zaenal Hasibuan (pelaku bisnis pelayaran) mengaku sangat prihatin dengan kejadian tersebut. “Dengan adanya MOU Hubla & Polri, kebetulan yang nandatangani MOU tersebut sekarang jadi Polda Kaltim. Kasihan anggota-anggota kita kapal-kapak diperikasai Polri, baik Polres maupun Polda,  ujung-ujubgnya pemilik kapal dan TUKS di BAP di Polres,” ungkap Zaenal melalui WA-nya kepada Ocean Week, Minggu malam.

Zaenal mengemukakan, karena kondisi ini, ujung-ujungnya owner TUKS dan Ships owner terpaksa harus silaturahmi dengan Kapolres (Polda)?. “Mereka lapornya kekita (INSA) juga sebagai ketua Forum dan DPC INSA karena di Berau belum ada Assosiasi TUKS,” kata Zaenal mengutip omongan Hasanul Batubara.

Atas keluhan tersebut, katanya, KUPP di Tanjun Redep tiga hari lalu sudah dipanggi oleh ketua DPRD untuk dimintai penjelasannya.

Hasanul juga masih belum memberikan informasi lebih detil kepada Ocean Week mengenai masalah ini, karena dia berjanji akan memberi informasi setelah mendapat laporan dari sekretariat DPC INSA Berau.

“Ada baiknya kalau Menhub juga mengetahui soal ini, pelayaran selama ini sudah cukup berat dengan kondisi dan situasinya, ini malah ditambah masalah lagi,” keluh Hasanul.

Sedangkan DR. Umar Aris, staf ahli Kemenhub melihat kebijakan MOU yang dibuat ini masih relatif aman dari persfektif Hukum, namun DJPL harus tetap Waspada dan Sungguh-sungguh mendengar masukan-masukan terutama pelaku operator di lapangan akan dampaknya suatu kebijakan dilapangan.

“Yang tau persis ya kawan-kawan di lapangan ( wajib didengar) sepanjang di dukung data, fakta dan kenyataan dengan bukti-bukti ( bukan asumsi atau baru kekhawatiran-kekhawatiran dan boleh juga. Saya katakan aman MOU bukan peraturan perundang-undangan, dia dikacamata hukum tidak lebih NOTA KESEPAHAMAN, SALING DUKUNG, SALING PENGERTIAN DAN SINERGITAS dari pertukaran data, kerjasama operasi, tukar menukar informasi serta SINERGI DAN KOLABORASI POSITIF dua instansi ini. Karena hanya MOU, maka dalam pelaksanaan operasionalnya dia tetap tunduk pada peraturan perundang-undangan yang ada untuk Pelayaran ( UU 17/ 2008, PP dan permenhub peraturan pelaksanaanya). Makanya perlu sosialisasi bersama antara Polri dan DJPL, pesertanya juga unsur Polri dan DJPL untuk mendengar langsung maksud tujuan MOU ini supaya ada pemahaman bersama, tidak menafsirkan masing-masing,” kata Umar panjang lebar.

Untuk diketahui dalam bab VII Nota Kesepahaman tersebut disebutkan, para pihak (Polri-DJPL) sepakat melakukan monitoring dan evaluasi terkait pelaksanaan nota kesepahaman ini secara bersama-sama dan berkala paling sedikit 2 kali dalam setahun atau secara insidentil sesuai kebutuhan dan berdasarkan kesepakatan para pihak.

“Kalau memang bisa ya evaliasi, kalau perlu dibatalkan saja MoU tersebut, karena telah membuat keresahan pelayaran,” kata Capt. Zaenal. (***)

Previous Post

Desember, Soft Launching Patimban

Next Post

Cuaca Ekstrim, Hubla Keluarkan Maklumat Pelayaran

Next Post
Priok Menyusul Perak, SSm & Joint Inspection Bisa Turunkan Cost Logistik

Cuaca Ekstrim, Hubla Keluarkan Maklumat Pelayaran

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    3351 shares
    Share 1340 Tweet 838
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2411 shares
    Share 964 Tweet 603
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    1636 shares
    Share 654 Tweet 409
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    1488 shares
    Share 595 Tweet 372
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    1473 shares
    Share 589 Tweet 368

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

BICT

September 29, 2023

PT MUSTIKA ALAM LESTARI

September 29, 2023

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In