• Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber
Friday, May 23, 2025
  • Login
Ocean Week
Advertisement
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
    • All
    • Moving Kapal
    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    ICTSI Bukukan Laba U$ 239,5 Juta

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    INSA Bengkulu Minta Percepatan Pengerukan Pelabuhan Baai

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    Pendapatan ONE Melonjak 32% Ditengah Ketidakpastian Ekonomi..

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    IPC TPK Layani Pelayaran Baru ke Vietnam Dari Fesco Lines

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Per 1 Mei, CMA CGM Kenakan Biaya Tambahan Untuk Pengiriman Mediterania ke Afrika Barat

    Sebanyak 56.616.342 GT Kapal Lintasi Pelabuhan Tanjung Redep

    Profitabilitas Pelayaran Dunia Masih Bagus

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    2024, Pendapatan Konsolidasi Yang Ming US$ 6,94 Miliar

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    MSC No 1, CMA CGM Salip Maersk Line

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

    OOCL Iris Menjadi Terbesar di Pelabuhan Savannah

  • Port
    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Targetkan 900.000 TEUs, Batu Ampar Datangkan 4 Crane

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pelabuhan Panjang Optimalkan Perannya Dalam Sistem Logistik di Sumbagsel

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Pemprov Jambi Dukung Muara Sabak Dikembangkan

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Layanan di Malahayati Sudah Baik, Hanya Saja..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pindahkan Bongkar Muat di Priok ke Pelabuhan Lain, Bisa Nggak Ya..

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Pembangunan Pelabuhan Anggrek Sudah Mencapai 65%

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    Ekspor Kalbar Bisa Langsung dari Dwikora ke Singapura

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    IPC TPK Pontianak Optimis Kinerjanya Lebih Baik, Pendangkalan Alur Jadi Kendala

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

    Petikemas Belum Bisa Melalui Pelabuhan Cirebon, Karena…

  • Dockyard
    • All
    • Fasilitas
    • Jadwal
    DPR RI Minta Kemenhub Maksimalkan Potensi PNBP

    Dilematis Galangan Kapal Lokal, Hingga Presiden Marah

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    MSC Terima Kapal Raksasa 24 Ribu TEU Keempat Dari Hudong

    Pelabuhan Pare-pare jadi Penyangga Makassar

    INDONESIA KENDARAAN TERMINAL

    Jika Dipanggil Hubla, APBMI Tolak Permenhub 152/2016

    DERMAGA 004 UTARA

    Pelita Samudera Divestasi Aset FLF untuk Beli Kapal

    TPS SURABAYA

    TPK SEMARANG

    TPK PALARAN

    TPK KOJA

    TERMINAL TELUK LAMONG

  • Jadwal
    • All
    • BICT
    • BJTI
    • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
    • IKT
    • JICT
    • MAL
    • PTP
    • Teluk Lamong
    • TPK Koja
    • TPK Makasar
    • TPK Palaran
    • TPKS Semarang
    • TPS Surabaya

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

    TPK KOJA

    TPS SURABAYA

    DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN

    PT MUSTIKA ALAM LESTARI

    TPK SEMARANG

    TERMINAL TELUK LAMONG

    JICT

  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News
No Result
View All Result
Ocean Week
No Result
View All Result
Home Berita Lain

Obsesi Menjadikan IKT Terbesar di ASEAN

oceanweek by oceanweek
October 28, 2018
in Berita Lain, Uncategorized
Obsesi Menjadikan IKT Terbesar di ASEAN
351
SHARES
2.1k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Obsesi PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk (IKT) menjadi terminal kendaraan (car terminal) terbesar di ASEAN, dan 10 besar di dunia mengalahkan PSA Singapura dan Namyong Thailand sangatlah terbuka lebar dalam 4 tahun mendatang.

“Jalan IPCC (PT IKT) untuk menjadi yang terbesar di ASEAN sangatlah terbuka. Terlebih apabila dukungan dari pemerintah yang mendorong iklim investasi bagi produsen mobil di sekitar Patimban, mengingat pertumbuhan ekspor CAGR dalam 10 tahun terakhir mencapai 15%, dengan komposisi ekspor 60% sejak tahun lalu lebih besar dari pada impor 40%,” kata Chiefy Adi K, Dirut PT IKT, menjawab Ocean Week, Minggu pagi (28/10).

Chiefy yakin, jika pemerintah mempercayakan operator terminal kendaraan di Patimban kepada IPCC maka terminal tersebut akan menjadi komplementer dan saling menguatkan dengan IPCC yang berada di Tanjung Priok. Hal ini akan berdampak tidak hanya hadirnya industri otomotif yang baru untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara produsen mobil terbesar di ASEAN mengalahkan Thailand, juga menjadi 10 besar produsen mobil di dunia sebagaimana yang disampaikan oleh Presiden RI Jokowi beberapa waktu yang lalu saat mengunjungi IKT.

“Dampak lainnya akan mempermudah IPCC (IKT) untuk menjadi yang terbesar di ASEAN dan 10 besar di dunia,” ujarnya.

