• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Saturday, January 16, 2021
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    Jika Tuas Singapura Full Beroperasi, Indonesia Bagaimana..

    Jika Tuas Singapura Full Beroperasi, Indonesia Bagaimana..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Jalan di Pelabuhan Marunda Rusak Parah, KBN Siap Perbaiki

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Pelindo IV Beri Stimulus ke Pengguna Jasa Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Batam Fokus Kembangkan Pelabuhan

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Tak Perlu Bandingkan Patimban Dengan Shanghai dan Singapura, Karena..

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Pembangunan MNP Rampung 2022, Kini Mencapai 63,75%

    Presiden Resmikan Patimban, 140 Mobil Diekspor ke Brunei

    Pelindo III Ditugasi Operasikan Patimban, Kenapa Bukan IPC…

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    IKT Jadikan Patimban Complementer

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    BUP Delta Sambut Baik, Pemkot Probolinggo Akan Bentuk BUMD Pelabuhan

    Jika Tuas Singapura Full Beroperasi, Indonesia Bagaimana..

    Jika Tuas Singapura Full Beroperasi, Indonesia Bagaimana..

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Patimban, Bisakah Beroperasi di 2020

oceanweek by oceanweek
September 4, 2020
in Port, Uncategorized
Patimban, Bisakah Beroperasi di 2020

Dermaga car terminal Patimban. (**)

374
SHARES
2.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kementerian Perhubungan terus berupaya menggenjot penyelesaian tahap pertama pembangunan pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat, supaya target beroperasi secara terbatas pada akhir tahun 2020 terlaksana.

Kepala KSOP Patimban Anwar menyatakan bahwa targetnya awal November 2020 untuk paket 1 sudah selesai.

“Kemungkinan di extend (diperpanjang) khususnya untuk container terminal, tapi belum diputuskan berapa lamanya extend,” kata Anwar kepada Ocean Week, Kamis sore (3/9).

Anwar membenarkan kalau pembangunan pelabuhan untuk paket 1 yakni Car Terminal dan Container Terminal pada November bisa rampung.

Namun, pada waktu hari Kamis (3/9) reporter Ocean Week berkesempatan menyambangi secara langsung ke pelabuhan Patimban, melihat jika pembangunan penyelesaian dermaga car dan dermaga petikemas terus dikebut.

Para pekerja tampak tak kenal lelah melakukan pekerjaannya secara bergiliran selama 24 jam full. Meski terik matahari sangat menyengat badan, mereka tak mempedulikannya.

Ketika ocean week diajak keliling oleh tim dari KSOP maupun pihak PUPR untuk melihat semua progres pembangunan pelabuhan, mulai dari jalan akses hingga dermaga maupun fasilitas lainnya, terlihat bahwa geliat pembangunan terus berlangsung.

Dermaga car terminal patimban, gambar diambil pada Kamis (3/9).

Ketika sampai ke pinggir dermaga car terminal, para pekerja tampak sedang mengerjakan sisa fasilitas yang tinggal beberapa lagi rampung.

Dermaga car terminal sepanjang kurang lebih 400 meter sudah siap digunakan, karena pembangunan untuk fasilitas ini sudah tercapai 80%, sedangkan tak jauh dari dermaga car, juga dikebut untuk penyelesaian terminal petikemas. Namun, untuk dermaga kontainer ini kemungkinan masih membutuhkan waktu lebih lama.

Dari sini pun terlihat puluhan kapal juga tengah melakukan aktivitas untuk mengerjakan proyek pelabuhan Patimban ini. Ada kapal keruk yang terus melakukan pendalaman kolam hingga mencapai 10 meter, juga ada kapal tiang pancang untuk pembuatan break water.

Begitu pula truk-truk pembawa pasir dan tanah terlihat mondar mandir di proyek raksasa ini untuk menguruk berbagai fasilitas pelabuhan.

Tampak pula pembangunan perkantoran di areal pelabuhan terus berlangsung. Nantinya, kantor KSOP, Bea Cukai, Imigrasi, dan instansi lain terkait pun berada tak jauh dari terminal yang ada.

Akses jalan dari dan ke pelabuhan yang sudah sekitar 96,87% rampung adalah yang paket 4. Jalan ini nantinya satu arah, dan direncanakan bakal menyambung ke tol Cipali.

