• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Wednesday, December 11, 2019
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Pelindo IV Outlook 2020

    Pelindo IV Outlook 2020

    Transhipment Lewat Pelindo III Meningkat

    Transhipment Lewat Pelindo III Meningkat

    Tambah 1 CC di Palaran, SI akan Garap Peluang Domestik

    Tambah 1 CC di Palaran, SI akan Garap Peluang Domestik

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    Operasi Patimban Bakal Molor, Kenapa ?

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    2027, Patimban Jadi Pelabuhan Ekspor Otomotif Terbesar

    Ultah ke-27, Pelindo IV Datangkan 2 CC Untuk MNP

    Ultah ke-27, Pelindo IV Datangkan 2 CC Untuk MNP

    Resmikan Trunojoyo, Menhub Minta Bupati Kembangkan Potensi Lokal Madura

    Resmikan Trunojoyo, Menhub Minta Bupati Kembangkan Potensi Lokal Madura

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    Layani 10 Ribu TEUs, MNP Disandari 400 Kapal

    Layani 10 Ribu TEUs, MNP Disandari 400 Kapal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • Dermaga004 Utara
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    Wan Hai 502 dalam Proses Penyelidikan pihak Berwenang

    Dua Kapal CMA CGM di JICT

    Kegiatan Batubara di Pelabuhan Cirebon, Kembali Diributkan

    MASA TUNGGU BONGKAR MUAT KAPAL BIKIN RUGI

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    DUA KAPAL CMA CGM DI JICT

    INFO DAN POSISI KAPAL

    INFO DAN POSISI KAPAL

    MARET 2018 DITENDER, DANA PINJAMAN PATIMBAN SUDAH DITEKEN

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    LEGI OPERASIKAN PEMBANGKIT MESIN TENAGA GAS

    Info dan Posisi Kapal

    Maret 2018 Ditender, Dana Pinjaman Patimban Sudah Diteken

    Info dan Posisi Kapal

  • Port
    Pelindo IV Outlook 2020

    Pelindo IV Outlook 2020

    Transhipment Lewat Pelindo III Meningkat

    Transhipment Lewat Pelindo III Meningkat

    Tambah 1 CC di Palaran, SI akan Garap Peluang Domestik

    Tambah 1 CC di Palaran, SI akan Garap Peluang Domestik

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    Operasi Patimban Bakal Molor, Kenapa ?

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    2027, Patimban Jadi Pelabuhan Ekspor Otomotif Terbesar

    Ultah ke-27, Pelindo IV Datangkan 2 CC Untuk MNP

    Ultah ke-27, Pelindo IV Datangkan 2 CC Untuk MNP

    Resmikan Trunojoyo, Menhub Minta Bupati Kembangkan Potensi Lokal Madura

    Resmikan Trunojoyo, Menhub Minta Bupati Kembangkan Potensi Lokal Madura

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    Jokowi Datang, Patimban Langsung Tuntas

    Layani 10 Ribu TEUs, MNP Disandari 400 Kapal

    Layani 10 Ribu TEUs, MNP Disandari 400 Kapal

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    JICT

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • Dermaga004 Utara
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    BICT

    TPK PALARAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK MAKASSAR

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    TPK KOJA

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Port

Panjang-Surabaya, Potensi Pelayaran yang Perlu Dihidupkan

oceanweek by oceanweek
November 19, 2019
in Port, Uncategorized
0
Panjang-Surabaya, Potensi Pelayaran yang Perlu Dihidupkan
343
SHARES
2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Untuk mengantisipasi laju pertumbuhan volume arus petikemas (barang) yang mencapai 8-10 % lewat TPK Panjang, IPC Terminal Petikemas sudah menyiapkan beberapa strategi, antara lain menambah fasilitas seperti container crane, maupun plugging.

“Plugging akan kami tambah 30 unit lagi, sehingga total jadi 150 unit. Itu untuk kebutuhan pendingin kontainer, kemudian menambah 3 RTG unit, juga satu unit container crane,” kata Manager Area IPC TPK Panjang Suswantoro, didampingi Finan (Humas IPC TPK) kepada Ocean Week di kantornya, Selasa (19/11).

Suswantoro juga menceritakan bagaimana pihaknya tengah mengajak pelayaran untuk melayari rute Panjang-Surabaya, menggantikan angkutan barang yang selama ini pengirimannya dilakukan melalui darat.

“Kami sudah ngomong sama pelayaran Temas dan SPIL. Dan keduanya tertarik untuk rute tersebut,” ujarnya.

Menurut dia, ada potensi barang sebesar 20 ribu ton atau 2000 ribu box per bulan komoditi tapioka yang selama ini diangkut dengan truk lewat darat, akan dialihkan menggunakan petikemas lewat kapal laut.

Bukan itu saja, kata Suswantoro, ada pula komoditi kopi hingga 500 box juga gunakan angkutan darat berencana di kontainerisasikan menggunakan kapal laut.

“Memang rute Panjang-Surabaya sangat diperlukan lewat laut, karena potensi barangnya cukup banyak,” ucapnya lagi.

Pemandangan di terminal petikemas Panjang. (ow)

Suswantoro pun mengungkapkan jika selama ini ada potensi ekspor dari Lampung tujuan China dan Timur Tengah. “Ada fiber Wood dari PT Multi Panel Indonesia yang relokasi dari Cikarang ke Lampung, dan hasil produknya diekspor ke China, juga Timur Tengah,” katanya.

Untuk diketahui, bahwa Ocean Week selama dua hari, dari Senin (18/11) dan Selasa (19/11) langsung melihat berbagai kegiatan di pelabuhan yang terletak di Panjang, Lampung.