Seiring dengan itu, emiten anak usaha PT Pelindo II yang bersandi saham IPCC ini akan meningkatkan kapasitas penanganan (throughput) menjadi 2,1 juta unit kendaraan pada 2022 dari saat ini 700 ribu unit kendaraan.

Chiefy juga menyatakan, pada 2017 IKT berada di posisi tiga terminal kendaraan Asean dan 27 dunia, dengan throughput 520.863 unit, di bawah PSA yang mencapai 1,02 juta unit dan Namyong 989 ribu unit. Dengan kapasitas 2,1 juta unit pada 2022, IKT bakal melampaui PSA dan Namyong.

Adapun lima besar terminal kendaraan dunia pada 2022, kata dia, adalah Bremerhaven, Jerman, dengan luas lahan 240 ha, Zeebrugge, Belgia, 159 ha, Antwerp, Belgia, 125 ha, Le Havre, Prancis, 100 ha, dan IKT Indonesia 89,5 ha.

“Momentum ini harus dimanfaatkan oleh kita bersama untuk mewujudkan IPC Car Terminal Incorporated yang menjadi salah satu pijakan bagi Indonesia untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia,” katanya.

Optimisme Chiefy menuju IKT yang terbesar di ASEAN tersebut bukan tanda dasar. Sebab, mantan GM Pelindo II Ciwandan Banten ini melihat pertumbuhan volume (throughput) mobil utuh (completely built up/CBU) sebesar 117,5% menjadi 305.168 unit, alat berat (heavy equipment) pertumbuhannya mencapai 375% menjadi 69.458 unit, sementara spare parts tumbuh 123,9% menjadi 76.628 m3.

Menurut Bapak dua anak ini, langkah para Agen Pemegang Merek (APM) yang terus menggenjot ekspor produk khususnya melalui pembukaan pasar baru juga akan meningkatkan kinerja IPCC. “Peningkatan kinerja IPCC juga terpengaruh dengan peningkatan aktivitas pembangunan infrastruktur, konstruksi dan pertambangan dimana industri-industri tersebut banyak menggunakan pengangkutan alat berat maupun spare parts, baik untuk ekspor-impor maupun domestik,” ungkap Chiefy.

Sesuai janji para APM ketika Presiden Jokowi melepas ekspor pruduk kendaraan masing-masing beberapa bulan lalu, Tahun ini Mitsubishi menargetkan hingga 45.000 unit untuk ekspor perdana Expander, Toyota Motor Manufacturing Indonesia menargetkan ekspor naik 10% menjadi 217.000 unit, sedangkan Suzuki menargetkan ekspor 50.000 unit dimana pada semester I 2018 ekspor Suzuki sudah mencapai 63% dari target, untuk ekspor Daihatsu diperkirakan tumbuh lebih dari 40%. Jadi, imbasnya throughput ikut tumbuh. Begitu juga alat berat akan mengalami pertumbuhan karena masifnya pembangunan infrastruktur dan perbaikan harga komoditas.

Terkait dengan kinerja IPCC pada triwulan III tahun 2018, Chiefy meyakini pencapaian kinerja IPCC pada sisa tiga bulan terakhir 2018 akan semakin meningkat. Selain karena faktor musiman di triwulan IV yang akan lebih tinggi dari periode sebelumnya karena tingginya aktivitas ekspor impor kendaraan dan alat berat yang selalu meningkat pada akhir tahun, serta proses pengalihan throughput kendaraan yang sebelumnya dikelola oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok (sister company) juga pindah dan dikelola oleh IPCC.

Kebijakan Zonasi

Chiefy juga mengungkapkan, sejalan dengan kebijakan PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) sebagai holding telah menerapkan kebijakan spesialisasi (zonasi) bisnis baik berdasarkan area terminal maupun operator terminal sehingga pelayanan terminal kendaraan terminal yang semula dikelola oleh PT Pelabuhan Tanjung Priok mulai tahun ini akan beralihkan ke IPCC.

Pada tanggal 15 Mei 2018, IPCC mulai mengoperasikan terminal eks Presiden. Lebih lanjut lagi sejak 1 Oktober 2018, IPCC telah mengoperasikan Terminal Roro di Lampung dengan bekerja sama dengan IPC Cabang Panjang sejak 1 Oktober 2018. Adapun di Pelabuhan Panjang, menangani Roro Rute Panjang – Tanjung Priok dan Panjang-Semarang. Tidak berhenti di situ sejak 1 Oktober 2018, IPCC telah mengoperasikan terminal 106, 107, 108 untuk Roro bekerja sama dengan IPC Petikemas.

“Semoga dalam tahun ini terwujud juga pengoperasian terminal kendaraan di Makassar bekerja sama dengan Pelindo IV dan di Pontianak bekerja sama dengan Cabang Pelabuhan Pontianak,” katanya lagi.