Jalan akses dari dan ke pelabuhan patimban. (ow)

Noor Fachrie, Pejabat Pembuat Komitmen 1-4 PJN 1 Provinsi Jabar Ditjen Bina Marga BBPJN DKI Jakarta-Jabar, menyatakan jika akses jalan paket 4 sudah rampung 96,87%.

“Untuk akses jalan ke pelabuhan Patimban yang paket 4 sudah rampung 96,87% sepanjang 8 kilo meter. Kemudian yang sekitar 1,5 kilo lagi akan dilanjutkan oleh PT Wijaya Karya,” kata Fachrie menjawab Ocean Week, di kantornya, Kamis.

Dia berharap pembangunan akses jalan untuk bisa tersambung hingga ke pinggir dermaga bisa selesai sesuai yang ditargetkan.

Seperti diketahui bahwa proyek pembangunan pelabuhan Patimban ditetapkan dalam Perpres no. 47 tahun 2016 sebagai proyek strategis nasional.

Pembangunan pelabuhan Patimban didanai melalui pinjaman JICA IP-577 sebesar $ 118,906 miliar dengan Kemenhub sebagai executing agency untuk pembangunan pelabuhan dan kementerian PUPR cq Ditjen Bina Marga menjadi implementing agency pembangunan jalan akses pelabuhan. Sedangkan pengoperasian dan pemeliharaan jalan akses pelabuhan dilaksanakan Kemenhub.

Sebelumnya, Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Agus Purnomo mengatakan hingga pekan ketiga Maret 2020, progres pembangunan terminal kendaraan dan peti kemas di pelabuhan ini mencapai 63,54 persen.

“Sampai saat ini, untuk konstruksi masih diupayakan September 2020 bisa soft opening,” kata Agus Purnomo.

Pelabuhan yang konon menjadi yang terbesar di Tanah Air setelah Tanjung Priok ini dijadwalkan bisa beroperasi terbatas pada tahun ini untuk terminal kendaraan yang melayani aktivitas ekspor otomotif dengan kapasitas 225.000 unit kendaran utuh (compelety build up unit/CBU). Sedangkan terminal kontainernya baru dapat beroperasi pada awal 2021 dengan kapasitas 250.000 TEUs.

Proyek pembangunan Pelabuhan Patimban secara keseluruhan dilakukan dalam 3 tahap. Tahap 1 fase 1, akan diselesaikan pada November 2020 dengan kapasitas  218.000 kendaraan dan 250.000 TEUs untuk terminal peti kemas.

Setelah tahap 1 fase 1 dilakukan, maka akan dilanjutkan dengan pengembangan pada tahap 1 fase 2 yang ditargetkan pada tahun 2021 – 2023, dengan kapasitas optimum menampung 600.000 kendaraan dan kontainer sejumlah 3,75 juta TEUs.

Sementara itu, Tahap 2 dan tahap 3 akan dilakukan pada 2024 – 2027 dengan pengerjaan berupa pengembangan terminal peti kemas hingga mencapai kapasitas maksimal yaitu di atas 7 juta TEUs.

Total luas pelabuhan ini adalah 654 hektar dengan rincian 300 hektar untuk terminal peti kemas dan terminal kendaraan, serta 354 hektar akan diperuntukkan back up area berisi area pergudangan, perkantoran, pengelolaan, dan area bisnis. (***)

Previous Post

Tak Ada Surat Sehat, Dilarang Masuk Kantor Syahbandar Priok

Next Post

Bambang Sukadi Pimpin Ginsi Jatim

Next Post
Bambang Sukadi Pimpin Ginsi Jatim

Bambang Sukadi Pimpin Ginsi Jatim

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    334 shares
    Share 134 Tweet 84
  • Banyuwangi-Lombok Naik Kapal Hanya Rp 100 Ribu

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Menhub Harus Turun Tangan, MoU Polri-DJPl Resahkan Pelayaran

    333 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    333 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dockyard
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Komandan Kapal KPLP Serahkan Hasil Pencarian Korban Sriwijaya Air

    Komandan Kapal KPLP Serahkan Hasil Pencarian Korban Sriwijaya Air

    January 16, 2021
    Gempa Sulbar, Pelabuhan Mamuju Tutup Sementara

    Gempa Sulbar, Pelabuhan Mamuju Tutup Sementara

    January 16, 2021

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In