Tampak dibeberapa dermaga, ada sejumlah kapal sedang merapat untuk membongkar muat bawaannya. Ada yang sedang menurunkan komoditi sembako, ada pula yang memuat truk-truk dari kapal RoRo tujuan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Khusus di dermaga Petikemas, sedang sandar kapal Shonga Hayd, membongkar muat sekitar 522 box atau 595 TEUs. Bongkar muat hanya memakan waktu sekitar 30 jam.

Sementara di dermaga multipurpose juga tengah ada kapal membongkar komoditi bungkil dengan cara truk lossing.

Suasana di pelabuhan Panjang dalam dua hari ini cukup ramai dengan keluar masuk kapal. Udara disini terasa menyengat di sekujur tubuh. Meski begitu, para pekerja bongkar muat maupun para sopir truk tak begitu menghiraukan teriknya mata hari.

Mereka tetap bersemangat mencari rejeki untuk menghidupi keluarganya.

Ocean Week yang mengamati dari pinggiran dermaga hanya bisa melihat satu persatu truk-truk pengangkut komoditi untuk kebutuhan domestik maupun petikemas meninggalkan pelabuhan. Walau malam mulai datang, tetapi aktivitas di pelabuhan terus tak berhenti.

Terminal Peti Kemas di Pelabuhan Panjang ini memiliki fasilitas kapasitas terpasang hingga 500 ribu twenty foot equivalent unit (TEUs)/tahun, sedangkan saat ini baru terisi sekitar 25 persen.

Data yang diperoleh hingga Oktober 2019, arus bongkar muat peti kemas melalui TPK Panjang sudah mencapai 103.593 TEUs atau 85.872 bok.

Pada tahun ini, TPK Panjang optimistis mampu menghandle sebanyak 137.000 twentyfoot equivalent units (TEUs) atau tumbuh sekitar 8 sampai 10 persen dibanding pencapaian 2018 yang tercatat 116.725 TEUs atau setara 95.968 bok.

“Kita akan menjadikan pelabuhan Panjang sebagai mesin perekonomian provinsi Sumatera bagian Selatan,” ungkap GM Pelindo Cabang Panjang Drajat Sulistyo menambahkan. (***)

Previous Post

TPS SURABAYA

Next Post

TPK KOJA

Related Posts

Pelindo IV Outlook 2020
Port

Pelindo IV Outlook 2020

December 11, 2019
Transhipment Lewat Pelindo III Meningkat
Port

Transhipment Lewat Pelindo III Meningkat

December 9, 2019
Ultah 27, GNS akan Lakukan Perubahan
Berita Lain

Ultah 27, GNS akan Lakukan Perubahan

December 6, 2019
Adil Karim Terpilih Ketua ALFI Jakarta
Berita Lain

Adil Karim Terpilih Ketua ALFI Jakarta

December 5, 2019
Tingginya biaya logistik di Jakarta Karena Belum Ada Sistem Logistik Daerah
Berita Lain

Tingginya biaya logistik di Jakarta Karena Belum Ada Sistem Logistik Daerah

December 5, 2019
Jelang RUA INSA, Ketum Jadi Kursi Panas
Berita Lain

Jaring Ketum INSA, Lanjutkan Saja

December 5, 2019
Next Post

TPK KOJA

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    Mulai Agustus, Kapal Tak Ada AIS Kena Sangsi

    332 shares
    Share 133 Tweet 83
  • KM Sabuk Nusantara Masuk ke Seram Timur

    332 shares
    Share 133 Tweet 83
  • INSA ke Presiden Jokowi, Inginkan Satu Coast Guard

    332 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Gapasdap ke MA, Per 25 Desember Kapal Dibawah 5.000 GT Dilarang Operasi di Merak-Bakauheni

    332 shares
    Share 133 Tweet 83
  • Sudah Diteken, Kuala Tanjung Bagian dari Jalur Sutra China

    332 shares
    Share 133 Tweet 83

Follow Us

    Facebook Youtube Instagram

    Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

    • Home
    • Info Iklan
    • Disclaimer
    • Pedoman Media Siber

    Categories

    • Alat Berat
    • All
    • Bea Cukai
    • Berita Lain
    • BICT
    • BJTI
    • Bursa
    • Bursa Kapal
    • Depo Kontainer
    • Dermaga004 Utara
    • Dockyard
    • Fasilitas
    • General Cargo
    • IKT
    • Jadwal
    • Jadwal
    • Jadwal
    • JICT
    • Kapal
    • Kontainer
    • Makasar
    • MAL
    • Medan
    • Moving Kapal
    • Offshores
    • Port
    • PTP
    • Regional
    • Shipping
    • Spare Part
    • Surabaya
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya
    • Uncategorized
    • video

    Recent News

    Pengukuhan GINSI, Pemerintah Harapkan Tak Ada Lagi Friksi-friksi

    Pengukuhan GINSI, Pemerintah Harapkan Tak Ada Lagi Friksi-friksi

    December 11, 2019
    Pelindo IV Outlook 2020

    Pelindo IV Outlook 2020

    December 11, 2019

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    No Result
    View All Result
    • Home
    • Shipping
    • Port
    • Dockyard
    • Jadwal
    • Bursa
    • Berita Lain
    • Peraturan
    • Report Your News

    © 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

    Login to your account below

    Forgotten Password?

    Fill the forms bellow to register

    All fields are required. Log In

    Retrieve your password

    Please enter your username or email address to reset your password.

    Log In