Target tahun depan, ungkap Chiefy, bagaimana program dari PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) terkait dengan zonasi baik dari sisi operator terminal maupun area terminal dapat 100% terealisasi dengan lancar dan cepat. Sehingga realisasi dari program tersebut dapat dikembangkan ke seluruh Indonesia melalui sinergi dengan PT Pelabuhan Indonesia I, II, III dan IV (Persero). Hal ini akan merealisasikan program pemerintah dalam konektivitas antar pelabuhan.

“Kedepan optimisme harus diraih dengan melihat pertumbuhan organik ekspor otomotif Indonesi dan bagaimana para APM sangat agresif untuk meningkatkan penjualan ekspor mereka. Termasuk supply pasar ekspor mobil ke Australia yang belum tersentuh. Dan posisi IPCC sebagai satu-satunya dedicated car terminal dan transhipment terminal selalu siap,” tegasnya.

Ditanya mengenai kondisi keuangan Perseroan, Chiefy menayatakan bahwa keuangan IKT sangat sehat, terlebih dengan masuknya dana segar proceed IPO, akan menjadi sumber pendanaan untuk belanja modal (Capital Expenditure) dan modal kerja dalam rangka meningkatkan kinerja dan value Perseroan ke depan. Pertumbuhan usaha perseroan tidak hanya bertumpu pada bisnis organik namun juga penambahan pendapatan dari bisnis non organik.

IKT juga terus berusaha berinvestasi untuk pengembangan, misalnya Per September 2018, perseroan sudah melengkapi total luas lahan yang dikelola menjadi seluas 34,9 hektare (Ha) atau telah bertambah 3,9 Ha dibandingkan posisi akhir tahun 2017 sebesar 31 Ha. Secara bertahap hingga tahun 2022, Perseroan menargetkan mengelola lahan seluas 89,5 ha dengan kapasitas 2,1 juta unit kendaraan atau naik 3 kali lipat dari saat ini 700.000 unit.

“Tentunya pengelolaan IPCC ke depan terlebih sesudah menjadi perusahaan publik harus menerapkan prinsip-prinsip GCG yang terimplementasi dalam budaya perusahaan,” tutup Chiefy. (rid/**)

Previous Post

Hingga September, BICT Tangani 429.061 TEUs

Next Post

Hubla Terbitkan 35 Sertifikat Keselamatan Speed Boad untuk Sungai Musi

Next Post
Hubla Terbitkan 35 Sertifikat Keselamatan Speed Boad untuk Sungai Musi

Hubla Terbitkan 35 Sertifikat Keselamatan Speed Boad untuk Sungai Musi

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Populer

  • KPLP Jadi Otoritas Tunggal  Penegakan Peraturan di Laut

    KPLP Jadi Otoritas Tunggal Penegakan Peraturan di Laut

    5187 shares
    Share 2075 Tweet 1297
  • Di Kapal TB. Terus Daya 17, 3 ABK Gunakan Ijasah Palsu Ketangkap

    4392 shares
    Share 1757 Tweet 1098
  • Apa Status SPMT, Kok Tiba-tiba Gantikan Pelindo

    2654 shares
    Share 1062 Tweet 664
  • Kapalnya Ditangkap Bakamla, Lukman Ladjoni Akan Pra Peradilankan

    2516 shares
    Share 1006 Tweet 629
  • Bakamla Tangkap Kapal FRD 5 di Patimban, Bisa Ya..

    2076 shares
    Share 830 Tweet 519

Follow Us

    Go to the Customizer > JNews : Social, Like & View > Instagram Feed Setting, to connect your Instagram account.
Facebook Youtube Instagram

Ocean Week adalah bukan informasi maritim yang pertama tetapi yang terbaik, terpercaya dan akurat dikelola oleh PT Multi Media Ocean Indonesia.

Hubungi kami : redaksi@oceanweek.co.id

  • Home
  • Info Iklan
  • Disclaimer
  • Pedoman Media Siber

Categories

  • Alat Berat
  • All
  • Bea Cukai
  • Berita Lain
  • BICT
  • BJTI
  • Bursa
  • Bursa Kapal
  • Depo Kontainer
  • Dockyard
  • DSN PT PRIMA NUR PANURJWAN
  • Fasilitas
  • General Cargo
  • IKT
  • Jadwal
  • Jadwal
  • Jadwal
  • JICT
  • Kapal
  • Kontainer
  • Makasar
  • MAL
  • Medan
  • Moving Kapal
  • Offshores
  • Port
  • PTP
  • Regional
  • Shipping
  • Spare Part
  • Surabaya
  • Teluk Lamong
  • TPK Koja
  • TPK Makasar
  • TPK Palaran
  • TPKS Semarang
  • TPS Surabaya
  • Uncategorized
  • video

Recent News

TERMINAL TELUK LAMONG

May 23, 2025

JICT

May 23, 2025

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

No Result
View All Result
  • Home
  • Shipping
  • Port
  • Dockyard
  • Jadwal
  • Bursa
  • Berita Lain
  • Peraturan
  • Report Your News

© 2018 PT Multi Media Ocean Indonesia.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Create New Account!

Fill the forms below to register

All fields are required. Log In

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In